Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah Anda memiliki Username dan Password di Jurnal Ilmu Peternakan Terapan?

Ke Login Start New Submission

Butuh Username dan Password?

Ke registrasi
 

Petunjuk Penulis

Redaksi menerima naskah baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Naskah disertai dengan abstract dan intisari. Naskah dibuat dengan menggunakan Program MS Word, diketik dengan huruf Cambria ukuran 11 dengan jarak 1,15 spasi dan ukuran kertas A4 dengan jarak 2,5 cm dari tepi kiri, atas, kanan, dan bawah

Format Naskah
Naskah hasil penelitian secara garis besar memuat Judul (Bahasa Indonesia dan Inggris), Intisari, Abstract, Pendahuluan, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila ada), dan Daftar Pustaka.  

Nama penulis ditulis tanpa gelar dan diletakkan di bawah judul. Nama instansi ditulis di bawah nama penulis. Jika terdapat lebih dari satu instansi penulis,
masing-masing penulis dan instansi ditandai dengan superskrip yang berbeda. Penulis utama sebagai koresponden (corresponding author) mencantumkan alamat emailnya.

Abstract dan Intisari dibuat tidak lebih dari 300 kata dengan jarak 1 spasi. Berisi Latar Belakang permasalahan, Tujuan Penelitian, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan dan ditulis dalam satu alinea

Kata kunci dan Keywords maksimal terdiri dari 3 sampai 5 kata atau kelompok kata yang dapat dimasukkan ke dalam indeks subyek. Setiap kata pertama dari kata-kata kunci/key words diawali dengan huruf kapital.


Pendahuluan ditulis secara ringkas dan jelas mencakup latar belakang dan tujuan penelitian serta tinjauan pustaka yang mendukung.


Materi dan Metode ditulis dengan jelas sehingga penelitian tersebut sangat memungkinkan untuk diulang oleh peneliti lain, terutama hal-hal yang menyangkut bahan, pengambilan sampel, prosedur, desain penelitian dan pengolahan data.

Hasil dan Pembahasan memuat hasil yang diperoleh serta interpretasi secara ilmiah yang didukung oleh referensi.

Kesimpulan ditulis ringkas sebagai substansi hasil penelitian yang diperoleh.

Ilustrasi (tabel dan gambar) berdiri sendiri (tetap bisa dipahami tanpa melihat teks). Satu data hanya bisa disajikan dalam satu bentuk ilustrasi.  

Tabel diberi nomor urut dengan menggunakan angka arab. Judul tabel dibuat singkat tetapi jelas. Tidak ada garis vertikal. Jarak baris dalam tabel adalah satu spasi.

Gambar (grafik, diagram atau foto). Grafik /gambar diberi nomor urut dengan menggunakan angka arab dan diletakkan di bawah gambar serta diberi keterangan atau judul yang jelas.


Penulisan Pustaka dalam teks disitasi sebagai berikut: satu penulis, Mazzafera (2004) atau (Mazzafera, 2004); dua penulis,  Phillps dan Andrew (2006) atau (Phillps dan Andrew, 2006); tiga penulis atau lebih,
Wulandari, et al. (2014) atau (Wulandari, et al., 2014).

Daftar Pustaka

1. Pustaka dari jurnal, dan sejenisnya sehingga bukan judul buku tetapi berupa artikel.
Contoh:
Weimer, P.J., G.C. Waghorn and S. Marten, 1999. Effect of diet on population of three species of ruminal cellulolytic bacteria in lactating dairy cows. Journal Dairy Science. 82(1):122-134.

2. Pustaka dari publikasi dalam buku yang dibuat oleh editor.
Contoh:
Rai, S.N., J. De Wit, V.C. Badve, and T.K. Walli. 1993. A model to optimize energy intake of ruminants from biological treated crop residues. In : Feeding of Ruminants on Fibrous Crop Residues. K. Singh and Jk. B. Schiere (eds). ICAR, New Delhi. Hal. 222237.

3. Pustaka dari buku.
Contoh:
Hartadi, H., S. Reksohadiprodjo, dan A.D. Tillman.  2005. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

4. Sitasi dari internet.
Contoh:
Dugas, J. 2010. Lactic acid bacteria. http://www.waksmanfoundation.org/labs/mbl/lactic.html. Diakses 2 September 2010.





 

Cheklist Persiapan Submisi

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Pemuatan naskah sepenuhnya merupakan hak redaksi. Naskah yang perlu diperbaiki akan dikirim kepada penulis untuk dikoreksi dan dikembalikan secepatnya kepada redaksi. Bagi penulis yang naskahnya dimuat dikenakan biaya administrasi sebesar Rp350.000,00 (10-15 halaman tercetak). Ketentuan lain yang belum tertulis akan diberitahukan kepada penulis melalui email.

No Rekening: 143-00-1678707-7

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.