PENGARUH SIKAP, MOTIVASI dan METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MKDU BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Authors

  • Cholimatus Zuhro

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.7

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang terjadi di lapangan sepert 1. Sikap mahasiswa terhadap Mata kuliah dasar Umum Bahasa Inggris, 2. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa, 3. Kurangnya keikut sertaan mahasiswa dalam proses belajar mengakjar MKDU Bahasa Inggris, 4. Metode mengajar yang digunakan dosen belum dapat membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, motivasi  dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini  adalah 80 mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak proporsional random sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara sikap, motivasi dan metode mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata Kuliah dasar Umum Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Besar pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar adalah 34%, motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 31% dan metode mengajar terhadap hasil belajar adalah 5%. Sisanya yaitu sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti dari faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan kampus dan faktor lingkungan masyarakat yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 1987. Penelitian

Pendidikan: Prosedur dan Strategi,Bandung: PT. Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Adi Mahasatya.

Brown, H. D. 2000. Principles of Language

Learning and Teaching. Prentice Hall, inc. Englewood Clifffs: New Jersey.

Kachru, B.B. 1986. The Power and Politics

of English. World Englishes, 1986, 2(3), 121-40

Makmun,Abin Syamsuddin. (2007). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Mc Donough, J. I. 1984, ESP in Perspective: A Practical Guide. London: Hazell Watson and Viney Limited.

Sofendi, 2003, ELT vs ESP. Makalah disajikan dalam forum HEDS di niversitas Jambi pada tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2003

Suryabrata Sumadi .Psikology Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada . 2004

Published

2016-06-30

How to Cite

Zuhro, C. (2016). PENGARUH SIKAP, MOTIVASI dan METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MKDU BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(1). https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.7

Issue

Section

Article