ANALISIS SELF ESTEEM DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA BAHASA INGGRIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PROGRAM UNGGULAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v15i1.62Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi pada era global, kebutuhan akan penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional semakin meningkat. Merespon kondisi tersebut, Politeknik Negeri Jember (POLIJE) membekali lulusannya dengan keterampilan yang tidak hanya berkaitan dengan disiplin ilmu, tetapi juga dengan keterampilan berbahasa Inggris. Namun, sejauh ini tingkat keterampilan berbahasa Inggris para lulusan POLIJE belum memuaskan. Dua faktor yang diduga memberikan kontribusi antara lain self esteem dan persepsi mahasiswa pada Bahasa Inggris. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti bermaksud menguji apakah terdapat pengaruh self esteem dan persepsi mahasiswa pada Bahasa Inggris baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel bebas, dan tes international TOEIC untik variabel terikat dari 50 sampel yang diambil secara acak. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Dari analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh dari self esteem terhadap kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari self esteem dan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa POLIJE dalam rangka menuju world class university.
Downloads
References
Anonymous. Persepsi: Pengertian, Definisi, dan Faktor yang Mempengaruhi. http://bahasa.kompasiana.com/2013/10/20/persepsi-pengertian-definisi-dan-factor-yang-mempengaruhi-600802.html . 2013
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Cherry, Kendra. What Is Self-Esteem?. http://psychology.about.com/od/sindex/f/what-is-self-esteem.htm. 2013.
Edge, Julian. Essentials of English Language Teaching. New York: Longman, 1999.
Jacobalis, Samsi. Beberapa Teknik Dalam Manajemen Mutu., Universitas Gajahmada, Yogyakarta, 2000.
Khairiyah, Siti.,dkk. Korelasi antara perilaku bullying dan Tingkat SelfEsteem pada Pelajar Dua Buah SMPN di Surabaya. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/PERILAKU%20BULLYING-%20%20DAN%20TINGKAT%20SELF-ESTEEM_Khairiah.pdf. 2012
Mellia, Christia. “Inner Voice dan Self-Esteemâ€. MAKARA, Sosial Humaniora, Vol. 11, No. 1, Juni 2007: 37-41
Muntamah, Ummu.,dkk. “Persepsi Mahasiswa Tentang Mutu Pelayanan Pendidikan dan Motivasi Mengikuti Proses Belajar Mengajarâ€. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 7 / No. 2 / Agustus 2012
Prasetya, Veronika.,dkk. “Peran Kepuasan Kerja, Self Esteem, Self Efficacy terhadap Kinerja Individual. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JRMA); Vol. 1 No. 1, Februari 2013
Riksayustiana, Yusi.,dkk. Self Esteem. 2008
Schacter, Daniel. Psychology. Worth Publishers. 2011.
Schunk,et.al. translated by Tjo, Ellys. 2012. Motivation in Education, New Jersey: Pearson Education, Inc., 2008
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.
Thanasoulas, Dimitrios. “What is Learner Autonomy and How Can It Be Fostered?â€, The Internet TESL Journal. 2008. http://iteslj.org/Articles/Thanasoulas-Autonomy.html.
Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc., 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).