ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PARAGRAF ARGUMENTASI MAHASISWA JURUSAN NON BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Authors

  • Yuslaili Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.43

Abstract

Berlatar belakang dari kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris seperti kurangnya  penguasaan kosakata, struktur kalimat, serta penulisan kalimat dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa di jurusan-jurusan non bahasa Inggris, artikel ini bertujuan untuk  membahas analisis kesalahan siswa dari beberapa aspek penulisan paragraf argumerntasi yang benar terhadap mahasiswa non bahasa Inggris Politenik Negeri Jember. Analisis ini mengenai pengukuran jenis dan frekuensi kesalahan dalam penulisan paragraf argumentasi. Hal ini sangat berguna dalam mengetahui gagasan sekaligus kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi.  Analisa data penelitian ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan atau penyimpangan yang dibuat siswa terhadap aspek-aspek penulisan paragraf argumentasi seperti pemakaian kosakata, grammar/struktur kalimat, isi serta pengorganisasian paragraf. Dari hasil analisa kesalahan yang terjadi dapat diketahui kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris serta kecenderungan terhadap salah satu aspek apa yang mempunyai frekuensi kesalahan tertinggi ataupun terendah dalam penulisan paragraf agrumentasi. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah descriptif quantitatif dengan sistem perhitungan statistik sederhana, sedangkan pengambilan sampel dilakukan seara acak terhadap perwakilan. Hasil dari analisa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada dosen bahasa Inggris sebagai tolok ukur pengembangan bahan ajar serta metode pengajaran yang akan diberikan dalam mata kuliah bahasa Inggris terutama writing. Disamping itu artikel ini diharapkan dapat memberikan feedback terhadap mahasiswa sebagai pembelajaran dan pengetahuan tentang penulisan paragraf argumentasi dalam bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ary, D., Jacobs, L.C. &Razavieh, A. 2002. Introduction to Research in Education(6th ed). New York: Wadsworth/Thomson Learning

Brown, H. D. 2003. Language Assesment: Principles and Classroom Practice. White Plain, N.Y: Pearson Education

Brown, H.D. 2007b. Principles of Language Teaching and Learning, 4th ed. New York: Longman

Celce-Murcia, M., &Olshtain, E. 2000.Discourse and Context in Language Teaching: A Guide for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press

Coffin, C. 2003. Teaching Academic Writing. Centre for Language and Communication, The Open University, UK.

Corder, S.P. 1981. Error Analysis and Inter-language. Oxford: Oxford University Press.

for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press

Earner, R. 1997. Content Area Literacy. Teaching for Today and Tomorrow. New York: Delmar. Regional Language Center

Gebhard, J.G. 2000. Teaching English as a Foreign language. Ann Arbor: The University of Michigan Press

Huda, N. 1999. Language Learning and Teaching. Malang: Universitas Negeri Malang Publisher

Hornby, A.S. 1995. Oxford Advance Learner’s Dictionary of Current English. Fifth Edition. Oxford: Oxford University Press.

Newman, W.L. 2002. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Needham Heights: Pearson Education Company.

Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publisher

O’ Malley, J.M., &Pearse, L.V. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Boston: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Oshima, Alice. A Writing and Sentence Structure Workbook for International Students. Addison Wesley. Publishing Company.

Owen, Jr. R. E. 2008. Language Development: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Penny, Ur. 1996. A Course in Language Teaching, Practice, adn Theory. London: Cambridge University Press.

Richards, J. C. 1992. The Language Teaching Matrix. Cambridge : Cambridge University Press.

Rivers, Wilga M. 1981. Teaching Foreign Language .Skills. Chicago the University of Chicago Press

Yin, R. K. (2003).Case Study Research: Design and Methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage

Http: //gerrytri.blogspot.com/2013/06/teknik-pengambilan-sampel-htm.html

Published

2016-07-21

How to Cite

Ningsih, Y. (2016). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PARAGRAF ARGUMENTASI MAHASISWA JURUSAN NON BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 15(2). https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.43

Issue

Section

Article