Hubungan Hubungan Pengetahuan Anemia Gizi Terhadap Daya Terima Tablet Fe Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Atas (Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro)

Penulis

  • Luciana Afildha Fabrianti Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/harena.v1i3.2701

Abstrak

Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang memiliki angka kejadian cukup tinggi. Faktor yang mempengaruhi kejadian anemia salah satunya adalah pengetahuan tentang anemia. Ketidaktahuan akan pentingnya kesehatan akan menimbulkan masalah yang berpengaruh terhadap tingkat kesadaran untuk mematuhi instruksi kesehatan, khususnya pada anjuran untuk konsumsi tablet Fe bagi remaja putri. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan anemia gizi terhadap daya terima tablet Fe pada remaja putri sekolah menengah atas (Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMA Negeri 1 Baureno dan SMK Negeri 1 Baureno. Teknik pengambilan subjek secara Proporsional Stratified Random Sampling dengan jumlah subjek sebanyak 253 siswi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner google form dengan analisis data univariat dan bivariate dengan uji somers’d. Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan anemia gizi pada responden sebagian besar dalam kategori kurang yaitu 70,4%. Daya terima tablet Fe pada responden lebih banyak pada respon negatif, yaitu 90,9%. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan anemia gizi terhadap daya terima tablet Fe pada remaja putri dengan nilai signifikansi nilai p-value 0,387.

 

Kata Kunci : Daya Terima, Pengetahuan, Remaja Putri

Downloads

Diterbitkan

19-10-2021

Cara Mengutip

Fabrianti, L. A. (2021). Hubungan Hubungan Pengetahuan Anemia Gizi Terhadap Daya Terima Tablet Fe Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Atas (Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro). HARENA : Jurnal Gizi, 1(3), 111–118. https://doi.org/10.25047/harena.v1i3.2701