Pelatihan News Reading dan Story Telling untuk English Club di SMAN Kalisat

Authors

  • Titik Ismailia
  • Vigo Dewangga

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.449

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa di SMAN Kalisat. English Club (English Conversation Club) menjadi salah satu pilihan untuk dapat mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Akan tetapi prestasi yang selama ini diperoleh belum memuaskan. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk memberikan pelatihan news reading dan story telling bagi anggota EEC dengan harapan akan dapat meningkatkan prestasi. Luaran yang diharapkan yaitu adanya satu divi khusus yang melatih siswa dengan teknik-teknik berkomunikasi sebagai news reader dan story teller yang unggul. Metode yang dilakukan dengan studi pendahuluan, pelatihan intensif, dan evaluasi. Dari hasil dan pembahasan diperoleh data tentang jumlah anggota 50 siswa kelas X dan XI, minat siswa yang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan kendala-kendala seperti belum adanya sekertariat khusus dan fasilitas yang sesuai. Walaupun demikian penulis menyarankan agar target dapat tercapai sekolah dapat menyediakan sarana yang memadai dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. S. Wahyuni, “Improving Language Skills Through Storytelling for Intermediate Level Students,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika dan Bahasa Inggris, Surabaya, 2014.

I. Nurendah, W. Ananthia, & H. Windayana, “Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Keterampilan Reading Comprehension,” Antalogi, Vol...., Nomor...., Juli, 2015.

J. N. Iman, “A Quasi-Experimental Study on Using Short Stories to Improve the Speaking ang Writing Achievement of the Undergraduate Students of Urban and Regional Planning Study Program of Indo Global Mandiri University,” Proceeding The 62nd TEFLIN International Conference 2015, p. 572.

R. D. Septanti, I. Ghozali, & H. Robiasih, “ Developing Students’ Speaking Competence through Storytelling at the Second Grade Students of SMK 1 Magelang in Academic Year 2013/2014,” dalam Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Perspektif Ideologi, Ekologi, dan Multikulturalisme. Pusat Bahasa Universitas Tidar, Balai Bahasa Jawa Tengah, HISKI Komisariat Kedu, 2016

Published

2017-06-30

How to Cite

[1]
T. Ismailia and V. Dewangga, “Pelatihan News Reading dan Story Telling untuk English Club di SMAN Kalisat”, j-dinamika, vol. 2, no. 1, pp. 31–34, Jun. 2017.

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)