Upaya Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Penjualan UMKM Desa Jimbaran Pada Masa Pandemi

Authors

  • I Made Suidarma Universitas Pendidikan Nasional https://orcid.org/0000-0002-7064-6304
  • I Ketut Alit Putra Universitas Pendidikan Nasional
  • I Nyoman Arta Yasa Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2539

Keywords:

kuliah kerja nyata, promosi, media sosial, UMKM

Abstract

Pandemi virus Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Salah satunya adalah para pelaku UMKM Tahu Garing yang berada di Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan, karena kurangnya promosi terutama melalui media sosial. Media sosial yang digunakan sebagai media promosi adalah Instagram. Tujuan dari Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah membantu pembuatan akun instagram. Serta manfaatnya untuk menerapkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama mengikuti kuliah di masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah menghasilkan flyer dan video promosi di dalam akun Instagram yang telah dibuat. Simpulan laporan ini bahwa Instagram telah dibuat beserta flyer dan video promosi. Saran yang dapat disampaikan penulis diharapkan pelaku UMKM dapat terus melanjutkan pengelolaan akun isntagram yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, Suci Nur. 2020. Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( Kkn ) Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Dajan Peken Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Eliyana, Sela. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Kelompok PKK Dengan Pelatihan Pembuatan Produk Selai Ampah Tahu Desa Jambu. Universitas Muhammadiyah Semarang. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Muniroh, Leny, Hurriyaturrohman, Dan Marlina, Astina. 2017. Manfaat Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Penjualan Tas Pada Pengrajin Tas Di Ciampea. Jurnal Ilmiah Inovator, Edisi September 2017, pp. 58-70.

Oktarina, Nina, Widodo, Joko Dan Fachrurrozie. 2019. Penguatan Umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Di Kecamatan Toroh Purwodadi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka. ABDIMAS 23 (2) (2019): 170-174.

Prambada, Swasta. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. pp. 41-46.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Universitas Pendidikan Nasional.2021. Buku Panduan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata. Denpasar:LPPM UNDIKNAS.

Yusuf, Rampi dan Lahinta, Agus. 2020. Peningkatan Kapasitas UMKM Kabupaten Gorontalo Utara Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital. Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.

Published

2022-08-30

How to Cite

[1]
I. M. Suidarma, I. K. Alit Putra, and I. N. Arta Yasa, “Upaya Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Penjualan UMKM Desa Jimbaran Pada Masa Pandemi”, j-dinamika, vol. 7, no. 2, pp. 334–338, Aug. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.