Penerapan Digital Pemasaran Pada UMKM Agroindustri Tempe Di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember
Application of Digital Marketing in Tempe Agroindustry SMEs In Arjasa District, Jember Regency
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3390Keywords:
Digital Markerting, UMKM Agroindustri Tempe, Media SosialAbstract
Pandemic Covid-19 yang telah melada dunia telah memberikan permasalahan dampak di berbagai kehidupan. Mulai dari kesehatan, sosial, hingga perekonomian. Penurunan pendapatan masyarat sangat berimbas pada sektor UMKM untuk dapat tumbuh, maka daripada itu tim dari Politeknik Negeri Jember mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berada pada UMKM Agroindustri tempe yang terletak di Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Kegiatan kali ini membantu mitra dalam rangka peningkatan pendapatan akibat Covid-19 yang melanda Indonesia. Maka daripada itu kegiatan ini berfokus pada pengenalan, penerapan dan pelaksanaan digital marketing. Hasil dari kegiatan ini mitra dapat menerapkan dan melaksanakan digital marketing sehingga berdampak pada naiknya pendapatan mitra, perubahan jalur distribusi dan jarak pemasaran yang semakin jauh dari lokasi mitra berproduksi.
Downloads
References
A. Yasin, Cara Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dan Dampaknya terhadap Perekonomian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2020.
I. K. S. dan Y. A. Hidayat Amir, Dwi Anggi Novianti, Rizki Saputri, Wignyo Parasian, Cara Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dan Dampaknya terhadap Perekonomian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2020.
Y. R. Pratiwi, “Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19,” Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2022.
A. A. Wiguna and L. C. Wiyono, “Penggunaan Teknologi Terapan Pada Umkm Tempe Di Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember,” Semin. Nas. Has. Pengabdi. Kpd. Masy. Penelit. Pranata Lab Pendidik. Tahun 2020, pp. 23–28, 2020.
S. Kusumastuti, S. Hadwi, and W. Sasono, “Penerapan Teknologi Wastafel Otomatis Dilengkapi Sensor Suhu Dan Audio Visual Sebagai Media Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di SD Islam Fitra Bhakti Banyumanik Semarang Application of Automatic Sink Technology Equipped with Temperature Sensors and ,” vol. 7, no. 1, pp. 71–74, 2022.
T. Suripto, “Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption,” JESI (Jurnal Ekon. Syariah Indones., vol. 8, no. 2, p. 120, 2019, doi: 10.21927/jesi.2018.8(2).120-128.
N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.
E. A. Sosiawan, “Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Interaksi dan Komunikasi di Kalangan Mahasiswa,” J. Ilmu Komun., vol. 9, pp. 60–75, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardhitya Alam, Rizal Perlambang CMAWP, Luluk Cahyo Wiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.