PURWARUPA APLIKASI BERGERAK UNTUK MENDUKUNG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Moh. Munih Dian Widianta
  • Hendra Yufit Riskiawan
  • Tutut Hidayati Munawaroh

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.10

Abstract

Perkembangan teknologi telepon selular semakin pesat, ini dapat dibuktikan dengan banyaknya teknologi telepon seluler yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknologi yang sangat dominan dalam pertumbuhan telepon seluler adalah sistem operasi Android. Sistem ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi yang dibuat. Android merupakan platform mobile pertama yang memiliki fitur relatif lengkap, terbuka dan bebas. Lengkap dalam penyediaan peralatan dalam membangun software, terbuka dalam kebebasan mengembangkan aplikasi, bebas yang berarti dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun.

Pesatnya perkembangan teknologi tersebut dan banyaknya pengguna telepon seluler utamanya dikalangan pelajar, sangat potensial untuk dimanfaatkan berbagai kebutuhan yang mendukung pembelajaran. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, melalui penelitian ini dibangun purwarupa aplikasi pembelajaran matematika untuk siswa SMP berbasis android yang didalamnya terdapat materi beserta soal latihan yang ditampilkan secara menarik dan interaktif agar dapat  membantu guru untuk memantapkan pembelajaran yang telah diperoleh di kelas. Selain itu aplikasi bergerak ini diharapkan dapat membantu siswa agar  lebih  mengerti  dan  memahami serta dapat menumbuhkan  rasa  ketertarikan  siswa  terhadap  mata  pelajaran  matematika.  Selain tentunya ikut membantu perkembangan pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arma, Atika. 2013. Aplikasi Pembelajaran Mengenal Angka, Bentuk Dan Warna Usia 4-5 Tahun Berbasis Android. UNIKOM. Bandung. http://elib.unikom.ac.id/ docjurnal/Atika_Arma-jurnal_karya_ilmiah.pdf. Diakses Diakses pada tanggal 18 Juli 2014 pukul 21.06

Daryanto, 2004. Aplikasi Pembelajaran Komputer. Bandung: PT. Media Informatika

http://180.241.122.205/docjurnal/mirza-jurnal_karya_ilmiah.pdf. Diakses pada tanggal 19 Juli 2014 pukul 07.03

http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.2980.pdf. Diakses pada tanggal 25 Juli 2014 pukul 14.26

http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Vivi_Sumanti-jurnal_karya_ilmiah.pdf.

Diakses pada tanggal 07 Juli 2014 pukul 12.14

Mirza, 2014. Pembuatan Game Kuis Matematika Dasar Berbasis Flash (Studi Kasus Pada Sd Banda Aceh). Stimik U’budiyah. Aceh.

Octaviady, Eggy. 2013. Pembangunan Game Edukasi Bahasa Inggris Dan Matematika Untuk Anak SD Kelas 3. UNIKOM. Bandung.

http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Egy_octaviady-jurnal_karya_ilmiah.pdf.

Diakses pada tanggal 06 Agustus 2014 pukul 20.07

Pamuji, Eko. 2013. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Andromath Berbasis Android. STMIK AMIKOM. Yogyakarta.

Pangestu, 2013. http://www.pram- software.com/2013/05/Pengertian-Database-dan Perangkat-Lunak-software-Database.html Diakses pada 20 agustus 2014 pukul 04.14 wib

Permadi, Hendi Dhewa. 2013. Aplikasi Pembelajaran Kord Dasar Gitar Berbasis Android.

http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Dhewa_Hendy-jurnal_karya_ilmiah.pdf.

Diakses pada tanggal 16 Agustus 2014 pukul 10.15

Presman, Roger S., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Andi

Rahyubi, Heri. 2011. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media

Rossa, A. S dan Shalaluddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstrutur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Sumanti, Vivi. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Neraca Pada Klinik Mutiara Cikutra Dengan Menggunakan Pemodelan Uml. Unikom Bandung.

Supardi, Yuniar. 2014. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Suprianto, Dodit. 2012. Pemrograman Aplikasi Android. Jakarta: PT. Buku Seru

Uno, Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Published

2016-06-30

How to Cite

Widianta, M. M. D., Riskiawan, H. Y., & Munawaroh, T. H. (2016). PURWARUPA APLIKASI BERGERAK UNTUK MENDUKUNG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(1). https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.10

Issue

Section

Article