Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Ego Fidiyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Lestari Prihastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anggit Rosianaldy Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Marwa Salsabila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anggi Eka Wardani Universitas PGRI Madiun
  • Farida Styaningrum Universitas PGRI Madiun https://orcid.org/0000-0002-4347-1369

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2828

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Daring, Video Pembelajaran, E-modul

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 dalam bidang pendidikan sangat terasa pada pelaksanaan proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk memperlancar pembelajaran selama pandemi Covid-19 yaitu dengan pembelajaran daring melalui adaptasi teknologi. Bagi sekolah dasar yang berada pada daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) mengalami banyak kendala dalam proses adaptasi teknologi untuk menunjang pembelajaran daring. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu memberikan pendampingan secara optimal dan menyeluruh dalam adaptasi teknologi pada sekolah dasar di daerah 3T yaitu  SD Negeri Ketanggung 2 dan SD Negeri Tulakan 6, Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan secara intensif selama 11 minggu terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pihak sekolah dan siswa sangat terbantu dengan adanya pendampingan adaptasi teknologi pembelajaran berbasis digital. Video pembelajaran dan e-modul membantu dalam proses pembelajaran daring. Sedangkan pada proses pembelajaran luring, alat peraga dan metode permainan yang digunakan mampu meningkatkan semangat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran daring dengan pemanfaatan media digital pada SD Negeri Ketanggung 2 dan SD Negeri Ketanggung 6 dirasa kurang maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala. Kendala yang dihadapi antara lain minimnya sarana dan prasarana, kemampuan SDM yang masih kurang terkait dengan pengembangan media digital, dan sulitnya jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UNESCO, “290 Million Students Out of School due to COVID-19: UNESCO Releases First Global Numbers and Mobilizes Response,” 2020. https://reliefweb.int/report/world/290-million-students-out-school-due-covid-19-unesco-releases-first-global-numbers-and (accessed Jul. 20, 2021).

A. R. Setiawan, “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19),” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 28–37, 2020.

Kemendikbud, Panduan Program Kampus Mengajar 2021 Angkatan 1. 2021.

A. Widiyono, S. Irfana, and K. Firdausia, “Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar,” Metod. Didakt. J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 16, no. 2, pp. 102–107, 2021, doi: 10.17509/md.v16i2.30125.

N. Aliyah and Katiah, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN 2 Batembat Cirebon),” JUDIKA (JURNAL Pendidik. UNSIKA), vol. 9, no. 1, pp. 85–92, 2021.

D. A. Rosita and R. Damayanti, “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 42–49, 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i1.852.

U. Mulyawan, “Pendampingan Kegiatan Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Di Masa Pandemic,” J. Ilm. Hosp., vol. 9, no. 2, pp. 309–318, 2020, [Online]. Available: https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/350.

Published

2022-08-30

How to Cite

[1]
E. Fidiyah, L. Prihastuti, A. Rosianaldy, M. Salsabila, A. Eka Wardani, and F. Styaningrum, “Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar ”, j-dinamika, vol. 7, no. 2, pp. 237–242, Aug. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.