ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN TELUR ITIK DI KABUPATEN SITUBONDO

Latifatul Hasanah, Ujang Suryadi, Wahjoe Wihijanto

Abstrak

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan margin pemasaran telur itik di Kabupaten Situbondo. Metode yang digunakan untuk menggumpulkan data ialah survei dengan bantuan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan analisis efisiensi pemasaran pada distribusi panjang dan pendek masing-masing sebesar 2,84% dan 1,16%. Saluran distribusi pendek lebih efisien dibandingkan dengan saluran distribusi panjang, sehingga saluran distribusi pendek memberikan keuntungan yang lebih besar bagi pelaku pemasaran telur itik di Kabupaten Situbondo.

 

Kata kunci : Saluran Distribusi, Telur Itik, Keuntungan Pemasaran

 

 

ABSTRACT

This study aims to find out the distribution and marketing margins of duck eggs in Situbondo. The methods used to collect data were survey and interviews suported by questionnaires. The analisys of  short and long distribution channels showed were 2.84% and 1.16% respectively. The short distribution channel was more efficient than long distributin channel, so that it provided greater benefits for marketing of duck eggs in Situbondo.

 

Keyword: Distribution Channels, Duck Eggs, Marketing Margins

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Badan Pusat Statistik (BPS). 2013. https://jatim.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/52. Diakses tanggal 30 Oktober 2015.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2014. https://jatim.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/550. Diakses tanggal 30 Oktober 2015.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Dillon, H.S. 2008 Manajemen Distribusi Produk- Produk Agroindustri. Percetakan TI-ITS. Jakarta.

Downey, W.D. dan S.P. Erickson. 1989. Manajemen Agribisnis. Erlangga. Jakarta.

Hanafiah, A.M. dan A.M. Saefuddin. 1986. Tata niaga Hasil Perikanan. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kurnianingrum, A.R. 2008. Analisis saluran dan marjin pemasaran studi empirik komoditas telur ayam ras. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9(2).

Rasyaf, M. 1999. Memasarkan Hasil Peternakan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Supriyono, A. 1998. Pengantar Tata Niaga Pertanian Teori dan Aplikasi. Faperta UNEJ. Jember.

Swasta, B dan Sukotjo. 1999. Pengantar Bisnis Modern. Liberty. Yogyakarta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.