PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Authors

  • Siti Aisyiyah

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v13i1.63

Abstract

Kemandirian belajar mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa perlu ditumbuhkan dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penciptaan kondisi lingkungan yang kondusif dan peningkatan motivasi. Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan dan motivasi baik secara parsial maupun secara serempak terhadap kemandirian belajar mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Sampel diambil dengan teknik sampling acak bertingkat.  Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk ketiga variabel yang telah dikalibrasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran secara umum dari hasil penelitian. Analisis inferensial dilakukan untuk meguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi baik secara parsial maupun berganda pada taraf sinifikansi 5%. Analisis data dalam penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari kondisi lingkungan terhadap kemandirian belajar mahasiswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi terhadap kemandirian belajar mahasiswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara serempak dari kondisi lingkungan dan motivasi terhadap kemandirian belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Aisyiyah, Siti. â€Kemandirian Belajar dan Hubungannya dengan Lingkungan Belajar serta Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Ilmiah Inovasi,Vol.12, No.3 Edisi: September - Desember 2012. Jember: Politeknik Negeri Jember, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Edge, Julian. Essentials of English Language Teaching. New York: Longman, 1999.

Damanik, Caroline. Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia. Kompas.Com, 2012.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2000.

Hartoto. Pengertian dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2008. http://fatamorghana.wordpress.com/2008/07/11/bab-ii-pengertian-dan-unsur-unsur-pendidikan/.

Keller, John M. and Brenda C.Litchfield. “Motivation and Performanceâ€, In Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New Jersey: Pearson Education, Inc., 2002.

Kotze, Robin Stuart. Motivation Theory. 2008. http://www.goal-setting-guide.com/motivation-theory.html.

Little, David. “Learner Autonomy and Second/Foreign Language Learningâ€. Subject Centre for Languages, Linguistics, and Area Studies. 2008. http://lang.ltsn.ac.uk/resources/goodpractice.aspx?resourceid=1409.

Moore, Kenneth D. Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. California: Sage Publication, Inc., 2005.

Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurrahman. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Olivier, Carolyn and Rosemary F. Bowler. Learning to Learn. New York: Fireside, 1996

Rasyid, Fathor. “Strategy Training for Learner Autonomy: Language Planning and Policy Perspectiveâ€. International Journal of Education. Vol.2,No.1,November 2007. Bandung: UPI, 2007.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.

Sardiman, A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.

Shadiq, Fadjar. Memupuk Kemandirian Sebagai Strategi Pengembangan Kepribadian. 2008. http://www.acehrecoveryforum.org/library/ download.php?file=Memupuk%20Kemandirian%20Sebagai%20Strategi%20Pengembangan%20Kepribadian.pdf.

Soedijarto. Pendidikan Nasional sebagai Proses Transformasi Budaya. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Thanasoulas, Dimitrios. “What is Learner Autonomy and How Can It Be Fostered?â€, The Internet TESL Journal. 2008. http://iteslj.org/Articles/Thanasoulas-Autonomy.html.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISIKNAS. Bandung: Citra Umbara, 2006.

Wenden, Anita. Learner Strategies for Learner Autonomy. Cambridge: Prentice Hall International (UK) Ltd., 1991.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc., 2004.

Published

2016-07-27

How to Cite

Aisyiyah, S. (2016). PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 13(1). https://doi.org/10.25047/jii.v13i1.63

Issue

Section

Article