PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v13i1.63Abstract
Kemandirian belajar mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa perlu ditumbuhkan dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penciptaan kondisi lingkungan yang kondusif dan peningkatan motivasi. Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan dan motivasi baik secara parsial maupun secara serempak terhadap kemandirian belajar mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Sampel diambil dengan teknik sampling acak bertingkat. Â Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk ketiga variabel yang telah dikalibrasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran secara umum dari hasil penelitian. Analisis inferensial dilakukan untuk meguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi baik secara parsial maupun berganda pada taraf sinifikansi 5%. Analisis data dalam penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari kondisi lingkungan terhadap kemandirian belajar mahasiswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi terhadap kemandirian belajar mahasiswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara serempak dari kondisi lingkungan dan motivasi terhadap kemandirian belajar mahasiswa.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Aisyiyah, Siti. â€Kemandirian Belajar dan Hubungannya dengan Lingkungan Belajar serta Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Ilmiah Inovasi,Vol.12, No.3 Edisi: September - Desember 2012. Jember: Politeknik Negeri Jember, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Edge, Julian. Essentials of English Language Teaching. New York: Longman, 1999.
Damanik, Caroline. Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia. Kompas.Com, 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2000.
Hartoto. Pengertian dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2008. http://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/11/bab-ii-pengertian-dan-unsur-unsur-pendidikan/.
Keller, John M. and Brenda C.Litchfield. “Motivation and Performanceâ€, In Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New Jersey: Pearson Education, Inc., 2002.
Kotze, Robin Stuart. Motivation Theory. 2008. http://www.goal-setting-guide.com/motivation-theory.html.
Little, David. “Learner Autonomy and Second/Foreign Language Learningâ€. Subject Centre for Languages, Linguistics, and Area Studies. 2008. http://lang.ltsn.ac.uk/resources/goodpractice.aspx?resourceid=1409.
Moore, Kenneth D. Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. California: Sage Publication, Inc., 2005.
Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurrahman. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Olivier, Carolyn and Rosemary F. Bowler. Learning to Learn. New York: Fireside, 1996
Rasyid, Fathor. “Strategy Training for Learner Autonomy: Language Planning and Policy Perspectiveâ€. International Journal of Education. Vol.2,No.1,November 2007. Bandung: UPI, 2007.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Sardiman, A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.
Shadiq, Fadjar. Memupuk Kemandirian Sebagai Strategi Pengembangan Kepribadian. 2008. http://www.acehrecoveryforum.org/library/ download.php?file=Memupuk%20Kemandirian%20Sebagai%20Strategi%20Pengembangan%20Kepribadian.pdf.
Soedijarto. Pendidikan Nasional sebagai Proses Transformasi Budaya. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.
Thanasoulas, Dimitrios. “What is Learner Autonomy and How Can It Be Fostered?â€, The Internet TESL Journal. 2008. http://iteslj.org/Articles/Thanasoulas-Autonomy.html.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISIKNAS. Bandung: Citra Umbara, 2006.
Wenden, Anita. Learner Strategies for Learner Autonomy. Cambridge: Prentice Hall International (UK) Ltd., 1991.
Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc., 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).