ANALISA DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING (BAHASA INGGRIS} TAMAN KANAK -KANAK DI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Suyik Binarkaheni

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran umum implementasi kurikulum bahasa  Asing (Bahasa Inggris) di sekolah Taaman Kanak – kanak di kabupaten Jember. Khususnya tentang profil guru,proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran di sekolah Taman kanak –kanak di kabupaten Jember Kebutuhan masyarakat akan pentingnya penguasaan bahasa asing membuat berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, khususnya pada pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadikan penguasaan bahasa asing menduduki posisi dan peranan yang penting dalam kurikulumnya. Hal ini disebabkan karena banyak orang percaya bahw a pembelajaran sebagai bahasa asing/kedua apabila dimulai pada usia dini akan memberikan hasil yang lebih baik

Di Jember, telah memulai banyak menawarkan  pembelajaran bahasa asing terutama Inggris, Arab dan Mandarin . Bagi penyelengara hal ini memberikan informasi tentang tingkat kebutuhan isi dari kurikulum dan profil guru yang diharapkan masyarakat. Bagi Guru gambaran ini menginformasi tentang kebutuhan masyarakat akan  latar belakang tingkat pendidikan guru , teknik mengelola kelas dan performa mengajar .. Bagi orang tua hal ini akan menginformasi tentang isi dan implementasi dari kurikulum sekolah putra putri mereka.

Populasi penelitian ini adalah sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yang mengajarkan bahasa asing. Karena banyaknya sekolah yang sudah mengajarkan bahasa asing di TK, maka sample diambil secara cluster random sampling technique. Target popluasi adalah guru .Karena esensi metode penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kinjera atau perfoma sebuah program yang telah dijalankan atau diimplementasikan. Metode  penelitian   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   metode penelitian evaluasi karena hasil implentasi kurikulum sudah dicapai akan dibandingkan dengan seperangkat keberhasilan yang diharapkan yang termaktub dalam kurikulum. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhakimmuh. Tv-vcd-Sebagai-Media-Pembelajar /http;//wordpress.com.

Arikunto,Suharsimi.. ManajemenPenelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2007

Atmodiwiro, Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Ardadizya Jaya,2000, Cet. ke-1

Depdiknas,PedomanTeknis Pelenggaraan Pos PAUD (Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2006

Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk, Teori Dalam Praktek. Batam: Interaksara. . 2003

Hadi,S. Methodologi Research Jilid I. Yogyakarta. Andi Offset.2004

Halliwell,S..Teaching English in The Primary Class.New York : Longman Publishing.1992

Juhaeri,. Keuntungan Memakai Video Compact Disk (VCD). http://library.thinkquest.org. 2011

Kementerian Pendidikan Nasional. Peraturan Standar Pendidikan Usia Dini N0.58 Tanggal 17 September 2009.2009.

Moeslichatoen,R. Metode Pengajaran di Taman Kanak Kanak. Rineka Cipta. 2004.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitan Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Ofset, Bandung. 2007

Nana Syaodih Sukmadinata.. Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. 1997

Rika Dwi Kurniasih. Teknik Evaluasi Perencanaan, (Online), (http:// images.rikania09.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SUdfiwoKCF8AADuyo-81/Rika%20Eva.doc?nmid=148657139, diakses 12 April 2011). 2009.

Soebagio Atmodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya. 2000

Sudrajat A.Media Pembelajaran. http://psb=psma.org/controlblog/media-pembelajaran. 2008

Sukartono,A. Konsep Dasar Pendidikan PraSekolah.IKIPPGRI Jember.2002

Suyanto ,Kasihani KE.. English For Young Learners, Bumi Aksara. 2007

Published

2016-07-21

How to Cite

Binarkaheni, S. (2016). ANALISA DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING (BAHASA INGGRIS} TAMAN KANAK -KANAK DI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 15(2). https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.47

Issue

Section

Article