ANALISA DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING (BAHASA INGGRIS} TAMAN KANAK -KANAK DI KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.47Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran umum implementasi kurikulum bahasa Asing (Bahasa Inggris) di sekolah Taaman Kanak – kanak di kabupaten Jember. Khususnya tentang profil guru,proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran di sekolah Taman kanak –kanak di kabupaten Jember Kebutuhan masyarakat akan pentingnya penguasaan bahasa asing membuat berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, khususnya pada pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadikan penguasaan bahasa asing menduduki posisi dan peranan yang penting dalam kurikulumnya. Hal ini disebabkan karena banyak orang percaya bahw a pembelajaran sebagai bahasa asing/kedua apabila dimulai pada usia dini akan memberikan hasil yang lebih baik
Di Jember, telah memulai banyak menawarkan  pembelajaran bahasa asing terutama Inggris, Arab dan Mandarin . Bagi penyelengara hal ini memberikan informasi tentang tingkat kebutuhan isi dari kurikulum dan profil guru yang diharapkan masyarakat. Bagi Guru gambaran ini menginformasi tentang kebutuhan masyarakat akan  latar belakang tingkat pendidikan guru , teknik mengelola kelas dan performa mengajar .. Bagi orang tua hal ini akan menginformasi tentang isi dan implementasi dari kurikulum sekolah putra putri mereka.
Populasi penelitian ini adalah sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yang mengajarkan bahasa asing. Karena banyaknya sekolah yang sudah mengajarkan bahasa asing di TK, maka sample diambil secara cluster random sampling technique. Target popluasi adalah guru .Karena esensi metode penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kinjera atau perfoma sebuah program yang telah dijalankan atau diimplementasikan. Metode penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode penelitian evaluasi karena hasil implentasi kurikulum sudah dicapai akan dibandingkan dengan seperangkat keberhasilan yang diharapkan yang termaktub dalam kurikulum.Â
Downloads
References
Abdulhakimmuh. Tv-vcd-Sebagai-Media-Pembelajar /http;//wordpress.com.
Arikunto,Suharsimi.. ManajemenPenelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2007
Atmodiwiro, Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Ardadizya Jaya,2000, Cet. ke-1
Depdiknas,PedomanTeknis Pelenggaraan Pos PAUD (Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2006
Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk, Teori Dalam Praktek. Batam: Interaksara. . 2003
Hadi,S. Methodologi Research Jilid I. Yogyakarta. Andi Offset.2004
Halliwell,S..Teaching English in The Primary Class.New York : Longman Publishing.1992
Juhaeri,. Keuntungan Memakai Video Compact Disk (VCD). http://library.thinkquest.org. 2011
Kementerian Pendidikan Nasional. Peraturan Standar Pendidikan Usia Dini N0.58 Tanggal 17 September 2009.2009.
Moeslichatoen,R. Metode Pengajaran di Taman Kanak Kanak. Rineka Cipta. 2004.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitan Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Ofset, Bandung. 2007
Nana Syaodih Sukmadinata.. Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. 1997
Rika Dwi Kurniasih. Teknik Evaluasi Perencanaan, (Online), (http:// images.rikania09.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SUdfiwoKCF8AADuyo-81/Rika%20Eva.doc?nmid=148657139, diakses 12 April 2011). 2009.
Soebagio Atmodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya. 2000
Sudrajat A.Media Pembelajaran. http://psb=psma.org/controlblog/media-pembelajaran. 2008
Sukartono,A. Konsep Dasar Pendidikan PraSekolah.IKIPPGRI Jember.2002
Suyanto ,Kasihani KE.. English For Young Learners, Bumi Aksara. 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).