INOVASI PENINGKATAN EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN DENGAN PENAMBAHAN TABUNG INDUKSI (Studi Kasus Sepeda Motor Matic 113cc)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.290Abstract
Semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya maka jumlah penggunaan bahan bakar fosil juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan penambahan tabung induksi dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sepeda motor matik 113 cc dibandingkan tanpa penambahan tabung induksi. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dynotest dengan interface SP1/V4, software Sportdyno V3.3. Setelah melakukan pengujian menggunakan dynotes didapat bahwa dengan penambahan tabung induksi udara terbukti dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar pada sepeda motor matik 113 cc dibandingkan nilai konsumsi bahan bakar dalam keadaan standart pabrikan. Nilai konsumsi bahan bakar pada sepeda motor matik 113 cc tanpa penambahan tabung induksi nilai konsumsi bahan bakar yang terendah tercapai pada volume tabung induksi 125 cc yaitu mencapai 0,050 Kg/HP.jam. Peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar sepeda motor matik 113 cc tertinggi terjadi pada variasi volume tabung induksi 125 cc yaitu sebesar 34,07 % dibandingkan nilai konsumsi bahan bakar dalam keadaan standart pabrikan.Downloads
References
Badan Pusat Statistik. 2016. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2013.http://www.bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/1413. Diakses 9 Februari 2016
Munazar, A. H., Zulfah dan Farid, A. 2012. Analisa Pemakaian Vacuum Tube Pada Intake Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang.Jurnal Universitas Pancasakti Tegal.
Riza, A. dan Darmawan, S. 2009. Kajian Karakteristik Motor Otto Satu Silinder-Empat Langkah Dengan Variasi Excess Air. Jurnal Nasional Thermofluid ISBN 978-979-97986-4-0 pp. 191-195
R K Mandloi dan A Rehman, 2010. Long Term Continuous Use Of Auto- LPG Causes Thermal Pitting In Automotive S.I. Engine Parts.International Journal of Engineering Science and Technology Vol. 2(10), 2010, 59075911
Supratman, J., Wardono, H. dan Susila, M. D. 2013. Pengaruh Penggunaan Tabung Induksi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bensin 4 Langkah. Jurnal FEMA Vol. 1 No. 3 Edisi Juli.
Van Basshuysen, R. dan Schafer, F. 2006. Internal Combustion Engine Handbook: Basics, Components, Systems, and Perspectives. Vol. 345 dari R: Society of Automotive Engineers, SAE Internasional 2004 ISBN 0768011396.
Willard,W. Pulkrabek. Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. New Jersey.Hal. 229.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).