KEPUASAN PASIEN JAMSOSKES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALANSI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v14i1.81Abstract
Angka kunjungan pasien Jamsoskes rawat inap tahun 2010 sampai tahun 2012 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien Jamsoskes yang di ukur dari 10 dimensi dengan menggunakan metode Servqual dan Importance performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, yaitu layanan kesehatan di instalansi rawat inap Rumah Sakit Jember Klinik dirasa kurang memuaskan oleh pasien dengan adanya informasi yang diberikan kurang jelas, pasien mendapat penolakan perawatan, jam praktek dokter tidak tepat waktu, barang milik pasien kurang aman, kurangnya gorden penyekat, penjelasan dokter yang kurang detail, kurangnya motivasi dari dokter/perawat yang diberikan pada pasien. Berdasarkan hal tersebut hendaknya petugas pendaftaran memakai microphone, menambahkan jumlah tempat tidur, dokumen rekam medis di isi lengkap, adanya kamera cctv, penambahan gorden penyekat, dokter mampu menjelaskan diagnosa pasien, hendaknya dokter/perawat mengikuti seminar atau pelatihan juga keterampilan kepribadian dan keterampilan teknis.
Downloads
References
Pohan Imbalo. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Jakarta. Palupi widyastuti
Tjiptono Fandy and Gregorius Chandra. 2011. Service Quality & Satisfaction: Yogyakarta. Andi
Supranto,J. 2011. Pengukuram Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar: Jakarta. Rineka Cipta
Riyanto Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan: Yogyakarta Nuha Medika
Notoatmodjo,S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan: Jakarta Rineka Cipta
Rangkuti Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Gde Muninjaya. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Buku Kedokteran EGC
Megandini Primanda. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Pendaftaran Pasien RSIA Srikandi (IBI) Jember Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Quality Function Deployment. Program Sarjana Sains Terapan Politeknik Negeri Jember
Qurainy Titis Aprilia. 2012. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Instalansi Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru Jember Dengan menggunakan Metode Service Quality. Program Sarjana Sains Terapan Politeknik Negeri Jember
Irawan Handi. 2003. Indonesian Customer Satisfaction. Jakarta. PT Elex Media Komputindo
Irawan Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo
Herwanto Dene. 2012. Improving The Service Quality By Using Importance Performance Analysis. Karawang International Journal of Engineering and Applied Sciences
Poniman Budi. 2009. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit “NIRMALA SURI†Kabupaten Sukoharjo. Surakarta. Thesis STIE Surakarta
Rahayu Purwanti Susi Veronica. 2011 Analisis Pelayanan Pasien PT.ASKES Di Instalansi Rawat Inap Rumah Sakit Bethesda Dan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Dengan Metode Importance Performance Analysis Yogyakarta. Thesis Program Studi Magister Manajemen
Baequny Ahmad. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Askes Sosial PT.ASKES Terhadap Pelayanan Dokter Keluarga Di Kota Pekalongan Tahun 2009. Semarang. Tesis Program Studi Kesehatan Masyarakat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).