PENDEKATAN HUKUM PADA KEGIATAN OLAHRAGA MELALUI APRESIATIF DEMI MEWUJUDKAN SISWA ANTI TAWURAN DI KOTA MAKASSAR

Aan Aswari

Abstrak


Kota Makassar terus berkembang menjadi Kota yang didambakan oleh banyak kalangan. Berbagai sektor pembangunan digalakkan dalam program pemerintah yang dijalankan untuk menjadi kota yang lebih smart. Kreativitas dalam membangun untuk menciptakan sebuah keadaan yang lebih ideal menjadi tujuan Kota Makassar kini untuk dimasa akan datang, salah satu dampak membuat pelajar lebih tertarik untuk menimba ilmu di Makassar demi peningkatan sumber daya manusia agar mampu menghadapi persoalan yang dihadapinya dimasa depan dengan cara yang lebih smart. Olehnya kini persoalan pun mengambil tempat di Kota Makassar dengan hadirnya beragam pelajar dari berbagai daerah yang sebagian besar dari wilayah tengah dan timur Indonesia, yang membuat berkumpulnya beragam perspektif dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul dilakangan para pelajar. Akibatnya, pemicu aksi tawuran yang terjadi dikalangan para pelajar acap kali menghiasi pemberitaan baik di media cetak maupun online. Tentunya harapan untuk memperbaiki dan pengembangan diri menjadi tak tercapai maksimal jika dalam penyelesaian persoalan-persoalan diantara mereka diselesaikan dengan perkelahian atau bahkan aksi tawuran. Potensi keadaan ini tentu dipicu oleh beragam keadaan, diantaranya acapkali tawuran terjadi akibat pemanfaatan teknologi informasi yang tidak sehat, perundungan masih saja terus terjadi, dan para pelajar melupakan ikrar siswa yang seharusnya menjadi pegangan dalam bersikap sebagai pelajar tidak teraplikasikan dalam kehidupannya. Dosen pengabdian dan dakwah hadir dengan pendekatan hukum untuk membentuk kesadaran hukum sejak dini demi mengurangi jumlah aksi tawuran. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang hukum dalam pengabdian dan dakwah dosen UMI, maka diselenggarakan kegiatan simulasi pertandingan olahraga yang dapat meningkatkan rasa saling hormat-menghormati antar sesama siswa, diharapkan menjadi kebiasaan yang baik dan terus diaplikasikannya. Pengabdian ini melibatkan peran serta masyarakat, guru disekolah, orangtua/wali, pemerintah, dan penegak hukum dalam sebuah sistem utuh yang mempengaruhi hingga dapat mereduksi aksi tawuran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemdikbud.go.id, “Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017,” Indonesia, 2017.

K. Gunawan and R. Yohanes, “Manajemen Konflik Atasi Dampak Masyarakat Multikultural di Indonesia,” J. Mitra Ekon. dan Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 212–224, 2011.

C. Juditha, “Stereotip dan Prasangka dalam Konflik Etnis Tionghoa dan Bugis Makassar,” J. Ilmu Komun. Fisip Univ. Atmajaya Yogyakarta, vol. 12, no. 1, pp. 87–104, 2015.

W. Anjari, “Tawuran Pelajar Dalam Perspektif Kriminologis, Hukum Pidana, Dan Pendidikan,” Majalah Ilmiah Widya - e-journal.jurwidyakop3.com, Fakultas Hukum, Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta, no. 324, pp. 34–40, 2013.

A. Aswari, “Sibernetika, Teknologi Siber dan Kebutuhan hukum,” Lentora Justice, Univ. Muhammadiyah Palu, vol. 3, no. 2, pp. 42–61, 2016.

D. Setyawan, “Butuh Pendekatan Komprehensif untuk Tawuran Pelajar _ Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI),” KPAI, 2017. .

