Identifikasi dan Analisis Peningkatan Keterampilan Penggunaan Komputer bagi Santri di Ponpes Sirojul Anwar Jember

Dwi Putro Sarwo Setyohadi, Hendra Yufit Riskiawan, Michael Joko Wibowo, Budi Hariono

Abstrak


Pondok pesantren Sirojul Anwar PecoroRambipuji Jember belum memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi pengolah kata, dalam hal ini adalah Microsoft Word, dan spreadsheetdalam hal ini Microsoft Excel. Sehingga santri dan santriwati, belum mampu menyelesaikan tugas tugasnya dengan menggunakan alat bantu Microsoft office. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan soft skill kepada santri dan santriwati agar mereka dapat menggunakan Microsoft Office word dan excel dengan baik. Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, akan dapat melihat pengaruh pelatihan Microsoft Office Word dan excel pada peningkatan pengoperasian MS Office Word dan Excel.

Keywords—Kuantitatif Deskriptif, Pelatihan, Pondok Pesantren.

Identifikasi dan Analisis Peningkatan Keterampilan Penggunaan Komputer bagi Santri

di Ponpes Sirojul Anwar Jember


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Greenfield, R.W., 1997. The development of a curriculum for a high school course in computer literacy.

Ary, D., Jacobs, L.C. and Razavieh, A., 1982. Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Riskiawan, H.Y., Setyohadi, D.P.S. and Arifianto, A.S., 2016. PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITAS GURU SMA. J-Dinamika, 1(1).

Setyohadi, D.P.S. and Riskiawan, H.Y., 2016. Installasi Dan Konfigurasi Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Bondowoso. Prosiding.

Arifin, S., 2017. Rancang Bangun Sistem Online Komunikasi Pemasaran Dan Negoisasi Bisnis Pesantren. Prosiding.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.