Pengembangan Kompetensi SDM Museum Keris Nusantara (MKN) melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Storyline dan Caption Dwibahasa untuk Koleksi Masterpiece
Keywords:
storyline dan caption, museum, pelatihanAbstract
Seiring berkembangnya zaman, jumlah museum di Indonesia semakin bertambah, baik museum yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Namun, tingkat pertumbuhan museum tidak diiringi dengan tingkat kecenderungan masyarakat untuk mengunjungi museum. Sudah sepatutnya pengelola museum melakukan introspeksi diri dan mulai memperbaiki diri guna menambah angka kunjungan masyarakat ke museum. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan meningkatkan penyajian koleksi museum agar lebih informatif dan menarik. Suatu deskripsi detil yang melekat pada koleksi pusaka akan mempermudah pengunjung memahami identitas pusaka yang dipamerkan. Sebagai solusi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian English for Vocational Purposes, Prodi D-3 Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret melakukan pelatihan dan pendampingan bagi staf MKN sehingga mampu menghasilkan storyline dan caption koleksi masterpiece museum sesuai standar internasional dan memperbaruinya secara berkala. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam dua tahap, yakni tahap pelatihan dan pendampingan, membawa hasil yang positif dan dirasakan manfaatnya oleh MKN. Pengabdian kepada masyarakat berhasil membekali staf MKN dengan keterampilan memproduksi caption koleksi masterpiece yang berstandar internasional.
Downloads
References
Asmara, D, "Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah", J.Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora:Kaganga.vol.10, pp.10-20, Jul.2021.
Brida, J. G., Meleddu, M., & Pulina, M, "Factors Influencing the Intention to Revisit a Cultural Attraction: the case study of the museum of modern and contemporary art", J.Cultural Heritage. vol.13, pp.167-174, 2012.
Brown, H. Douglas, Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, 2nd ed, New York: Pearson Education, 2001.
Glasgow Museum. (2019, Aug.20). Glasgow museums display guidelines. [online]. Available: https://dokumen.tips/documents/guidelines-for-museum-display.html .
ICOM. Running a Museum: A Practical Handbook. International Council of Museums, 2004.
International Council of Museums. (2022, Aug.24). Museum definition. [online]. Available: https://icom.museum/en/resources/standards-guidelines/museum- definition/
Junaid, I. "Museum dalam Perspektif Pariwisata dan Pendidikan," in Museum Pariwisata Indonesia, May. 2018, pp. 1-15, doi:10.31219/osf.io/dm2hj
Kardimin, "Peran Bahasa dan Budaya dalam Penerjemahan Teks Bernuansa Keagamaan", Mukaddimah J. Studi Islam, vol. 3, Dec 2018.
Kotler, N., Kotler, P., & Kotler, W, Museum Marketing and Strategy, San Francisco: Jossey-Bass, 2008.
Matitaputy, J, "Pentingnya Museum bagi Pelestarian Warisan Budaya dan Pendidikan dalam Pembangunan", J.Kapata Arkeologi. pp.38-46, May.2007.
Munandar et al, Sejarah Permuseuman di Indonesia, Jakarta: Direktorat Permuseuman, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, 2011.
Murzina, I, “Museum as Information and Communicative Educational Institution”, J.KnE Social Sciences. vol.4, pp.159-166, Sept.2020.
Ravelli, L. J, Museum Texts: Communication Frameworks, London: Routledge, 2005.
Wahyudin, Y. “Aplikasi Alur Cerita (Storyline) pada Tata Pemeran di UPTD Museum Kabupaten Subang”, J.Patanjala. vol. pp.449-458, Aug.2013.
Waridah, "Berkomunikasi dengan bahasa yang efektif dapat meningkatkan kinerja", J. Simbolika, vol. 2, Okt.2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Paramita Widya Hapsari, Ardianna Nuraeni, Kennia Wikanditha, Albertus Agung Yuwono, Bayu Dewa Murti, Anita Rusjayanti, Nur Saptaningsih, Dimas Adika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.