Pengembangan Kompetensi SDM Museum Keris Nusantara (MKN) melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Storyline dan Caption Dwibahasa untuk Koleksi Masterpiece

Authors

  • Paramita Widya Hapsari UNS
  • Ardianna Nuraeni Universitas Sebelas Maret
  • Kennia Wikanditha Universitas Sebelas Maret
  • Albertus Agung Yuwono Universitas Sebelas Maret
  • Bayu Dewa Murti Universitas Sebelas Maret
  • Anita Rusjayanti Universitas Sebelas Maret
  • Nur Saptaningsih Universitas Sebelas Maret
  • Dimas Adika Universitas Sebelas Maret

Keywords:

storyline dan caption, museum, pelatihan

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, jumlah museum di Indonesia semakin bertambah, baik museum yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Namun, tingkat pertumbuhan museum tidak diiringi dengan tingkat kecenderungan masyarakat untuk mengunjungi museum. Sudah sepatutnya pengelola museum melakukan introspeksi diri dan mulai memperbaiki diri guna menambah angka kunjungan masyarakat ke museum. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan meningkatkan penyajian koleksi museum agar lebih informatif dan menarik. Suatu deskripsi detil yang melekat pada koleksi pusaka akan mempermudah pengunjung memahami identitas pusaka yang dipamerkan. Sebagai solusi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian English for Vocational Purposes, Prodi D-3 Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret melakukan pelatihan dan pendampingan bagi staf MKN sehingga mampu menghasilkan storyline dan caption koleksi masterpiece museum sesuai standar internasional dan memperbaruinya secara berkala. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam dua tahap, yakni tahap pelatihan dan pendampingan, membawa hasil yang positif dan dirasakan manfaatnya oleh MKN. Pengabdian kepada masyarakat berhasil membekali staf MKN dengan keterampilan memproduksi caption koleksi masterpiece yang berstandar internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, D, "Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah", J.Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora:Kaganga.vol.10, pp.10-20, Jul.2021.

Brida, J. G., Meleddu, M., & Pulina, M, "Factors Influencing the Intention to Revisit a Cultural Attraction: the case study of the museum of modern and contemporary art", J.Cultural Heritage. vol.13, pp.167-174, 2012.

Brown, H. Douglas, Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, 2nd ed, New York: Pearson Education, 2001.

Glasgow Museum. (2019, Aug.20). Glasgow museums display guidelines. [online]. Available: https://dokumen.tips/documents/guidelines-for-museum-display.html .

ICOM. Running a Museum: A Practical Handbook. International Council of Museums, 2004.

International Council of Museums. (2022, Aug.24). Museum definition. [online]. Available: https://icom.museum/en/resources/standards-guidelines/museum- definition/

Junaid, I. "Museum dalam Perspektif Pariwisata dan Pendidikan," in Museum Pariwisata Indonesia, May. 2018, pp. 1-15, doi:10.31219/osf.io/dm2hj

Kardimin, "Peran Bahasa dan Budaya dalam Penerjemahan Teks Bernuansa Keagamaan", Mukaddimah J. Studi Islam, vol. 3, Dec 2018.

Kotler, N., Kotler, P., & Kotler, W, Museum Marketing and Strategy, San Francisco: Jossey-Bass, 2008.

Matitaputy, J, "Pentingnya Museum bagi Pelestarian Warisan Budaya dan Pendidikan dalam Pembangunan", J.Kapata Arkeologi. pp.38-46, May.2007.

Munandar et al, Sejarah Permuseuman di Indonesia, Jakarta: Direktorat Permuseuman, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, 2011.

Murzina, I, “Museum as Information and Communicative Educational Institution”, J.KnE Social Sciences. vol.4, pp.159-166, Sept.2020.

Ravelli, L. J, Museum Texts: Communication Frameworks, London: Routledge, 2005.

Wahyudin, Y. “Aplikasi Alur Cerita (Storyline) pada Tata Pemeran di UPTD Museum Kabupaten Subang”, J.Patanjala. vol. pp.449-458, Aug.2013.

Waridah, "Berkomunikasi dengan bahasa yang efektif dapat meningkatkan kinerja", J. Simbolika, vol. 2, Okt.2016.

Published

2024-07-23

How to Cite

[1]
P. Widya Hapsari, “Pengembangan Kompetensi SDM Museum Keris Nusantara (MKN) melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Storyline dan Caption Dwibahasa untuk Koleksi Masterpiece”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 247–255, Jul. 2024.

Issue

Section

Article