PENGARUH SIKAP, MOTIVASI dan METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MKDU BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.7Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi di lapangan sepert 1. Sikap mahasiswa terhadap Mata kuliah dasar Umum Bahasa Inggris, 2. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa, 3. Kurangnya keikut sertaan mahasiswa dalam proses belajar mengakjar MKDU Bahasa Inggris, 4. Metode mengajar yang digunakan dosen belum dapat membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, motivasi dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak proporsional random sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara sikap, motivasi dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Besar pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar adalah 34%, motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 31% dan metode mengajar terhadap hasil belajar adalah 5%. Sisanya yaitu sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti dari faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan kampus dan faktor lingkungan masyarakat yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Downloads
References
Ali, Muhammad. 1987. Penelitian
Pendidikan: Prosedur dan Strategi,Bandung: PT. Angkasa
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Adi Mahasatya.
Brown, H. D. 2000. Principles of Language
Learning and Teaching. Prentice Hall, inc. Englewood Clifffs: New Jersey.
Kachru, B.B. 1986. The Power and Politics
of English. World Englishes, 1986, 2(3), 121-40
Makmun,Abin Syamsuddin. (2007). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Mc Donough, J. I. 1984, ESP in Perspective: A Practical Guide. London: Hazell Watson and Viney Limited.
Sofendi, 2003, ELT vs ESP. Makalah disajikan dalam forum HEDS di niversitas Jambi pada tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2003
Suryabrata Sumadi .Psikology Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada . 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).