Pendampingan Pengembangan Aplikasi Layanan Terpadu Kelurahan Curah Grinting Kota Probolinggo Untuk Meningkatkan Layanan Kepada Masyarakat

Assistance in the Development of Integrated Service Applications in the Village of Curah Grinting Probolinggo City to Improve Services to the Community

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i3.3391

Keywords:

Digitalisasi, Sistem Informasi, Pelayanan Publik

Abstract

Dalam era revolusi industry 5.0 ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak perubahan yang sangat besar pada seluruh sektor bidang kehidupan masyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada aktifitas kehidupan masyarakat serta penyelenggaraan layanan sektor publik pemerintahan melalui penggunaan web, media sosial, aplikasi sistem, dan platform lainnya mulai digunakan dalam seluruh kegiatan masyarakat dan birokrasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu pihak Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo dalam meningkatkan sistem pelayanan sektor publik yang ada melalui pemanfaatan teknologi informasi. Kegiatan ini dilakukan melalui pendampingan dalam pengembangan sistem informasi layanan public secara terpadu di kelurahan. Pengembangan sistem layanan terpadu ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor yaitu sebuah bahasa pemrograman yang sebenarnya mirip dengan JavaScript dan Python. Akhir kegiatan pengabdian ini diperoleh sebuah sistem layanan terpadu yang ada pada kelurahan tersebut sehingga memberikan kemudahan khususnya bagi masyarakat Kelurahan Curah Grinting Kota Probolinggo karena telah memanfaatan teknologi informasi. Aplikasi layanan terpadu ini menjadi pilihan yang terbaik karena melalui aplikasi ini proses pelayanan administrasi kepada masyarakat akan lebih transparan, cepat,  akuntabel, mudah, dan terintegrasi dengan baik dan akurat dari tingkat RT, RW, kelurahan, hingga kecamatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmi, T. 2016. Penerapan Prinsip Good Governance Untuk Layanan Publik. Jurnal Administrasi Pembangunan, 4(2), 87–156.

Masyhur, F. 2017. Penelitian e-government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-government Indonesia (PeGI). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(1), 51–62. https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.1.2017.51-62

Habibie, D. K. 2019. Citizen-Centric E-Goverment Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan Publik, 10(1), 1–58.

Rohman, A., Hanafi, Y. S., & Hardianto, W. T. 2019. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Reformasi, 9(2), 153–160.

Batinggi, A., & Badu, A. 2014. Manajemen Pelayanan Umum. In Bentuk Pelayanan. Universitas Terbuka Jakarta. http://repository.ut.ac.id/4256/1/IPEM4429-M1.pdf

Podungge, R. 2004. Mewujudkan Birokrasi Yang Mengedepankan Etika Pelayanan Publik. UNG REPOSITORY, 1(1), 1–6. https://repository.ung.ac.id/hasilriset/show/1/325/mewujudkan-birokrasi-yangmengedepankan-etika-pelayanan-publik.html

Anisah, G. 2021. Pelatihan Digital marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Jurnal Mafaza, 1(1), 1–10.

Pratama, R. H., Hakim, A., & Shobaruddin, M. 2015. Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), Elektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (e-RT/RW) (Studi e-government di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(12), 2128–2132.

Humas Kecamatan Kademangan. 2021. Sosialisasi Dan Pelatihan Replikasi Pengembangan Aplikasi Digital Pelayanan Kecamatan Kademangan BPJS Bangkit Menjadi Layanan Terpadu. Kecamatan Kademangan. http://kec-kademangan.probolinggokota.go.id/sosialisasi-danpelatihan-replikasi-pengembangan-aplikasi-digital-pelayanan-kecamatan-kademanganbpjs-bangkit-menjadi-portal-emas/

Published

2022-12-30

How to Cite

[1]
N. Setyo Wibowo, A. H. Utomo, E. Antika, M. Angga Gumilang, and E. Rosdiana, “Pendampingan Pengembangan Aplikasi Layanan Terpadu Kelurahan Curah Grinting Kota Probolinggo Untuk Meningkatkan Layanan Kepada Masyarakat: Assistance in the Development of Integrated Service Applications in the Village of Curah Grinting Probolinggo City to Improve Services to the Community”, j-dinamika, vol. 7, no. 3, pp. 446–450, Dec. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.