Pengembangan Pojok Baca Berbasiskan Delivery Service di Desa Ngrimbi Jombang

Authors

  • Imam Yuadi Department of Information and Library Science, Airlangga University
  • Endang Gunarti Airlangga University
  • Yunus Abdul Halim Airlangga University
  • Ragil Tri Atmi Airlangga University
  • Tri Soesantari
  • Ullin Nihaya

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.3821

Keywords:

Pojok Baca, Delivery Service, Ngrimbi

Abstract

Perpustakaan sebagai pusat sumber pengetahuan memiliki peranan penting dalam kualitas masyarakat dalam aspek pengetahua.. Namun pada era digitalisasi saat ini, perpustakaan dihadapkan pada permasalahan minimnya minat masyarakat dalam mengunjungi perpustakaan. Untuk itu dibutuhkan metode yang sesuai dalam menyelesaikan permasalahan tersebut yakni dengan meningkatkan perasaan nyaman terlebih dahulu sehingga kecintaan terhadap perpustakaan akan tumbuh dengan sendirinya. Namun, kenyataannya tidak semua perpustakaan dapat memenuhi persyaratan tersebut. Apalagi faktor geografis juga menjadi alasan kenapa minimnya minat masyarakat dalam mengunjungi masyarakat terjadi. Seperti yang terjadi pada desa Ngrimbi Jombang yang memiliki permasalahan geografis yakni susahnya akses maupun jauhnya lokasi perpustakaan dari jangkauan masyarakat. Untuk itulah kami mengajukan delivery service sebagai konsep yang akan digunakan dalam meningkatkan motivasi pemustaka dalam mengunjungi perpustakaan di desa Ngrimbi Jombang. Dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi serta membentuk kecintaan masyarakat di Desa Ngrimbi terhadap perpustakaan dan ilmu pengetahuan sehingga membentuk masyarakat yang berkualitas. Disamping itu, tujuan lain dalam program ini yakni meningkatkan fasilitas perpustakaan guna memudahkan masyarakat mengakses, mengenal maupun menyadari betapa pentingnya perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Junaeti and A. Arwani, “PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI (Konstruksi Pelayanan, Strategi, dan Citra Perpustakaan),” Libr. J. Perpust., vol. 4, no. 1, p. 27, 2016, doi: 10.21043/libraria.v4i1.1245.

H. Inabah, “Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan ‘Puspa Cendekia’ SD Negeri Pakis 1,” UNILIB J. Perpust., vol. 11, no. 1, pp. 9–14, 2020, doi: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art2.

F. Yani and M. K. Ritonga, “Minat Baca dan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan,” vol. 6, pp. 354–362, 2022.

F. Devy, “Motivasi Kunjungan Pada Perpustakaan Umum,” J. Unair, no. 070916091, pp. 1–13, 2013, [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

S. Muhtadien and I. Krismayani, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Kunjung Siswa,” J. Ilmu Perpust., vol. 6, no. 4, p., 2017, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23240/21268.pdf

M. Milawati, “Improvement Strategies of Library Usage At the Public Libraries (a Case Study At Bantul Public Library Yogyakarta),” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 7, no. 2, 2016, doi: 10.22146/bip.8827.

Suparyanto dan Rosad, “STUDI KERAWANAN LONGSORLAHAN DI DESA NGRIMBI KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG,” Swara Bhumi, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2015.

BPS, “Jumlah Dusun, RW, dan RT, Menurut Desa/Kelurahan 2016,” Badan Pus. Stat. Kabupaten Jombang, no. 1, p. 2017, 2019.

C. M. K. Mannion, “Data Speaks Volumes: Evidence-Based Delivery of Library Services in a User-Centred Library,” J. Aust. Libr. Inf. Assoc., vol. 68, no. 2, pp. 180–193, 2019, doi: 10.1080/24750158.2019.1610141.

X. Ma and G. Li, “Research on Document Delivery Services of University Library,” vol. 76, no. Emim, pp. 1485–1488, 2017, doi: 10.2991/emim-17.2017.298.

F. W. P. Erna, “DELIVERY SERVICE PUSTAKAWAN DI ERA NEW NORMAL,” J. Kaji. Inf. Perpust., vol. 4, no. 1, pp. 88–100, 2020.

C. A. Ezeabasili, “Web-Based Information Services in Selected Academic Libraries , Nigeria,” vol. 5, no. 5, pp. 211–224, 2022.

Published

2023-08-30

How to Cite

[1]
I. Yuadi, E. . Gunarti, Y. . Abdul Halim, R. . Tri Atmi, T. . Soesantari, and U. . Nihaya, “Pengembangan Pojok Baca Berbasiskan Delivery Service di Desa Ngrimbi Jombang”, j-dinamika, vol. 8, no. 2, pp. 226 – 231, Aug. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.