Pembuatan Alat Peraga IPA Bagi Guru SD Lampung Timur Menggunakan Bahan Yang Ada di Lingkungan Sekitar

Authors

  • Kusuma Handayani Universitas Lampung https://orcid.org/0000-0002-2391-5428
  • Mohamad Kanedi Universitas Lampung
  • Rochmah Agustrina Universitas Lampung
  • Wawan Abdullah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i1.2487

Keywords:

Kompetensi Dasar, Lampung, Peraga IPA

Abstract

Proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD), seharusnya bisa dilakukan dengan cara yang interaktif antara guru dengan siswa sehingga membuat siswa lebih senang , merasa penuh tantangan, lebih inspiratif, sehingga dapat meningkatkan keinginan siswa untuk berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar, serta memberikan kesempatan yang luas untuk siswa berkreasi. Pembuatan peraga IPA SD menggunakan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar bagi Guru SD Desa Tambah Dadi, Lampung Timur bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD dalam mengadakan kegiatan praktik langsung memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan, sehingga memudahkan guru dan siswa dalam meningkatkan kreativitas selama kegiatan belajar mengajar. Total peserta yang menghadiri kegiatan pelatihan ini yaitu sebanyak 20 guru, yang berasal dari beberapa SD yang ada di Lampung Timur. Kegiatan ini terdiri dari penyampaian materi; praktik pembuatan alat peraga, serta tugas mandiri. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan pemahaman bagi guru SD dengan adanya kenaikan hasil prestest dari 61.25 menjadi 83.5 saat posttest serta meningkatnya ketrampilan dasar dalam merancang alat peraga yang sudah tersedia di sekolah dan membuat alat peraga baru menggunakan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Carin, A.A. (1993). Teaching Modern Science (6th Ed). MacMillan Publishing Company, New York

Kaswan. (2004). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik arus Searah. Tesis. DPs UPI Bandung.

Estiningsih, Elly. (1994). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengajar Matematika SD. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2022-04-28

How to Cite

[1]
K. Handayani, M. Kanedi, R. Agustrina, and W. Abdullah, “Pembuatan Alat Peraga IPA Bagi Guru SD Lampung Timur Menggunakan Bahan Yang Ada di Lingkungan Sekitar”, j-dinamika, vol. 7, no. 1, pp. 7–11, Apr. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.