Penerapan Teknologi Informasi Untuk Proses Produksi Dan Pemasaran Produk Batik Dan Bordir Di Pakisaji, Kab. Malang

Authors

  • dwi puspitasari Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1131

Abstract

Tuntutan hidup yang semakin tinggi dibutuhkan sebuah cara untuk membantu mengatasi permasalahan yang terkait dengan perekonomian mendorong para ibu rumah tangga di Desa Pakisaji, Kabupaten Malang untuk membentuk kelompok usaha batik tulis “Ron Tuwuh†dan kelompok usaha bordir “Prohanji Bordir†yang merupakan teknik pembuatan kain bergambar. Namun, dalam wirausaha yang baru dirintis ini memiliki beberapa kendala seperti modal peralatan produksi yang belum mencukupi, keterbatasan sarana produksi, inovasi desain, desain yang masih manual serta sumber daya pemasaran yang masih terbatas. Mitra yang bekerjasama dalam kegiatan ini akan menerima pelatihan dan pendampingan mendesain batik dan bordir menggunakan teknologi komputer, pembuatan website sebagai media pemasaran juga bantuan alat dan bahan tambahan. Luaran yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah website pemasaran yang diharapkan dapat membantu pemasaran produk kelompok usaha. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan anggota kelompok usaha mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain batik dan border menggunakan perangkat komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

dwi puspitasari, Politeknik Negeri Malang

Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi

References

Nurficahyanti, Fera. 2015. Model Komunikasi Pemasaran Paguyuban Batik Tulis. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 2 Nomor 5, Juli 2015, hlm 304-313.

Tahwin, Muhammad, 2012. Pengembangan Industri Kecil (Studi Kasus Industri Bordir Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang). Jurnal POTENSIO Volume 17 No. 1 Juli 2012.

Ikawanty, Beauty Anggraheny. 2015. Otomatisasi Canting Listrik Untuk Pembuatan Batik Tulis Probolinggo. Prosiding SENTIA 2015, Politeknik Negeri Malang.

Moyoretno, Bambang. Juni 2011. Rancang Bangun Canting Elektrik. Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 29. Yogyakarta.

Wibisono, Guntur; Susanto, Wahyu Eko. 2015. Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi - Volume 3 No 2 –2015.

Rif’ah, Mega Inayati; Wibisono, M. Arif. 2016. Pengembangan Computer Aided Design (CAD) Warna Batik . Jurnal Forum Teknik Vol. 37, No. 1, Januari 2016.

Moriansyah, La. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196

Published

2019-12-30

How to Cite

[1]
dwi puspitasari, “Penerapan Teknologi Informasi Untuk Proses Produksi Dan Pemasaran Produk Batik Dan Bordir Di Pakisaji, Kab. Malang”, j-dinamika, vol. 4, no. 2, Dec. 2019.

Issue

Section

Article