PERSPEKTIF MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER TERHADAP MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TERKAIT PERILAKUNYA

Authors

  • Nanik Mariyati

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v14i3.66

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keprihatinan  kondisi moral bangsa Indonesia yang semakin hari-semakin tidak sesuai dengan falsafah Pancasila. Hal ini merangsang perguruan tinggi untuk memberikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian bagi para mahasiswa termasuk Politeknik Negeri Jember. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa Politeknik Negeri Jember terhadap mata kuliah Pengembangan Kepribadian terkait pada  perilaku mereka. Apakah ada pengaruh secara signifikan atau tidak. Manfaat penelitian ini bagi Politeknik Negeri Jember sebagai bahan acuan untuk mengetahui kondisi dan mengambil langkah berikutnya terkait dengan pengembangan kurikulum dan materi MPK (Mata Kuliah Kepribadian) dan menentukan bentuk kegiatan yang mengarah pada pengembangan perilaku baik dari mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan desain 4 tahapan  yaitu, persiapan, pelaksanaan, analisa data dan kesimpulan.  Menggunakan teknik pengambilan data wawancara dan kuisioner di harapkan data yang diperoleh benar-benar bisa dipertanggung-jawabkan sehingga dapat menjawab pertanyaan dalam penelitian ini. Responden penelitian ini adalah mahasiswa dari semua jurusan di Politeknik Negeri Jember yang diambil secara acak antara 10-20 mahasiswa dari setiap jurusan dengan pertimbangan pada semester 3 inilah mereka menempuh mata kuliah Pengembangan Kepribadian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: PTRineka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Lex, JMoleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Nusa

P.Joko.Subagyo, 1997. Metode Penelitian Dalam Teori dan Prakte. . Jakarta : Rineka Cipta

Putra dan Ninin Dwilestari, 2012.Penelitian Kualitatif ; Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Rajagrafindo Persada Rosdakarya

Ritonga, Rahman. 1997. Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Published

2016-07-21

How to Cite

Mariyati, N. (2016). PERSPEKTIF MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER TERHADAP MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TERKAIT PERILAKUNYA. Jurnal Ilmiah Inovasi, 14(3). https://doi.org/10.25047/jii.v14i3.66

Issue

Section

Article