Optimalisasi Promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Spanduk Informasi

The Optimization of Promotion for Wana Wisata Kampoeng Ciherang through the Utilization of Social Media Platforms and Informational Banners

Authors

  • Endah Djuwendah Padjadjaran University
  • Tuti Karyani Universitas Padjadjaran
  • Elly Rasmikayati Universitas Padjadjaran
  • O Hasbiansyah Universitas Islam Bandung
  • Ulya Rahmah Universitas Ma'soem

Keywords:

promotion, Wana Wisata Kampoeng Ciherang, social media, informational banners

Abstract

Wana Wisata Kampoeng Ciherang, yang terletak di Desa Cijambu, Sumedang, memiliki potensi wisata alam yang menarik, namun kunjungan wisatawan masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui pemanfaatan media sosial dan pemasangan spanduk informasi. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan partisipatif, yang meliputi observasi, wawancara, penyuluhan, pembuatan konten digital, serta pemasangan spanduk informasi (baliho). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok, dengan konten menarik yang menampilkan keindahan alam dan fasilitas, berhasil menarik perhatian audiens dan meningkatkan visibilitas destinasi. Selain itu, pemasangan baliho yang lebih informatif di titik strategis juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan Wana Wisata Kampoeng Ciherang. Evaluasi terhadap interaksi media sosial dan respons masyarakat menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung setelah promosi dilakukan. Kesimpulannya, kombinasi antara promosi digital dan pemasaran tradisional melalui baliho dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan jumlah pengunjung dan pengembangan ekonomi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Sutiyadi and I. S. Djunaid, "Pengaruh Daya Tarik Objek Wisata terhadap Minat Berkunjung di Gunung Geulis Camp Area Bogor," Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. 06, no. 03, pp. 1214-1228, 2024.

[2] M. Aliani and S. Dewi, "Analisis Strategi Promosi dan Pelayanan Wisata Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dipantai Muaro Sasak dalam Perspektif Etika Bisnis Islam," JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 03, no. 03, pp. 636-649, Maret 2025.

[3] R. M. Ritonga and C. C. Halim, "Strategi Pengembangan KampungWisataTematikDanau Kalpataru sebagai Wisata Urban NatureBerbasis Partisipasi Masyarakat di Banjar Wijaya, Tangerang," JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), vol. 08, no. 02, pp. 2006-2013, Februari 2025.

[4] N. F. A. Muhtadi, "Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Memanfaatkan Potensi Lokal(Studi Kasus Pokdarwis Situ Pengasinan Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok)," Jurnal At-Taghyir, vol. 04, no. 01, pp. 93-116, 2021.

[5] S. Romdona, S. S. Junista and A. Gunawan, "Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner," JISO SEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, vol. 03, no. 01, pp. 39-47, 2025.

[6] M. Rosaliza, "Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif," Jurnal Ilmu Budaya, vol. 11, no. 02, pp. 71-79, Februari 2015.

[7] N. I. Sari, S. Engkeng and A. Rahman, "Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik Tentang Bahaya Minuman Keras di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kalasey Kabupaten Minahasa," KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, vol. 10, no. 05, pp. 46-53, 2021.

[8] Vianika and R. Santhi, "Pelatihan Pembuatan Konten Promosi Menggunakan Komunikasi Kreatid di Media Sosial Instagram," Jurnal PKM Nusantara, vol. 02, no. 01, pp. 187-201, 2025.

[9] Kurniawan, Ramdhan, F. Iriani, A. Parantika and O. B. Putra, "Pengaruh Brand Awareness dan Product Excellence, Marketing Digital Terhadap Minat Berkunjung pada Pengunjung Desa Wisata Waerebo," INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 04, no. 01, pp. 7316-7328, 2024.

[10] A. Juwita and Y. Luqman, "EventSukaria Race 2024 untuk Meningkatkan Brand AwarenessBersukaria Tour Organizer di Kota Semarang sebagai Media Planner, Social Media Specialist, dan Finance Manager," Interaksi Online, vol. 13, no. 02, pp. 81-97, 2025.

Published

2025-04-28

How to Cite

[1]
E. Djuwendah, T. Karyani, E. Rasmikayati, O. Hasbiansyah, and U. Rahmah, “ Optimalisasi Promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Spanduk Informasi: The Optimization of Promotion for Wana Wisata Kampoeng Ciherang through the Utilization of Social Media Platforms and Informational Banners”, j-dinamika, vol. 10, no. 1, pp. 181–187, Apr. 2025.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.