Strategi Pemasaran Ikan dengan Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Ikan Berbasis Web di Desa Rejosari Kabupaten Lamongan

Fish Marketing Strategy by Creating a Web-Based Fish Marketing Information System in Rejosari Village, Lamongan Regency

Authors

  • Mohammad Robihul Mufid Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Zulfian Nafis
  • Arif Basofi
  • Saniyatul Mawaddah
  • Yunia Ikawati
  • Arna Fariza
  • Rosiyah Faradisa
  • Darmawan Aditama
  • Sritrusta Sukaridhoto
  • Much Chafid
  • Muhammad Turmudzi
  • Agus Wibowo
  • Pratama Eskaluspita
  • Novita Putri Lestari
  • Yesta Medya Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.5193

Keywords:

Fish Sales System, Web, Operational Efficiency, Rejosari Village

Abstract

Salah satu desa penghasil ikan di Lamongan terletak di desa Rejosari kecamatan Deket. Para pembudidaya ikan sering kali mengalami kesulitan didalam melakukan penjualan ikan dengan harga yang pantas. Selain itu juga terdapat permasalahan lain yang dialami oleh pelaku usaha perikanan dan pembeli ikan dalam mengakses informasi yang diperlukan terkait dengan jenis ikan, stok, harga, dan lokasi pemasaran. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penjualan ikan berbasis web di desa Rejosari yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara pedagang dan konsumen serta efisiensi operasional dalam industri perikanan. Pengembangan platform ini memungkinkan pedagang untuk memasarkan dan menjual produk ikan secara daring, serta memberikan kemudahan dan keamanan bagi konsumen dalam melakukan pembelian ikan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung ke masyarakat dan perangkat desa Rejosari. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai sistem informasi penjualan ikan berbasis web. Hasil dari sosialisasi dan implementasi sistem, masyarakat dipermudah didalam melakukan penjualan ikan dan pembelian ikan, serta bisa melihat jenis ikan, stok, dan harga yang lebih akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Nurkasanah, Q. S. Alami, E. R. Mahendrawathi, R. Indraswari, R. P. Wibowo, & R. Lakoro, “Platform KnowledgeBased Website untuk Meningkatkan Visibilitas UMKM di Sektor Perikanan”, Sewagati, Vol. 7, No. 3, pp. 306-318, 2023.

A. Alfiah, & D. Damayanti, “Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran)”, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 1, pp. 111-117, 2020

A. Arfilinia, V. Balqis, W. Wikusna, & E. Hernawati, “Aplikasi Marketplace Hasil Pertanian (modul Pembeli Dan Pengiriman)”. eProceedings of Applied Science, Vol. 7, No. 5, 2021.

M. D. J. Darma, I. N. Piarsa, D. M. S. Arsa, & N. P. Sutramiani, “Aplikasi Marketplace Dengan Fitur Sistem Informasi Geografis”, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, Vol. 1, No. 2, pp. 133-142, 2020.

I. Klara, B. Butar, and A. Yoraeni, "Analisis Kualitas Website Po. Agramas Menggunakan Metode Pieces," Indones. J. Netw. Secur., vol. 11, no. 2, pp. 77–84, 2022.

Y. Syafitri, A. Prasetyo, & R. Astika, “Sistem Informasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Web Pada Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah,” Jurnal Informasi Dan Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 124-134, 2021.

M. R. Mufid, M. B. Setiawan, A. Basofi, S. Mawaddah, Y. Ikawati, A. Fariza, ... & F. A. Damastuti, “Perancangan dan Pembuatan Pembelajaran Daring (E-Learning) Pada Sekolah Menengah Pertama 1 Tarik Sidoarjo”, J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 8, No.3, pp. 397-404, 2023.

Published

2024-08-30

How to Cite

[1]
M. R. Mufid, “Strategi Pemasaran Ikan dengan Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Ikan Berbasis Web di Desa Rejosari Kabupaten Lamongan: Fish Marketing Strategy by Creating a Web-Based Fish Marketing Information System in Rejosari Village, Lamongan Regency”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 373–381, Aug. 2024.

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)