KEPUASAN PASIEN JAMSOSKES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALANSI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA

Authors

  • Faiqatul Hikmah
  • Sustin Farlinda
  • Reni Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v14i1.81

Abstract

Angka kunjungan pasien Jamsoskes rawat inap tahun 2010 sampai tahun 2012 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien Jamsoskes yang di ukur dari 10 dimensi dengan menggunakan metode Servqual dan Importance performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, yaitu layanan kesehatan di instalansi rawat inap Rumah Sakit Jember Klinik dirasa kurang memuaskan oleh pasien dengan adanya informasi yang diberikan kurang jelas, pasien mendapat penolakan perawatan, jam praktek dokter tidak tepat waktu, barang milik pasien kurang aman, kurangnya gorden penyekat, penjelasan dokter yang kurang detail, kurangnya motivasi dari dokter/perawat yang diberikan pada pasien. Berdasarkan hal tersebut hendaknya petugas pendaftaran memakai microphone, menambahkan jumlah tempat tidur, dokumen rekam medis di isi lengkap, adanya kamera cctv, penambahan gorden penyekat, dokter mampu menjelaskan diagnosa pasien, hendaknya dokter/perawat mengikuti seminar atau pelatihan juga keterampilan kepribadian dan keterampilan teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pohan Imbalo. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Jakarta. Palupi widyastuti

Tjiptono Fandy and Gregorius Chandra. 2011. Service Quality & Satisfaction: Yogyakarta. Andi

Supranto,J. 2011. Pengukuram Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar: Jakarta. Rineka Cipta

Riyanto Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan: Yogyakarta Nuha Medika

Notoatmodjo,S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan: Jakarta Rineka Cipta

Rangkuti Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Gde Muninjaya. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Buku Kedokteran EGC

Megandini Primanda. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Pendaftaran Pasien RSIA Srikandi (IBI) Jember Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Quality Function Deployment. Program Sarjana Sains Terapan Politeknik Negeri Jember

Qurainy Titis Aprilia. 2012. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Instalansi Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru Jember Dengan menggunakan Metode Service Quality. Program Sarjana Sains Terapan Politeknik Negeri Jember

Irawan Handi. 2003. Indonesian Customer Satisfaction. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Irawan Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo

Herwanto Dene. 2012. Improving The Service Quality By Using Importance Performance Analysis. Karawang International Journal of Engineering and Applied Sciences

Poniman Budi. 2009. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit “NIRMALA SURI†Kabupaten Sukoharjo. Surakarta. Thesis STIE Surakarta

Rahayu Purwanti Susi Veronica. 2011 Analisis Pelayanan Pasien PT.ASKES Di Instalansi Rawat Inap Rumah Sakit Bethesda Dan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Dengan Metode Importance Performance Analysis Yogyakarta. Thesis Program Studi Magister Manajemen

Baequny Ahmad. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Askes Sosial PT.ASKES Terhadap Pelayanan Dokter Keluarga Di Kota Pekalongan Tahun 2009. Semarang. Tesis Program Studi Kesehatan Masyarakat

Published

2016-07-22

How to Cite

Hikmah, F., Farlinda, S., & Puspitasari, R. (2016). KEPUASAN PASIEN JAMSOSKES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALANSI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA. Jurnal Ilmiah Inovasi, 14(1). https://doi.org/10.25047/jii.v14i1.81

Issue

Section

Article