Peningkatan Produksi dan Pengembangan Industri Rumah Tangga (IRT) Ikan Asap di Desa Banyuurip-Ujungpangkah - Gresik

M. Arif Zainul Fuad

Abstrak


Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi para pengolah ikan asap di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kab Gresik. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu teknik pengasapan ikan yang membutuhkan waktu yang lama dan kualitas produk ikan asap yang tidak konsisten. Hal ini diduga karena sistem pengasapan dilakukan dengan tungku terbuka yang memiliki kelemahan yaitu  asap dan panas tidak bisa terpusat pada ikan karena masih dipengaruhi oleh angin. Selain itu asap pembakaran seringkali menimbulkan gangguan kesehatan terutama ISPA bagi pekerja. Hambatan lainnya adalah ketersediaan bahan baku yang tidak menentu pada saat musim paceklik ikan. Solusi yang ditawarkan dapat dikategorikan menjadi 2 aspek, yaitu aspek produksi dan manajemen. Aspek produksi ada beberapa kegiatan yaitu peningkatan kapasitas dan kualitas produk dengan memberikan bantuan berupa perbaikan ruang produksi, alat pengasap tipe tertutup, dan Freezer untuk menyimpan produk. Kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan cara produksi pangan yang baik (CPPB) dan pelatihan pengemasan produk dengan alat portable sealer. Untuk aspek manajemen, kegiatan yang akan dilakukan yaitu  pelatihan manajemen usaha dan strategi pemasaran. Dengan adanya program ini pada akhir pelaksanaan kegiatan mitra mampu menguasai dan menerapkan teknologi yang diberikan. Bantuan penguatan produksi ikan asap mampu meningkatkan produksi mitra sampai dengan 50% yang selanjutnya akan meningkatkan pendapatan dan daya saing IRT.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPOM.2003. Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK. 00.05.5.1639 tahun 2003 Tentang Pedoman Cara Peroduksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT)

BSN. 2013. SNI 2725:2013: Standar Nasional Indonesia (SNI) Ikan Asap dengan Pengasapan Panas

Fronthea Swastawati,Titi Surti,Tri Iwinarni Agustini, Putut Harriyadi. 2010. Karakteristik Kualitas Ikan Asap Yang Diproses Menggunakan Metode Dan Jenis Ikan Berbeda Vol.2 No. 3, Th. 2010 Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. http://dx.doi.org/10.17728/jatp.142

Lombongadil,G.Reo A.R, Onibala, H. 2013. Studi Mutu Ikan Japuh Asap Kering Industri Rumah Tangga Di Desa Tumpaan Baru Kecamatan Tumpaan Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan.Vol 1 No2. Agustus 2013. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmthp/article/view/1634/3689

Rindiani dan Supriyono. 2016.Kelompok Usaha Ikan Asap Di Desa Paseban Kecamatan Gumuk Maskabupaten Jember . Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, Vol. 1, No. 1, Juni 2016,P-ISSN: 2503-1031, E-ISSN: 2503-1112.

https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/.../135


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.