Analisis Kesan Program Inservice Training Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Guru Di Masa Pandemi

Authors

  • Mery Berlian Universitas Terbuka
  • Susilawati Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Musa Thahir Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Radeswandri Radeswandri Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.3700

Keywords:

Inservice Training, Pembelajaran Daring, Kesan, Pandemi

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis kesan guru terhadap program inservice training yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peserta yang mengikuti program pengabdian terdiri dari 25 orang guru di SMA Negeri 1 Ujung Batu. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS versi 26 for windows. Penilaian kesan program pengabdian terdiri dari 3 konstruk yang mana hasil dari konstruk materi diperoleh rata-rata 4.21 dengan kategori baik, konstruk penyampaian materi diperoleh rata-rata 4.36 dengan kategori baik dan konstruk diskusi/ tanya jawab diperoleh rata-rata 3.07 dengan kategori baik. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa program inservice training implementasi pembelajaran daring bagi guru di masa pandemi memiliki kesan yang baik bagi peserta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. 2017. “Hubungan Metode Tanya Jawab Dengan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2(1):89–110. doi: 10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650.

Anggraeni, Rizka, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. 2019. “Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(2):96–101. doi: 10.17977/um038v2i22019p096.

Anwar, Muhammad. 2018. “Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 16(2):469–80.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7(4), 281–.

Cahyati, Sri Supiah, and Siska Rizkia. 2017. “Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat Smk.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M 5(1):31–51.

Ego Fidiyah, Lestari Prihastuti, Anggit Rosianaldy, Marwa Salsabila, Anggi Eka Wardani, and Farida Styaningrum. 2022. “Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar.” J-DINAMIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7(2): 237–242. doi: 10.25047/j-dinamika.v7i2.2828

Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru.” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(1):69–84.

Hadi, Irvan, and Nia Liskasaputri. 2021. “Pelatihan Penulisan Soal Comprehension Questions Para Tutor Berbasis HOTS Bahasa Inggris.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 5(1):100–106. doi: 10.37859/jpumri.v5i1.2488.

Hanifah Salsabila, Unik, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and Asyharinur Ayuning. 2020. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17(2):188–98. doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Harahap, Saripah Anum, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. 2021. “Problematika

Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1825–36. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Herawati Daulae, Tatta. 2019. “Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Forum Paedagogik 11(1):52–63. doi: 10.24952/paedagogik.v11i1.1778.

Marlena, Novi, Renny Dwijayanti, Finisica D. Patrikha, and Parjono Parjono. 2017. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo.” Jurnal ABDI 2(2):45. doi: 10.26740/ja.v2n2.p45-50.

Masrukin, Ahmad, and Ahmad Arba’i. 2018. “Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Ski Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii - H Mts Almahrusiyah Lirboyo Kediri.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 8(3).

Misbahudin, Dede, Chaerul Rochman, Dindin Nasrudin, and Isoh Solihati. 2018. “Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3(1):43–48. doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10939.

Mohamad Dimyati A, Devit Suwardiyanto, Herman Yuliandoko, and Vivien Arief W. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi.” J-DINAMIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2). doi: 10.25047/j-dinamika.v2i2.565

Nissa, Siti Faizatun, and Akhmad Haryanto. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2):402. doi: 10.36841/pgsdunars.v8i2.840.

Nurhayati, N., F. Zuhra, and S. Septiani. 2020. “Peningkatan Kompetensi Calon Guru Ipa Melalui Pelatihan Pengelolaan Laboratorium.” JCES (Journal of Character … 3(3):679–87.

P. Ayu Suci, L., Gunawan. 2020. “The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels.” Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education 1(2), 2017.

Pujiasih. 2020. “Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building a Golden Generation By Applying Various Online Learning in the Pandemic of Covid-19.” Ideguru :Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1), 42–4.

Roni Hamdani, Acep, and Asep Priatna. 2020. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(1):1–9. doi: 10.36989/didaktik.v6i1.120.

Saifuddin, Much. Fuad. 2018. “E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA 29(2):102–9. doi: 10.23917/varidika.v29i2.5637.

Sari, Milya, and Asmendri. 2020. “NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6(1):41–53.

Shamrova, Daria P., and Cristy E. Cummings. 2017. “Participatory Action Research (PAR) with Children and Youth: An Integrative Review of Methodology and PAR Outcomes for Participants, Organizations, and Communities.” Children and Youth Services Review 81. doi: 10.1016/j.childyouth.2017.08.022.

Sianturi, Risbon. 2021. “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Mbs.” Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi 12(1):40–49. doi: 10.23969/kebijakan.v12i1.3472.

Sitohang, Justi. 2017. “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar.” Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora 3(4):681–88.

Suhendri, Suhendri, Rijal Sabri, Zainal Arifin, M. Arif Rahman, Tharina Ainaya, and Hendra Alsa Fahmi. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Dod Medan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(1):1. doi: 10.24114/jpkm.v27i1.22128.

Sulistiawati, Sulistiawati, Lukman Hakim, Patricia Hotma Minar Lubis, Rita Sulistyowati, Sugiarti Sugiarti, and Lefudin Lefudin. 2021. “Inovasi Pembelajaran E-Learning Dalam Menghadapi New Normal Di SMK Negeri 1 Lawang Wetan.” Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 4(1):120. doi: 10.31851/dedikasi.v4i1.5274.

Published

2023-08-30

How to Cite

[1]
Mery Berlian, Susilawati, R. Vebrianto, Musa Thahir, and R. Radeswandri, “Analisis Kesan Program Inservice Training Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Guru Di Masa Pandemi ”, j-dinamika, vol. 8, no. 2, pp. 253–260, Aug. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.