A. Aswari and R. Bima, “Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat dan Dakwah, LPMD-UMI,” Makassar, 2017.

A. Aswari, S. Basalamah, A. Bachti, and R. Bima, “Sistem Penanggulangan Tindakan Kekerasan Oleh Wali Siswa Terhadap Pendidik Smk Negeri 2 Makassar,” J-ABDIPAMAS, IKIP Bojonegoro, vol. 1, no. 1, pp. 14–23, 2017.

T. I. Petiwi, “Kelakuan Kid Zaman Now! Masih SD, Cinta Ditolak, Anak-Anak di Makassar Lakukan Tawuran!,” J. Ilmu Sos. ISIPOL Univ. Medan Area, vol. 4, no. 1, pp. 60–78, 2011.

Y. Sabarina Sitepu and F. Desiana Setyaningsih, “Konstruksi Identitas Suporter Sepakbola Di Indonesia ( Studi kasus pada Kelompok Suporter The Jakmania),” J. Ilmu Sos. Fak. Isipol-Universitas Medan Area, vol. 4, no. 1, pp. 60–78, 2011.

K. Muzakkir, “Upaya Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Makassar Menjadi Anti Tawuran Dengan Apresiatif,” Sign Publisher, 2018. [Online]. Available: https://penerbitsign.com/single-blog/upaya-siswa-siswi-smk-negeri-3-makassar-menjadi-anti-tawuran-dengan-apresiatif. [Accessed: 10-Jan-2019].

H. Tri Wibowo, “Timnas Korsel Rebut Emas, Son Heung-min Bebas Wajib Militer,” CNN Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20180901204800-142-326841/timnas-korsel-rebut-emas-son-heung-min-bebas-wajib-militer. [Accessed: 02-Feb-2019].

R. Rosyidah, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyimpangan Perilaku Pada Siswa,” Millah-Jurnal Stud. Agama, Pascasarj. Univ. Islam Indones. Yogyakarta, vol. 14, no. 2, pp. 247–266, 2015.

F. Kurniawan and T. Hadi Karyono, “Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah,” J. Bebas Jur. Pend. Kepelatihan Fak. Ilmu Keolahragaan Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–17, 2010.

J. Nainggolan, Energi hukum sebagai faktor pendorong efektivitas hukum. Bandung, Jawa Barat: PT. Refika Aditama, 2015.

S. Pasamai, Sosiologi dan Sosiologi Hukum, Suatu Pengetahuan Praktis dan Terapan. Makassar: PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, 2009.

S. Elhesmi, Neviyalmi, and I. Ibrahim, “Peran Guru BK DAN Guru Mata Pelajaran Dalam Mencegah Tawuran Antar Pelajar,” Konselor J. Ilm. Konseling, vol. 2, no. 3, pp. 7–15, 2013.

M. Eko Sutrisno, E. Raharjo, and F. Rini, “Upaya Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tawuran Antar Pelajar (Study Kasus Wilayah Hukum Kota Bandar Lampung),” Poenale, vol. 6, no. 1, pp. 1–13, 2018.

H. S. Wahyudi and M. P. Sukmasari, “Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat,” J. Anal. Sosiologi, Univ. Sebel. Maret, Surakarta, vol. 3, no. 1, pp. 13–24.

B. Lazarusli, S. Lestari, G. Abdullah, S. Rahmat, and O. Adhi Suciptaningsih, “Penguatan Peran Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Melalui Seminar Dan Pendampingan Masalah Keluarga,” E-DIMAS, Educ. Pengabdi. Kpd. Masyarakat, LPPM-PGRI Semarang, vol. 5, no. 1, pp. 55–67, 2014.

M. Mustafa, “Memadamkan Bara Tawuran Pelajar (TARGET I),” Kompastv, 2018. [Online]. Available: https://www.kompas.tv/content/article/23745/video/kompas-sport/joe-hart-dipanggil-untuk-gabung-timnas-inggris. [Accessed: 06-Aug-2018].

T. Pravitasari, “Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos,” Educ. Psychol. Journal, Jur. Psikologi, Fak. Ilmu Pendidikan, Univ. Negeri Semarang, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2012.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1421

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1421.g1411

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.