KARAKTERISTIK KEPEKATAN ASAP (OPACITY) MOTOR DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN CATALYTIC CONVERTER ALUMINIUM
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v16i3.315Abstract
Jumlah penggunaan kendaraan bermotor yang terus bertambah untuk membantu dan memperlancar segala aktifitas manusia. Disisi lain kendaraan bermotor merupakan penyebab salah satu pencemar polusi udara terbesar. Dengan regulasi yang dikeluarkan pemerintah tentang standar emisi gas buang, maka perusahaan otomotif harus memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang. Sehingga teknologi catalytic converter dijadikan salah satu solusi tepat untuk mengontrol dan mengurangi gas buang dari mesin kendaraan. Dalam proses pembakaran bahan bakar dan udara selain entalpi, produk sisa pembakaran yaitu emisi atau polutan CO,CO2, NOx, HC, jelaga atau asap dan unsur – unsur lain yang dapat mencemari lingkungan dan dapat membahayakan kesehatan manusia. Pada motor diesel menghasilkan jelaga dan polutan gas NOx lebih banyak daripada motor bensin, namun menghasilkan CO2 lebih rendah. Dengan adanya catalytic converter berkatalis aluminium berlubang dan bersekat glaswool yang dipasang pada sistem exhaust manifold atau knalpot motor diesel dapat mengurangi emisi gas buang berupa asap hitam atau jelaga. Pengujian penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan membandingkan data gas buang yang dihasilkan motor diesel pada sistem exhaust manifold baik yang menggunakan maupun tanpa catalytic converter katalis aluminium berlubang. Pengambilan data dilakukan dikondisikan pada temperatur ruang saat pengujian. Pengujian dimulai pada putaran mesin diesel 1500 RPM sampai 2700 RPM dengan kenaikan putaran tiap 300 RPM. Hasil penggunaan catalytic converter sangat efektif dalam mengurangi kepekatan asap atau opacity dari motor diesel secara keseluruhan rata – rata sebesar 32,8 %.
Downloads
References
Arismundandar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak edisi kelima. Penerbit ITB. Bandung
Bennett, Sean. 2012. Modern Diesel Technology : Light Duty Diesels. Delmar : Cangage Learning. Clifton Park – New York USA.
Faiz, Asif. 1996. Air Pollution From Motor Vehicles. The World Bank Washinton, DC. USA.
Heywood, J. 2010. Internal Combustion Engine Fundamentals, MCGraw Hill.
Mokhtar, Ali. 2014. Catalityc Converter Jenis Katalis Plat Tembaga Berbentuk Sarang Lebah Untuk Mengurangi Emisi Kendaraan Bermotor.Jurnal GAMMA Universitas Muhammadiyah Malang. Vol. 10, Nomor 1. September 2014.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 05 tahun 2006.
Veeraragavan, V.2013. Fabrication and Testing of a Catalytic Convertor. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM). ISSN 2319 – 4847 (Online). Volume 2, Issue 11, November 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).