INOVASI PENINGKATAN EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN DENGAN PENAMBAHAN TABUNG INDUKSI (Studi Kasus Sepeda Motor Matic 113cc)

Authors

  • Andik Irawan
  • Dicky Adi Tyagita

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.290

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya maka jumlah penggunaan bahan bakar fosil juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan penambahan tabung induksi dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sepeda motor matik 113 cc dibandingkan tanpa penambahan tabung induksi. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dynotest dengan interface SP1/V4, software Sportdyno V3.3. Setelah melakukan pengujian menggunakan dynotes didapat bahwa dengan penambahan tabung induksi udara terbukti dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar pada sepeda motor matik 113 cc dibandingkan nilai konsumsi bahan bakar dalam keadaan standart pabrikan. Nilai konsumsi bahan bakar pada sepeda motor matik 113 cc tanpa penambahan tabung induksi nilai konsumsi bahan bakar yang terendah tercapai pada volume tabung induksi 125 cc yaitu mencapai 0,050 Kg/HP.jam. Peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar sepeda motor matik 113 cc tertinggi terjadi pada variasi volume tabung induksi 125 cc yaitu sebesar 34,07 % dibandingkan nilai konsumsi bahan bakar dalam keadaan standart pabrikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2016. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2013.http://www.bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/1413. Diakses 9 Februari 2016

Munazar, A. H., Zulfah dan Farid, A. 2012. Analisa Pemakaian Vacuum Tube Pada Intake Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang.Jurnal Universitas Pancasakti Tegal.

Riza, A. dan Darmawan, S. 2009. Kajian Karakteristik Motor Otto Satu Silinder-Empat Langkah Dengan Variasi Excess Air. Jurnal Nasional Thermofluid ISBN 978-979-97986-4-0 pp. 191-195

R K Mandloi dan A Rehman, 2010. Long Term Continuous Use Of Auto- LPG Causes Thermal Pitting In Automotive S.I. Engine Parts.International Journal of Engineering Science and Technology Vol. 2(10), 2010, 59075911

Supratman, J., Wardono, H. dan Susila, M. D. 2013. Pengaruh Penggunaan Tabung Induksi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bensin 4 Langkah. Jurnal FEMA Vol. 1 No. 3 Edisi Juli.

Van Basshuysen, R. dan Schafer, F. 2006. Internal Combustion Engine Handbook: Basics, Components, Systems, and Perspectives. Vol. 345 dari R: Society of Automotive Engineers, SAE Internasional 2004 ISBN 0768011396.

Willard,W. Pulkrabek. Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. New Jersey.Hal. 229.

Published

2016-12-28

How to Cite

Irawan, A., & Tyagita, D. A. (2016). INOVASI PENINGKATAN EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN DENGAN PENAMBAHAN TABUNG INDUKSI (Studi Kasus Sepeda Motor Matic 113cc). Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(2). https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.290

Issue

Section

Article