Pelatihan Penggunaan Website Marketplace Untuk Para Pengrajin Di Balige
Marketplace Website Usage Training for Craftsman in Balige
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3628Keywords:
marketplace, online, craftsman, promotion, textile, ulos, MSMEs, websiteAbstract
Marketplace adalah sebuah sistem informasi yang dibuat para penjual dapat bertemu secara online, dimana
terdapat informasi produk dan harga, serta transaksi pembelian dapat dilakukan secara online melalui saluran
elektronik. Tujuan marketplace adalah sebagai wadah promosi bagi para pengrajin kayu, kulit dan ulos di Balige.
Marketplace ini dapat mendukung bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan pasar
virtual. Dengan adanya marketplace ini penjual hanya perlu mencantumkan informasi lengkap tentang produk
yang akan dijual tanpa perlu menyediakan tempat/toko untuk menjual barang fisik tersebut. Marketplace ini
memiliki tiga mitra pengrajin, yaitu pengrajin ulos, pengrajin kayu, pengrajin kulit. Kegiatan pelatihan
dilaksanakan di salah satu ruang kelas IT Del. Kegiatan dimulai dengan melakukan sosialisasi mengapa perlu
digitalisasi menggunakan website marketplace. Pelatihan menggunakan website yang dibangun dengan
menerapkan metode Prototyping dan telah sesuai dengan Requirement User. Berdasarkan data yang telah diolah
menggunakan metode SUS diperoleh nilai akhir 75,87 yang artinya website marketplace yang dibangun memiliki
tingkat Acceptability Range = Acceptable, Grade Scale = C, Adjective Ratings = Good. Dengan kegiatan ini,
setiap pengrajin mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menggunakan website marketplace,
memasarkan usaha dengan digitalisasi produk kerajinan tangan, dan dapat menentukan harga jual yang sesuai pada
suatu produk.
Downloads
References
R. Yustiani and R. Yunanto, “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Ilmiah Komputer,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 43–48, 2017.
M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
R. R. Liaunardy, Y. Hari, and ..., “Rancang Bangun E-Marketplace Untuk Eskalasi Penjualan Ikan Cupang Di Tengah Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. …, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2916.
D. S. Purnia, R. Ratningsih, M. Surahman, and W. Agustin, “Implementasi Metode Prototyping Pada Rancang Marketplace Rumah Kost Berbasis Mobile,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.31294/evolusi.v9i1.10145.
C. Costley, L. Friend, and P. Babis, “Respect in the Marketplace,” 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rudy Chandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.