Keberhasilan Upaya Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Anggota KOPMU Daarut Tauhiid melalui Penerapan Social Entrepreneurship

Authors

  • Fatimah Zahra Nasution Universitas Siliwangi
  • Mrs. Heni Universitas Siliwangi
  • Mr. Iwan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.4489

Keywords:

taklim assembly, women’s financial independence, used cooking oil, butterfly pea flower, tempe, innovation

Abstract

Pemberdayaan ekonomi perempuan berfokus pada kemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol atas sumber daya produktif dan diakui sebagai partisipasi penuh pelaku ekonomi. Perempuan harus memiliki otonomi dan kepercayaan diri untuk melakukan perubahan kehidupan mereka sendiri, termasuk memiliki hak pilihan dan kekuasaan untuk menentukan keputusan, menikmati kesempatan yang berimbang dengan laki-laki dan mendapatkan kebebasan dari kekerasan. Proses pemberdayaan ekonomi perempuan dapat dilakukan melalui program kewirausahaan. Salah satu komunitas yang menjadi basis pemberdayaan ekonomi perempuan adalah para perempuan muslim anggota Koperasi Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (KOPMU-DT) yang tersebar di kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis. Melihat bagaimana pentingnya peran perempuan dalam pembangunan masyarakat produktif maka kegiatan “pemberdayaan ekonomi perempuan melalui social entrepreneurship” dapat menjadi solusi atas permasalahan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan mengenai wirausaha dan manajemen usaha. Setelah menganalisis permasalahan dan potensi mitra sasaran, program pemberdayaan ini dibagi menjadi dua, yakni: a) kegiatan penyuluhan kewirausahaan dan manajemen usaha, pelatihan pembuatan tempe, lilin aroma terapi dari limbah minyak jelantah, dan hidangan dessert berbahan bunga telang bagi anggota yang belum berwirausaha dan b) kegiatan penyuluhan manajemen usaha, workshop pemasaran dan manajemen keuangan usaha, serta kegiatan bazaar produk bagi anggota yang sudah berwirausaha. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha, manajemen usaha, dan keterampilan memproduksi barang sehingga terjadi peningkatan pendapatan dan tercapainya kemandirian ekonomi perempuan anggota KOPMU-DT Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Austin J, Stevenson H, Wei-Skillern J. Social and Commercial Entrepreneurship: Same, Different, or Both? Entrepreneurship Theory Practice. 2006;30(1):1–22.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP). 2012.

Gumusay AA. Entrepeneurship from an Islamic Perspective. Journal of Business Ethics. 2015;199–208.

Mair J, Marti I. Social Entreprenurship Research: A Source of Explanation, Prediction and Delight. Journal of World Business. 2006;41(1):36–44.

Nurhasanah N. Menumbuhkan Minat Menjadi Wirausaha Sosial pada Remaja Mata Kuliah Kewirausahaan Studi Kasus Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Forum Ilmu. 2018;15(2):253–9.

OXFAM. Oxfam’s Conceptual Framework on Women’s Economic Empowerment. 2017.

Sofia IP. Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) sebagai Gagasan Inovasi Sosial bagi Pembangunan Perekonomian. Jurnal Univ Pembangunan Jaya. 2015;2(2):1–22.

Sukmawati H, Nasution F.Z. Analisis Kelayakan Bisnis Syariah pada Usaha Mikro Tempe. Jurnal Ekonomi Syariah. 2019;4(1):38–48.

Sukmawati, H. Penetapan Strategi Saluran Distribusi. dalam buku: Suwandi, editor. Manajemen Pemasaran: Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 50. Purbalingga: Eureka Media Aksara; 2022.

Supeni RE, Sari MI. Upaya Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengembangan Manajemen Usaha Kecil (Studi Deskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-Ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan. 2011.

Suryanto A, Nasution F.Z. An Analytical Network Process of Financial Access of the Small and Medium Enterprise in Sharia Banking in Tasikmalaya City. International Journal of Nusantara Islam. 2015;3(2):19–26.

UNICEF. Building Back Better for Women and Girls in Indonesia: Unlocking Opportunities for Gender Equality in The Post-Covid-19 Recovery Agenda. https://www.unicef.org/indonesia/gender/reports/policy-brief-building-back-better-women-and-girls-indonesia. 2023.

UN WOMEN. Poverty Deepens for Women and Girls, According to Latest Projections. https://data.unwomen.org/features/poverty-deepens-women-and-girls-according-latest-projections.2022.

Published

2024-07-23

How to Cite

[1]
F. Z. Nasution, H. Sukmawati, and I. . Wisandani, “Keberhasilan Upaya Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Anggota KOPMU Daarut Tauhiid melalui Penerapan Social Entrepreneurship”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 256–266, Jul. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.