PERSPEKTIF MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER TERHADAP MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN TERKAIT PERILAKUNYA
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v14i3.66Abstract
Penelitian ini didasari oleh keprihatinan  kondisi moral bangsa Indonesia yang semakin hari-semakin tidak sesuai dengan falsafah Pancasila. Hal ini merangsang perguruan tinggi untuk memberikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian bagi para mahasiswa termasuk Politeknik Negeri Jember. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa Politeknik Negeri Jember terhadap mata kuliah Pengembangan Kepribadian terkait pada perilaku mereka. Apakah ada pengaruh secara signifikan atau tidak. Manfaat penelitian ini bagi Politeknik Negeri Jember sebagai bahan acuan untuk mengetahui kondisi dan mengambil langkah berikutnya terkait dengan pengembangan kurikulum dan materi MPK (Mata Kuliah Kepribadian) dan menentukan bentuk kegiatan yang mengarah pada pengembangan perilaku baik dari mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan desain 4 tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan, analisa data dan kesimpulan. Menggunakan teknik pengambilan data wawancara dan kuisioner di harapkan data yang diperoleh benar-benar bisa dipertanggung-jawabkan sehingga dapat menjawab pertanyaan dalam penelitian ini. Responden penelitian ini adalah mahasiswa dari semua jurusan di Politeknik Negeri Jember yang diambil secara acak antara 10-20 mahasiswa dari setiap jurusan dengan pertimbangan pada semester 3 inilah mereka menempuh mata kuliah Pengembangan Kepribadian.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: PTRineka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Lex, JMoleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Nusa
P.Joko.Subagyo, 1997. Metode Penelitian Dalam Teori dan Prakte. . Jakarta : Rineka Cipta
Putra dan Ninin Dwilestari, 2012.Penelitian Kualitatif ; Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Rajagrafindo Persada Rosdakarya
Ritonga, Rahman. 1997. Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).