KEGIATAN LITERASI MELALUI PEMBUATAN BAHAN AJAR CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN LIMO DAN CINERE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.528

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogik para guru TK di Kecamatan Limo dan Cinere dengan memberikan pelatihan membuat bahan ajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung). Metode kegiatan ini dengan memberikan tugas membuat soal-soal calistung dengan bertahap, mulai dari tingkat mudah sampai dengan sulit. Hasil dari kegiatan ini yaitu para guru menjadi termotivasi dan dapat menghasikan sebuah karya dalam bentuk lembar kerja anak yang dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

anastasia dewi anggraeni, Universitas Indraprasta PGRI

Dosen (Asisten Ahli) di Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Bahasa dan Seni

References

Depdiknas, D. T. (2014). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dick Walter, C. L. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey.

Hood, M. N. (2009). The Scaffolding of Emergent Literacy Skills in the Home Environment: A Case Study. Journal of early Childhood Education, 314.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah RI. (2005). Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum.

Qonita, A. (2009). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Indah Jaya Adipratama.

Santoso, S. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. (2017). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Published

2017-12-29

How to Cite

[1]
anastasia dewi anggraeni, “KEGIATAN LITERASI MELALUI PEMBUATAN BAHAN AJAR CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN LIMO DAN CINERE”, j-dinamika, vol. 2, no. 2, Dec. 2017.

Issue

Section

Article