Penerapan Digital Pemasaran Pada UMKM Agroindustri Tempe Di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember

Application of Digital Marketing in Tempe Agroindustry SMEs In Arjasa District, Jember Regency

Authors

  • Ardhitya Alam Jurusan Manajemen Agribisnis Prodi Manajemen Agroindustry Politeknik Negeri Jember https://orcid.org/0000-0003-1544-7625
  • Rizal Perlambang CMAWP Politeknik Negeri jember
  • Luluk Cahyo Wiyono Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3390

Keywords:

Digital Markerting, UMKM Agroindustri Tempe, Media Sosial

Abstract

Pandemic Covid-19 yang telah melada dunia telah memberikan permasalahan dampak di berbagai kehidupan. Mulai dari kesehatan, sosial, hingga perekonomian. Penurunan pendapatan masyarat sangat berimbas pada sektor UMKM untuk dapat tumbuh, maka daripada itu tim dari Politeknik Negeri Jember mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berada pada UMKM Agroindustri tempe yang terletak di Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Kegiatan kali ini membantu mitra dalam rangka peningkatan pendapatan akibat Covid-19 yang melanda Indonesia. Maka daripada itu kegiatan ini berfokus pada pengenalan, penerapan dan pelaksanaan digital marketing. Hasil dari kegiatan ini mitra dapat menerapkan dan melaksanakan digital marketing sehingga berdampak pada naiknya pendapatan mitra, perubahan jalur distribusi dan jarak pemasaran yang semakin jauh dari lokasi mitra berproduksi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ardhitya Alam, Jurusan Manajemen Agribisnis Prodi Manajemen Agroindustry Politeknik Negeri Jember

Dosen PPNPN Jurusan Manajemen Agribisnis Prodi Agroindustri Politeknik Negeri Jember

References

A. Yasin, Cara Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dan Dampaknya terhadap Perekonomian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2020.

I. K. S. dan Y. A. Hidayat Amir, Dwi Anggi Novianti, Rizki Saputri, Wignyo Parasian, Cara Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dan Dampaknya terhadap Perekonomian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2020.

Y. R. Pratiwi, “Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19,” Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2022.

A. A. Wiguna and L. C. Wiyono, “Penggunaan Teknologi Terapan Pada Umkm Tempe Di Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember,” Semin. Nas. Has. Pengabdi. Kpd. Masy. Penelit. Pranata Lab Pendidik. Tahun 2020, pp. 23–28, 2020.

S. Kusumastuti, S. Hadwi, and W. Sasono, “Penerapan Teknologi Wastafel Otomatis Dilengkapi Sensor Suhu Dan Audio Visual Sebagai Media Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di SD Islam Fitra Bhakti Banyumanik Semarang Application of Automatic Sink Technology Equipped with Temperature Sensors and ,” vol. 7, no. 1, pp. 71–74, 2022.

T. Suripto, “Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption,” JESI (Jurnal Ekon. Syariah Indones., vol. 8, no. 2, p. 120, 2019, doi: 10.21927/jesi.2018.8(2).120-128.

N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

E. A. Sosiawan, “Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Interaksi dan Komunikasi di Kalangan Mahasiswa,” J. Ilmu Komun., vol. 9, pp. 60–75, 2011.

Published

2023-04-28

How to Cite

[1]
Ardhitya Alam, R. Perlambang CMAWP, and L. Cahyo Wiyono, “Penerapan Digital Pemasaran Pada UMKM Agroindustri Tempe Di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember: Application of Digital Marketing in Tempe Agroindustry SMEs In Arjasa District, Jember Regency ”, j-dinamika, vol. 8, no. 1, pp. 5–10, Apr. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.