PURWARUPA APLIKASI BERGERAK UNTUK MENDUKUNG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.10Abstract
Perkembangan teknologi telepon selular semakin pesat, ini dapat dibuktikan dengan banyaknya teknologi telepon seluler yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknologi yang sangat dominan dalam pertumbuhan telepon seluler adalah sistem operasi Android. Sistem ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi yang dibuat. Android merupakan platform mobile pertama yang memiliki fitur relatif lengkap, terbuka dan bebas. Lengkap dalam penyediaan peralatan dalam membangun software, terbuka dalam kebebasan mengembangkan aplikasi, bebas yang berarti dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun.
Pesatnya perkembangan teknologi tersebut dan banyaknya pengguna telepon seluler utamanya dikalangan pelajar, sangat potensial untuk dimanfaatkan berbagai kebutuhan yang mendukung pembelajaran. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, melalui penelitian ini dibangun purwarupa aplikasi pembelajaran matematika untuk siswa SMP berbasis android yang didalamnya terdapat materi beserta soal latihan yang ditampilkan secara menarik dan interaktif agar dapat membantu guru untuk memantapkan pembelajaran yang telah diperoleh di kelas. Selain itu aplikasi bergerak ini diharapkan dapat membantu siswa agar lebih mengerti dan memahami serta dapat menumbuhkan  rasa ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika. Selain tentunya ikut membantu perkembangan pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Arma, Atika. 2013. Aplikasi Pembelajaran Mengenal Angka, Bentuk Dan Warna Usia 4-5 Tahun Berbasis Android. UNIKOM. Bandung. http://elib.unikom.ac.id/ docjurnal/Atika_Arma-jurnal_karya_ilmiah.pdf. Diakses Diakses pada tanggal 18 Juli 2014 pukul 21.06
Daryanto, 2004. Aplikasi Pembelajaran Komputer. Bandung: PT. Media Informatika
http://180.241.122.205/docjurnal/mirza-jurnal_karya_ilmiah.pdf. Diakses pada tanggal 19 Juli 2014 pukul 07.03
http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.2980.pdf. Diakses pada tanggal 25 Juli 2014 pukul 14.26
http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Vivi_Sumanti-jurnal_karya_ilmiah.pdf.
Diakses pada tanggal 07 Juli 2014 pukul 12.14
Mirza, 2014. Pembuatan Game Kuis Matematika Dasar Berbasis Flash (Studi Kasus Pada Sd Banda Aceh). Stimik U’budiyah. Aceh.
Octaviady, Eggy. 2013. Pembangunan Game Edukasi Bahasa Inggris Dan Matematika Untuk Anak SD Kelas 3. UNIKOM. Bandung.
http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Egy_octaviady-jurnal_karya_ilmiah.pdf.
Diakses pada tanggal 06 Agustus 2014 pukul 20.07
Pamuji, Eko. 2013. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Andromath Berbasis Android. STMIK AMIKOM. Yogyakarta.
Pangestu, 2013. http://www.pram- software.com/2013/05/Pengertian-Database-dan Perangkat-Lunak-software-Database.html Diakses pada 20 agustus 2014 pukul 04.14 wib
Permadi, Hendi Dhewa. 2013. Aplikasi Pembelajaran Kord Dasar Gitar Berbasis Android.
http://elib.unikom.ac.id/docjurnal/Dhewa_Hendy-jurnal_karya_ilmiah.pdf.
Diakses pada tanggal 16 Agustus 2014 pukul 10.15
Presman, Roger S., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Andi
Rahyubi, Heri. 2011. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media
Rossa, A. S dan Shalaluddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstrutur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional
Sumanti, Vivi. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Neraca Pada Klinik Mutiara Cikutra Dengan Menggunakan Pemodelan Uml. Unikom Bandung.
Supardi, Yuniar. 2014. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Suprianto, Dodit. 2012. Pemrograman Aplikasi Android. Jakarta: PT. Buku Seru
Uno, Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).