Pelatihan Membuat Instrument Penilaian Literasi Membaca Bahasa Inggris untuk Guru SMP Kabupaten Agam, Sumatra Barat
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i1.4413Keywords:
instrument, penilaian, literasi membaca, Bahasa InggrisAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penulisan butir soal untuk penilaian literasi membaca bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP Kabupaten Agam Sumatra Barat. Pelatihan ini didasari atas fenomena dihapuskannya ujian nasional untuk semua jenjang pendidikan. Dengan didesentralisasikannya penilaian akhir jenjang satuan pendidikan ke sekolah, menuntut kemampuan guru untuk dapat membuat perangkat penilaian yang valid. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru dapat menulis butir soal untuk keperluan penilaian literasi membaca jenjang SMP. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini melatih guru-guru untuk dapat memilih, memilah dan mereduksi teks otentik berbahasa Inggris yang selanjutnya digunakan sebagai teks acuan dalam penulisan butir soal. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah meninhkatnya kemampuan guru dalam membuat tes literasi membaca serta koleksi soal literasi membaca Bahasa Inggris SMP yang dapat digunakan bersama-sama oleh guru-guru Bahasa Inggris di kabupaten Agam untuk keperluan penilain peserta didik.
Downloads
References
. Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780
. Arfah, M. A. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Jurnal Literasiologi, 7(2), 211–236. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.282
. Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
. Fitrawati, Refnaldi, dan Zainil (2022). Pelatihan penyusunan soal bahasa inggris berbasis high order thinking skills (hots) bagi guru bahasa inggris sekolah menengah atas (sma) di kota padang. Abdi Humaniora, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v3i2.116494.g106432
. Hamzah, A. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika.Jakarta: PT Raja Grafindo Perdada.
. Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Graham Ilmu.
. Permendikbud No.43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional.
. Kisi kisi soal Bahasa Inggris SMA/sederajat diunduh dari http//:www.puspendik.go.id tanggal 5 Juli 2020.
. Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis butir soal tipe multiple choice questions pada penilaian harian sekolah dasar. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2) 93-105. doi: https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6155
. Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lasito Lasito, Hanip Pujiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.