ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PARAGRAF ARGUMENTASI MAHASISWA JURUSAN NON BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.43Abstract
Berlatar belakang dari kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris seperti kurangnya penguasaan kosakata, struktur kalimat, serta penulisan kalimat dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa di jurusan-jurusan non bahasa Inggris, artikel ini bertujuan untuk  membahas analisis kesalahan siswa dari beberapa aspek penulisan paragraf argumerntasi yang benar terhadap mahasiswa non bahasa Inggris Politenik Negeri Jember. Analisis ini mengenai pengukuran jenis dan frekuensi kesalahan dalam penulisan paragraf argumentasi. Hal ini sangat berguna dalam mengetahui gagasan sekaligus kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Analisa data penelitian ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan atau penyimpangan yang dibuat siswa terhadap aspek-aspek penulisan paragraf argumentasi seperti pemakaian kosakata, grammar/struktur kalimat, isi serta pengorganisasian paragraf. Dari hasil analisa kesalahan yang terjadi dapat diketahui kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris serta kecenderungan terhadap salah satu aspek apa yang mempunyai frekuensi kesalahan tertinggi ataupun terendah dalam penulisan paragraf agrumentasi. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah descriptif quantitatif dengan sistem perhitungan statistik sederhana, sedangkan pengambilan sampel dilakukan seara acak terhadap perwakilan. Hasil dari analisa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada dosen bahasa Inggris sebagai tolok ukur pengembangan bahan ajar serta metode pengajaran yang akan diberikan dalam mata kuliah bahasa Inggris terutama writing. Disamping itu artikel ini diharapkan dapat memberikan feedback terhadap mahasiswa sebagai pembelajaran dan pengetahuan tentang penulisan paragraf argumentasi dalam bahasa Inggris.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ary, D., Jacobs, L.C. &Razavieh, A. 2002. Introduction to Research in Education(6th ed). New York: Wadsworth/Thomson Learning
Brown, H. D. 2003. Language Assesment: Principles and Classroom Practice. White Plain, N.Y: Pearson Education
Brown, H.D. 2007b. Principles of Language Teaching and Learning, 4th ed. New York: Longman
Celce-Murcia, M., &Olshtain, E. 2000.Discourse and Context in Language Teaching: A Guide for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press
Coffin, C. 2003. Teaching Academic Writing. Centre for Language and Communication, The Open University, UK.
Corder, S.P. 1981. Error Analysis and Inter-language. Oxford: Oxford University Press.
for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press
Earner, R. 1997. Content Area Literacy. Teaching for Today and Tomorrow. New York: Delmar. Regional Language Center
Gebhard, J.G. 2000. Teaching English as a Foreign language. Ann Arbor: The University of Michigan Press
Huda, N. 1999. Language Learning and Teaching. Malang: Universitas Negeri Malang Publisher
Hornby, A.S. 1995. Oxford Advance Learner’s Dictionary of Current English. Fifth Edition. Oxford: Oxford University Press.
Newman, W.L. 2002. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Needham Heights: Pearson Education Company.
Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publisher
O’ Malley, J.M., &Pearse, L.V. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Boston: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Oshima, Alice. A Writing and Sentence Structure Workbook for International Students. Addison Wesley. Publishing Company.
Owen, Jr. R. E. 2008. Language Development: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
Penny, Ur. 1996. A Course in Language Teaching, Practice, adn Theory. London: Cambridge University Press.
Richards, J. C. 1992. The Language Teaching Matrix. Cambridge : Cambridge University Press.
Rivers, Wilga M. 1981. Teaching Foreign Language .Skills. Chicago the University of Chicago Press
Yin, R. K. (2003).Case Study Research: Design and Methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage
Http: //gerrytri.blogspot.com/2013/06/teknik-pengambilan-sampel-htm.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).