Pemberdayaan Guru dan Siswa dalam Pelaksanaan SPAB untuk Meningkatkan Kemampuan Mitigasi Bencana Pergeseran Tanah di SMAN 1 Kembangbahu Lamongan
Keywords:
empowerment of teachers and students, disasters, spabAbstract
Situasi bencana alam secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor masyarakat, salah satunya sektor pendidikan. SMAN 1 Kembangbahu Lamongan menjadi salah satu sekolah yang terdampak bencana pergeseran tanah. Bencana ini menyebabkan banyak retakan pada bangunan sekolah, baik di dinding maupun lantai ruang kelas dan sepanjang koridor luar kelas. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain belum terdapat tim satuan tugas bencana di tempat mitra, pengetahuan dan keterampilan guru serta siswa tentang kebencanaan masih minim (kurang), aktivitas pembelajaran terganggu karena merasa tidak nyaman dan khawatir jika sewaktu-waktu bangunan sekolah roboh, dan mitra belum pernah terpapar pendidikan tentang kebencanaan sebelumnya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui 4 tahap, yaitu: 1) Pembentukan tim satuan tugas bencana di tingkat sekolah, 2) Pelatihan guru dan siswa tentang SPAB, 3) Pendampingan kepada guru dan siswa dalam melaksanakan SPAB di tingkat satuan pendidikan, dan 4) Evaluasi dan perumusan rencana tindak lanjut pada guru dan siswa tentang pelaksanaan program SPAB di tingkat satuan pendidikan. Luaran yang telah dihasilkan dari kegiatan ini adalah terbentuknya tim satuan tugas bencana di tingkat sekolah serta seluruh guru dan siswa yang tergabung dalam tim satuan tugas bencana memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan mitigasi bencana.
Downloads
References
Badan Penanggulangan Bencana Nasional, “Definisi Bencana.” [Online]. Available: https://bnpb.go.id/definisi-bencana#
D. Hermon, Geografi Bencana Alam. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, “Gerakan Tanah Indonesia: 2021 dan 2022.” [Online]. Available: https://vsi.esdm.go.id/index.php/kegiatan-pvmbg/kegiatan-diseminasi-informasi/3915-gerakan-tanah-indonesia--2021-dan-2022
T. Yanuarto, S. Pinuji, A. C. Utomo, and I. T. Satrio, Buku Saku: Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, Keempat. Jakarta: Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, 2019.
Redaksi, “Potensi Terjadinya Gerakan Tanah Bulan Agustus.” [Online]. Available: https://darilaut.id/berita/potensi-terjadinya-gerakan-tanah-bulan-agustus
A. Koswara et al., Pendidikan Tangguh Bencana: Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia. Jakarta: Seknas SPAB Kemdikbud, 2019.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamongan, “Data Desa Rawan Bencana di Kabupaten Lamongan 2022,” Lamongan, 2022.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Peran Besar Satuan Pendidikan dalam Kesiapsiagaan Bencana.” [Online]. Available: https://bnpb.go.id/berita/peran-besar-satuan-pendidikan-dalam-kesiapsiagaan-bencana
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
M. S. Dahlan, Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan Menggunakan SPSS, 5th ed. Jakarta: Salemba Medika, 2013.
F. N. Indriasari and P. D. Kusuma, “Peran Komunitas Sekolah terhadap Pengurangan Risiko Bencana di Yogyakarta,” Jurnal Perawat Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 395–401, 2020.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, “KBBI Daring,” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Accessed: Sep. 01, 2023. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengetahuan
Nursalam and S. Pariani, Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: CV Agung Seto, 2010.
S. Notoatmodjo, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
S. Zahara, “Peran Sekolah dalam Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Pencerahan, vol. 13, no. 2, 2019.
A. Koswara, A. Amri, F. K. Zainudin, I. Ngurah, J. Muzaki, and L. Muttmainnah, Pendidikan Tangguh Bencana: Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia. Jakarta: Seknas SPAB Kemdikbud, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fanni Okviasanti, Amellia Mardhika, Arina Qona’ah, Anestasia Pangestu Mei Tyas, Cucuk Rahmadi Purwanto, Susilo Harianto, Hafna Ilmy Muhalla, Abd. Nasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.