ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ANALYSIS) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KHUSUS (ESP) PADA KELAS MANAJEMEN AGROINDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.45Abstract
Proses pembelajaran bahasa Inggris dengan ESP (English for Specific Purposes) pada pendidikan tinggi sering kali berjalan kurang maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perencanaan pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung tidak relevan dengan bidang ilmu yang mereka ampu. Untuk itu diperlukan adanya perencanaan pembelajaran yang akan dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan khusus. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa terhadap bahasa Inggris ESP. Hal ini perlu dilakukan agar materi pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan khusus (ESP) yang diterima mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu yang mereka ampu maupun bidang pekerjaan yang akan mereka tekuni. Penelitian ini berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Agroindustri angkatan 2012/2013 Politeknik Negeri Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, angket dan melakukan wawancara langsung. Kemudian data yang didapat akan diklasifikasikan sehingga kebutuhan mahasiswa Manajemen Agroindustri (MID) terhadap pembelajaran bahasa Inggris bisa diidentifikasi, kemudian akan dideskripsikan. Hasil penelitian ini akan digunakan acuan untuk penelitian berikutnya, yaitu perencanaan silabus maupun pengembangan materi atau bahan ajar untuk bahasa Inggris ESP.
Downloads
References
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian, Bandung : PT Eresco
Dudley-Evans, T., & St John, M. J. (1998).Developments in English for specific purposes Cambridge: Cambridge University Press.
Hutchinson and Waters. (1987).English for specific purposes, New York: CambridgeUniversity.
Jordan, R. R. (1997). English for academic purposes:A guide and resource book for teachers. Cambridge: Cambridge University Press.
Kayl, H. (2008). Developing an ESL Curriculum Based on Needs and Situation mAnalysis: A Case Study. Journal of Language and Linguistic Studies, 4 (1), 29-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).