VISIT WONOSALAM : PENGUATAN POTENSI WISATA DESA MELALUI STRATEGI MARKETING BERBASIS SYARIAH

Authors

  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Ajib Ridlwan Universitas Negeri Surabaya
  • Tony Seno Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Clarashinta Canggih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i2.1021

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berbasis pada kebutuhan dan keinginan warga desa sumberejo dan pangklungan wonosalam Jombang untuk mengembangkan potensi wisata di daerah mereka. Desa sumberejo dan Desa Pangklungan merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Wonosalam Jombang dengan potensi wisata yang melimpah. Salah satu wisata di kawasan tersebut adalah goa sriti di desa sumberejo dan eco park di desa panglungan. Kawasan wisata tersebut, merupakan wisata yang baru yang pengelolaannya masih sederhana termasuk didalamnya adalah strategi pemasarannya. Sehingga PKM ini lebih difungsikan untuk menggajarkan kepada masyarakat terkait strategi pemasaran. Jombang merupakan kota santri, sebagian besar penduduknya adalah umat muslim sehingga potensi halal tourism atau wisata syariah memiliki peluang yang besar. Pada PKM ini strategi pemasaran yang akan di gunakan merupakan pemasaran berbasis syariah. Solusi yang ditawarkan adalah pendampingan pembuatan sistem informasi pemasaran untuk desa wisata tersebut. Program ini akan memberikan mempermudah desa dalam memasarkan pariwisatanya. Penerapan pemasaran yang dgunakan adalah pemasaran brbasis media sosial, strategi branding dan pemasaran syariah diharapkan dapat mengembangkan wisata di Wonosalam Jombang.

Kata Kunci : Pemasaran Syariah, Wonosalam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Rustan, S., 2009. Mendesain Logo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko, S., 2009. Iklan Politik dalam Realitas Media, Yogyakarta: Jalasutra.

Wasesa, S.A., 2011. Political Branding & Public Relations: Saatnya Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermatabat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Published

2018-12-28

How to Cite

[1]
R. Indrarini, A. Ajib Ridlwan, T. Seno Aji, and C. Canggih, “VISIT WONOSALAM : PENGUATAN POTENSI WISATA DESA MELALUI STRATEGI MARKETING BERBASIS SYARIAH”, j-dinamika, vol. 3, no. 2, Dec. 2018.

Issue

Section

Article