ERROR ANALYSIS TERHADAP KARANGAN NARASI MAHASISWA SEMESTER 3 JURUSAN BAHASA,KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v14i3.40Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan- kesalahan umum pada karangan narasi yang dibuat mahasiswa bahasa Inggris semester 3 pada Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk kemudian diambil kesimpulannya. Penelitian ini penelitian populasi dikarenakan obyek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan bahasa, Komunikasi dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember Angkatan Tahun 2011-2012 yang berjumlah 32 orang. Sedangkan instrumen untuk pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah take home assignment yang berupa karangan narasi mahasiswa dengan topic vocation yang terjadi di masa lalu sehingga menerpkan kaidah masa lampau (past tense). Prosedur aanalisis kesalahan dengan menggunakan tahapan-tahapan. 1. Collecting errors data, 2. Identifying error data, 3. Classifying errors data, dan 4, evaluating errors data atu analisis error data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quantitative statistical. Analisa ini menghitung prosentase kesalahan –kesalahan yang dibuat mahasiswa dalam karanagan narasinya.Dari hasil penelitian ditemukan kesalahan-kesalan yang dibuat mahasiswa dalam karangan narasinya sebanyak 137, yang meliputi ommision 23%, Double Marking 17%, regulation/overgeneralization 4%, misformation 27%, archiform 9%, misordering 6%, kategori penggunaan kata sandang 8% dan interlingual errors 6%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan yang paling banyak dibuat mahasiswa adalah kesalahan intralingual, yaitu kesalahan yang berkaitan dengan kompeten mahasiswa yang dikarenakan ketidakmampuannya dikarenakan oleh kerumitan bahasa target tersebut. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini, peneliti dapat memberi saran pada pengajar bahasa Inggris untuk mengajarkan bahasa Inggris tidak hanya dengan penjelasan-penjelasan saja, tetapi harus digabungkan dengan metode comunicative and experiences pada siatuasi pembelajar bahasa target.
Downloads
References
Ali, Muhammad. 1987. Penelitian Pendidikan: Prosedur dan Strategi, Bandung: PT. Angkasa
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Adi Mahasatya.
Brown, H. D. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. Prentice Hall, inc. Englewood Clifffs: New Jersey.
Burt, M.K, and Carol Kiparsky. 1972. The Gooficon: A Repair Manual for English. Massachussets : Newbury House Publishers, Rowley.
Dulay, Heidi, Marina Burt dan Stephen Krashen. 1982. Language two.New York: Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).