STUDI PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PELAYANAN DAN FASILITAS KESEHATAN DI POLIKLINIK POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Authors

  • Arisanty Nursetia R

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v13i2.101

Abstract

Poliklinik adalah salah satu unit di Politeknik Negeri Jember yang mempunyai tugas utama memberikan pelayanan dan informasi kesehatan. Hasil survei sementara tentang kepuasan konsumen terhadap layanan dan fasilitas di poliklinik yang dilakukan kepada mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian didapatkan sebagian besar  menyatakan sudah puas. Secara keseluruhan jumlah rata – rata kunjungan di unit poliklinik setiap tahunnya meningkat. Baik dari kalangan karyawan, keluarga karyawan maupun  mahasiswa. Berdasarkan data kunjungan poliklinik, khususnya data kunjungan mahasiswa perhari, menunjukkan peningkatan disetiap tahunnya. Namun apabila dibandingkan, prosentase jumlah mahasiswa aktif dengan yang memanfaatkan layanan kesehatan poliklinik masih realtif kecil. Melihat kedua kenyataan tersebut diatas maka penulis merasa perlu untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang didapatkan mahasiswa tentang pelayanan dan fasilitas kesehatan yang ada di poliklinik Politeknik Negeri Jember. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sejauh mana pengetahuan yang didapat mahasiswa tentang pelayanan dan fasilitas kesehatan di unit poliklinik Politenik Negeri Jember

Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilaksanakan di kampus Politeknik Negeri Jember. Jenis sampel non random sampling, dengan teknik pengambilan sampel Quota sampling. Populasi yang diambil seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Jember tahun 2012/2013 berjumlah 3180 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 300 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62% dari responden mempunyai pengetahuan yang baik tentang pelayanan dan fasilitas kesehatan di poliklinik. Lebih dari 50% responden mempunyai pengetahuan yang kurang mengenai jam pelayanan, prosedur pelayanan, tarif yang diberlakukan bagi mahasiswa dipoliklinik, sedangkan lebih dari 50% responden pernah memanfaatan pelayanan dan fasilitas kesehatan di poliklinik, tetapi kurang dari 50% responden yang memanfaatkan pelayanan tersebut lebih dari 1 kali. Hampir 90% responden setuju keberadaan poliklinik sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan dan memberikan informasi kesehatan bagi mahasiswa. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan poliklinik oleh mahasiswa belum maksimal sehingga perlu dicari faktor apa sajakah yang menyebabkan hal tersebut diatas terjadi. Dengan hampir keseluruhan responden mendukung keberadaan pelayanan kesehatan dipoliklinik sehingga diharapkan kedepan poliklinik dapat memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, Eko. 2003. Metodologi Penelitian Kedokteran. EGC. Jakarta

Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmojo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 028/ Menkes/RI/I/2011 tentang penyelenggaraan klinik.

Pengumuman yang dikeluarkan oleh Direktur Politeknik Negeri Jember No. 1091/PL17/LL/2012 tentang tarif di Unit Poliklinik Poliktenik Negeri Jember

Surat Keputusan (SK) Direktur Politeknik Negeri Jember No.037/K14/KP/SK/2011 tentang pembentukan unit Poliklinik

Surat Keputusan (SK) Direktur Politeknik Negeri Jember No. 439/K14/KP/SK/2011 tentang susunan pengelola unit Poliklinik Politeknik Negeri Jember

Published

2016-07-27

How to Cite

Nursetia R, A. (2016). STUDI PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PELAYANAN DAN FASILITAS KESEHATAN DI POLIKLINIK POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 13(2). https://doi.org/10.25047/jii.v13i2.101

Issue

Section

Article