OPTIMIZATION OF GOODS PURCHASE WITH SALES ANALYSIS USING ASSOCIATION RULE MINING METHOD
DOI:
https://doi.org/10.25047/jiitu.v1i01.5479Kata Kunci:
Optimasi, Data Mining, Association Rule Mining, Apriori, Market Basket AnalysisAbstrak
Pada umumnya, para pelaku usaha bisnis hanya menggunakan data transaksi penjualan sehari-hari hanya untuk melihat omset dan laba dari usaha yang dilakukan. Namun, seiring dengan aktivitas jual beli yang terus meningkat, data transaksi juga semakin menumpuk dan seringkali hanya digunakan sebagai arsip tanpa dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini menyebabkan masalah sering terjadi, seperti kehabisan barang yang diinginkan oleh konsumen akibat kurangnya perhatian terhadap pengelolaan barang dan kurangnya pemanfaatan data penjualan dengan baik. Data transaksi penjualan dapat dimanfaatkan kembali dengan mengolah data tersebut menjadi suatu informasi yang baru. Salah satu cara untuk menganalisis data penjualan yaitu dengan memanfaatkan data mining. Terdapat banyak metode di dalam data mining, namun yang paling sesuai untuk data penjualan adalah association rule mining. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem memberikan 10 aturan dari 785 total transaksi pada bulan Maret 2024 dengan menggunakan minimum support 0.01 dan minimum confidence 0.06. Dari 10 aturan tersebut, tidak terdapat aturan yang kurang valid sehingga sistem mendapatkan akurasi sebesar 100%.
Diterbitkan
Versi
- 2024-10-31 (2)
- 2024-10-31 (1)