Pelatihan Membuat Instrument Penilaian Literasi Membaca Bahasa Inggris untuk Guru SMP Kabupaten Agam, Sumatra Barat

Authors

  • Lasito Lasito Universitas Negeri Jakarta
  • Hanip Pujiati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i1.4413

Keywords:

instrument, penilaian, literasi membaca, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penulisan butir soal untuk penilaian literasi membaca bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP Kabupaten Agam Sumatra Barat. Pelatihan ini didasari atas fenomena dihapuskannya ujian nasional untuk semua jenjang pendidikan. Dengan didesentralisasikannya penilaian akhir jenjang satuan pendidikan ke sekolah, menuntut kemampuan guru untuk dapat membuat perangkat penilaian yang valid. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru dapat menulis butir soal untuk keperluan penilaian literasi membaca jenjang SMP. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini melatih guru-guru untuk dapat memilih, memilah dan mereduksi teks otentik berbahasa Inggris yang selanjutnya digunakan sebagai teks acuan dalam penulisan butir soal. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah meninhkatnya kemampuan guru dalam membuat tes literasi membaca serta koleksi soal literasi membaca Bahasa Inggris SMP yang dapat digunakan bersama-sama oleh guru-guru Bahasa Inggris di kabupaten Agam untuk keperluan penilain peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780

. Arfah, M. A. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Jurnal Literasiologi, 7(2), 211–236. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.282

. Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

. Fitrawati, Refnaldi, dan Zainil (2022). Pelatihan penyusunan soal bahasa inggris berbasis high order thinking skills (hots) bagi guru bahasa inggris sekolah menengah atas (sma) di kota padang. Abdi Humaniora, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v3i2.116494.g106432

. Hamzah, A. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika.Jakarta: PT Raja Grafindo Perdada.

. Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Graham Ilmu.

. Permendikbud No.43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional.

. Kisi kisi soal Bahasa Inggris SMA/sederajat diunduh dari http//:www.puspendik.go.id tanggal 5 Juli 2020.

. Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis butir soal tipe multiple choice questions pada penilaian harian sekolah dasar. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2) 93-105. doi: https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6155

. Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2024-04-29

How to Cite

[1]
L. Lasito and H. Pujiati, “Pelatihan Membuat Instrument Penilaian Literasi Membaca Bahasa Inggris untuk Guru SMP Kabupaten Agam, Sumatra Barat”, j-dinamika, vol. 9, no. 1, pp. 165–170, Apr. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.