Penggunaan Media Sosial Sebagai Medium Corporate Branding Rumah Sakit Ibu Dan Anak Az-Zahra Palembang

Authors

  • Dwi Marissa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swijaya
  • indah Riani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swijaya
  • Inggi Rizky Mauludyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swijaya
  • Putri Agustina Fiskal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swijaya
  • Rindang Senja Andarini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swijaya
  • Debby Amanda Putri RSIA Az-Zahra
  • Rizma Adlia Syakurah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2438

Keywords:

Media Sosial, Branding, Rumah Sakit

Abstract

Perkembangan yang terus terjadi dari masa ke masa dipengaruhi oleh beberapa faktor dan bidang, salah satunya yakni teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan Kuliah Kerja Komunikasi dilakukan selama 30 Hari di Rumah Sakit Ibu dan Anak Az-Zahra. Bentuk pendekatan yang digunakan adalah Identifikasi Isu di Intansi dan Penyelesain Isu di Intansi. Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi melalui sosial media. Dari adanya permasalahan tersebut maka RSIA Az-Zahra Palembang, sangat perlu untuk melakukan pemaksimalan media sosial sebagai medium branding. Melihat dari segi konten, seharusnya informasi yang diberikan lebih beragam bisa dari edukasi tentang kehamilan, mitos-fakta kesehatan, video edukasi kesehatan ibu dan anak, Fun Fact, maupun talkshow ataupun podcast. Dari segi desain, pemilihan warna dan keselarasan pola feed lebih diperhatikan, agar terkesan rapi dan menarik. Selain itu, memperhatikan waktu menggunggah konten yang tepat atau diwaktu yang disebut sebagai social media time. Peran dari admin media sosial pun harus lebih tanggap atau dengan menyediakan tim khusus branding melalui media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juju, Dominikus dan Feri Sulianta. (2010). Branding Promotion with Social Network. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2009. American Marketing Association (AMA). Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Machali, Imam dan Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung : PT Remajaa Rosdakarya.

Suyanto, M. (2007) Strategic Management Global Most Admired Companies. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Anggraini, Krisna. 2015. Analisis Interaksionisme Simbolik pada Praktik Branding Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Skripsi. FISIP, Sosiologi, Universitas Airlangga, Surabaya. Diunduh dari http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmnts394d021158full.pdf pada 18 Oktober 2020.

Fauzia, Lolita Vanda dan Andhika Giri Persada. 2020. Rekonstruksi Media Sosial Instagram Sebagai Upaya Re-Branding Komunitas Kantong Pintar. Jurnal Infromatika. 1 (2) : 85-90. Diunduh dari https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15519 pada 21 Oktober 2020.

Jana, Juanita. 2005. Strategi Corporate Communication dalam proses Repositioning dan Rebranding. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2 (2) : 159-174. Diunduh dari https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/248 pada 18 Oktober 2020.

Kusumasari, Paulina Wahyu. 2018. Peran Online Engagement Pada Pengaruh Tipe Post dan Waktu Post di Instagram Terhadap Minat Beli Studi Kasus Pada Online @cheesycrazysolo. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diunduh dari https://repository.usd.ac.id/28651/2/142214173_full.pdf pada 21 Oktober 2020.

Maskur. 2014. Pentingnya Humas Pada Stakeholder. Jurnal. Wahana akadeika. 2(1): 167-180. Diunduh dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/811 pada 15 oktober 2020 Pukul 07.50 WIB.

Oscario, Angela (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191-203. Di unduh dari http://research-dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humaniora/Vol.%204%20No.%201%20April%202013/_19_33_DKV_Angela%20Oscario_Februari%202012%20_DIMUS_.pdf pada 1 November 2020.

Pienrasmi, Hanindyalaila. 2015. Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jumal komunikasi, ISSN1907-898X. 9 (2) : 199-210. Diunduh dari https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/7179 pada 21 Oktober 2020.

Setiawan, Ramadhonny. 2013. Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Melia dalam Meningkatkan Brand Awareness Periode 2012. Skripsi. Fakultas Ilmu komuikasi, Advertising and Marketing Communication, Universitas Mercu Buana, Jakarta. Diunduh dari https://repository.mercubuana.ac.id/16460/ pada 19 Oktober 2020.

Yulista Yera. 2019. Peran Public Relations Dalam Membangun Reputasi Pergutuan Tinggi. Jurnal ilmiah sustainable 1(2): 86-104. Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/268401546.pdf pada pada 16 oktober 2020 Pukul 07.30 WIB.

RSIA Az-Zahra Palembang : www.rsab.azzahragroup.co.id

Visi dan Misi RSIA Az-Zahra Palembang : https://rsab.azzahragroup.co.id/visi-dan-misi/ diakses pada 11 Oktober 2020.

Sejarah RSIA Az-Zahra Palembang: https://rsab.azzahragroup.co.id/profil/ diakses pada 11 Oktober 2020.

Fasilitas umum dan unggulan RSIA Az-Zahra Palembang : https://rsab.azzahragroup.co.id/fasilitas/ diakses pada 12 Oktober 2020.

Published

2022-08-30

How to Cite

[1]
D. Marissa, “Penggunaan Media Sosial Sebagai Medium Corporate Branding Rumah Sakit Ibu Dan Anak Az-Zahra Palembang”, j-dinamika, vol. 7, no. 2, Aug. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.