PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ON LINE) BAGI GURU DAN SISWA DI SMK NU ROGOJAMPI
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565Abstract
Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Namun demikian banyak temui sekolah-sekolah yang proses pembelajarannya masih konvensional dan salah satunya di SMK NU Rogojampi. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajarannya untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu melalui program pengabdian ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan proses belajar mengajar di Mitra. Program bertujuan menerapkan pembelajaran daring (on line) dengan membangun sebuah portal e-learning untuk membantu proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penerapan pembelajaran daring menggunakan moodle sebagai aplikasi Learning Mangement Sytem (LMS). Target kegiatan ini adalah guru dan siswa di SMK NU Rogojampi dan luaran kegiatan penggunaan pembelajaran daring untuk meningkatan proses belajar mengajar.
Keywords— e-learning, SMK, Learning Mangement Syte,Moodle
Downloads
References
Boko Susilo, Rusdi Efendi, Syafdi Maizora, 2017. Membangun Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, VOL. 1, NO. 1, pp. 01-05.
Edi Kurniawan, Rancang Bangun Aplikasi E-Learning pada SMK Pembangunan Pacitan Berbasis Web, Amikom, Yogjakarta.
Evi Fuji Astuti, Rita Retnowati, Bibin Rubini, 2012, Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis e-Learning di SMK Negeri 3 Bogor, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan, Bogor.
Muhamad Ali, Istanto WD, Sigit Y, Muhamad Munir, 2014, Studi Pemanfaatan e-Learning Sebagai Media Pembelajaran Guru Dan Siswa SMK Di Yogyakarta, Fakultas Teknik UNY, Yogjakarta.
Sandy Kosasi, 2015, Perancangan e-Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa, Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2015), hal 82-88, Yogjakarta.
Subakdo Eko Yulianto, 2011, Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan e-Learning Dengan Model Tam Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI), Vol.1, No.1, Februari 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Mohamad Dimyati A, Devit Suwardiyanto, Herman Yuliandoko, Vivien Arief W

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.