Gambaran Manajemen Pelatihan Personal Capacity Building Pada Petugas Pelayanan Di Rsud Bangka Tengah
Description of Personal Capacity Building Training Management for Service Officers At Bangka Tengah Hospital
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3534Keywords:
Project Management, Service Excellence, TrainingAbstract
Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas, RSUD Bangka Tengah mempersiapkan pelatihan kepada
pegawai. Salah satu pelatihan tersebut yaitu pelatihan Personal Capacity Building yang dilakukan untuk
meningkatkan service excellence pada pegawai pelayanan di RSUD Bangka Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat gambaran pelaksanaan kegiatan pelatihan Personal Capacity Building pada pegawai pelayanan di RSUD
Bangka Tengah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan Personal
Capacity Building di RSUD Bangka Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2022
dengan sasaran populasi yaitu seluruh pegawai bagian pelayanan RSUD Bangka Tengah. Kegiatan ini
dilaksanakan menggunakan pendekatan manajemen proyek. Data hasil kegiatan pengabdian masyarakat kemudian
akan diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Program pelatihan Personal Capacity Building dilakukan
karena banyak keluhan dari pasien yang berobat. Kegiatan dimulai identifikasi masalah dan solusi serta penentuan
stakeholder terlibat. Pelatihan dilaksanakan dengan menyampaikan beberapa materi terkait perilaku pelayanan
prima di Rumah Sakit. Monitoring dilakukan untuk mengawasi selama kegiatan dilaksanakan. Evaluasi dilakukan
di akhir kegiatan dan kemudian akan dibuat laporan hasil kegiatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan,
didapatkan bahwa pegawai telah mendapatkan pemahaman mengenai pelayanan prima, namun masih terdapat
beberapa kendala yang cukup menghambat. Diharapkan kepada pihak RSUD Bangka Tengah untuk dapat
memperbaiki sarana dan prasarana di Rumah Sakit serta melakukan pemantauan berkala mengenai sistem
pelayanan pada pasien.
Downloads
References
Lestari P, Rindu R. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien. J Ilmu Kesehat Masy [Internet]. 2018 Jul 14;7(02):120–30. Available from: http://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm/article/view/114
Fauza Q, Kautsar AP. Review Artikel: Plan-D0-Check-Act (PDCA) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Farmaka. 2018;16(3):234–43.
Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery J. 2020;3(2):1–19.
Sudari L. Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng. J Manaj Widya Amerta. 2022;9(1).
Susaldi, Asikin M, Semana A. Hubungan Efektivitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien Diabetes Melitus di Rumah Sakit Umum Lasinrang Kabupaten Pinrang. J Ilm Kesehat. 2018;17(3):32–6.
Soeprajitno ED, Setyawan WH, Wihara DS. Dampak Pelatihan “Service Excellence” terhadap Kinerja Karyawan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Kediri. J MEBIS Manaj dan bisnis. 2019;4(2):22–30.
Pitrianti L, Syakurah RA. Analisis Program Pelayanan Kesehatan pada Ibu Hamil dan Melahirkan Dinas Kesehatan Rejang Lebong. Jambi Med J “Jurnal Kedokt dan Kesehatan.” 2022;10(1):81–100.
Oja H, Tambajong H, Pole N. Kepuasan Pasien Jasa Pelayanan Kesehatan Mitra Kerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Soc J Ilmu Adm Sos. 2019;8(2):50–64.
Atmaja J. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. J Ecodemica. 2018;2(1):49–63.
Faradis NA, Indarjo S. Implementasi Kebijakan Permenkes Nomor 67 Tahun 2016 Tentang Penanggulangan Tuberkulosis. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2018;2(1):307–19.
Azharada A, Meiwanda G. Implementasi Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2017 tentang Pembentukan Unit Kerja layanan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Pesisir Selatan. J Adm Negara. 2022;28(2):113–37.
Bashori, Prasetyo MAM, Susanto E. Change Management Transformation In Islamic Education Of Indonesia. Soc Work Educ. 2020;7(1):84–99.
Fahmi I. Peningkatan Capacity Building Bagi Karyawan Subitu (Group) Papua Barat. E-Coops-Day J Ilm Abdimas. 2022;3(1):1–8.
Kurdi M. Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemi Covid 19. J Lingk Widyaiswara. 2020;7(4):4–9.
Rohayani L, Inayah I, Shoumi AS, Pragholapati A. Pelayanan Prima Perawat Berdasarkan Persepsi Pasien di Ruang Rawat Inap Talaga Bodas (Penyakit Dalam Pria Kelas 3) Rumah Sakit Tingkat II 03.05.01 Dustira Cimahi 2019. J Heal Sci (Jurnal Ilmu Kesehatan) [Internet]. 2020 May 31;5(1):42–6. Available from: https://ejournalwiraraja.com/index.php/JIK/article/view/935
Efendi N, Ginting SO, Halim J. Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. J Ilmu Ekon dan Sos. 2020;11(2):102–12.
Mirnawati. Capacity Building Organisasi (Studi Pada Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro). J Tapis J Teropong Aspir Polit Islam. 2019;15(3):51–67.
Sinambela LP. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara; 2021. 638 p.
Rizki F, Garna H, Rasyad AS. Pengaruh Pengetahuan, Ketersediaan Sarana Prasarana, dan Supervisi-Monitoring Terhadap Penatalaksanaan Imunisasi oleh Bidan. 2-TRIK Tunas-Tunas Ris Kesehat. 2020;10(4):245–51.
Karyati R. Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. J Pendidik Hayati. 2020;6(3):122–32.
Munawar. Supervisi Akademik: Mengurai Problematika Profesionalisme Guru di Sekolah. Al-Tanzim J Manaj Pendidik Islam. 2019;3(1):135–55.
Susanthi IGAAD. Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguist Community Serv J. 2021;1(2):64–70.
Syafti RO, Syakurah RA. Analisis Pelaksanaan Program Pencegahan dan Penanganan Penularan Wabah Covid-19 di Universitas Bengkulu. Pro Heal J Ilm Kesehat. 2022;4(1):231–8.
Fitrianti L. Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah J Pendidik. 2018;10(1):89–102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lismayoni, Rizma Adlia Syakurah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.