Pelatihan News Reading dan Story Telling untuk English Club di SMAN Kalisat
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.449Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa di SMAN Kalisat. English Club (English Conversation Club) menjadi salah satu pilihan untuk dapat mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Akan tetapi prestasi yang selama ini diperoleh belum memuaskan. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk memberikan pelatihan news reading dan story telling bagi anggota EEC dengan harapan akan dapat meningkatkan prestasi. Luaran yang diharapkan yaitu adanya satu divi khusus yang melatih siswa dengan teknik-teknik berkomunikasi sebagai news reader dan story teller yang unggul. Metode yang dilakukan dengan studi pendahuluan, pelatihan intensif, dan evaluasi. Dari hasil dan pembahasan diperoleh data tentang jumlah anggota 50 siswa kelas X dan XI, minat siswa yang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan kendala-kendala seperti belum adanya sekertariat khusus dan fasilitas yang sesuai. Walaupun demikian penulis menyarankan agar target dapat tercapai sekolah dapat menyediakan sarana yang memadai dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ini.
Downloads
References
E. S. Wahyuni, “Improving Language Skills Through Storytelling for Intermediate Level Students,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika dan Bahasa Inggris, Surabaya, 2014.
I. Nurendah, W. Ananthia, & H. Windayana, “Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Keterampilan Reading Comprehension,” Antalogi, Vol...., Nomor...., Juli, 2015.
J. N. Iman, “A Quasi-Experimental Study on Using Short Stories to Improve the Speaking ang Writing Achievement of the Undergraduate Students of Urban and Regional Planning Study Program of Indo Global Mandiri University,” Proceeding The 62nd TEFLIN International Conference 2015, p. 572.
R. D. Septanti, I. Ghozali, & H. Robiasih, “ Developing Students’ Speaking Competence through Storytelling at the Second Grade Students of SMK 1 Magelang in Academic Year 2013/2014,” dalam Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Perspektif Ideologi, Ekologi, dan Multikulturalisme. Pusat Bahasa Universitas Tidar, Balai Bahasa Jawa Tengah, HISKI Komisariat Kedu, 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Titik Ismailia, Vigo Dewangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.