Inovasi Produk dan Strategi Mempertahankan Market Share Minuman Herbal

Product Innovation and Strategy to Maintain Market Share of Herbal Drinks

Authors

  • Choiroel Anam Anam Ilmu dan Teknologi Pangan Universtas Sebelas Maret
  • Danar Praseptiangga Universitas Sebelas Maret
  • Achmad Ridwan Ariyantoro Universitas Sebelas Maret
  • Anastriyani Yulviatun Universitas Sebelas Maret
  • Mu’adz Mu’adz Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2933

Keywords:

digital marketing, jamu instan, minuman herbal, produk inovasi

Abstract

Trend konsumsi minuman herbal yang telah berkembang pesat baik secara domestik maupun mancanegara menjadikan usaha jamu instan sebagai ide bisnis yang menjanjikan. Produk jamu instan juga mengalami kenaikan permintaan selama pandemi Covid-19. Namun dalam mempertahankan eksistensi dari suatu bisnis diperlukan inovasi produk dan bagiamana strategi dalam mempertahankan pasar. Oleh karena itu tujuan dari artikel ini yaitu bagaimana mempertahankan market share melalui strategi pemasaran dan inovasi produk studi kasus pada UKM minuman herbal Polanmadu. Metode yang digunakan pada pendampingan ini meliputi survey pasar, pelatihan digital marketing, program kurasi, dan pelayanan prima. Hasil dari pendampingan ini menunjukan adanya kenaikan produktivitas UKM dalam memproduksi produk jamu instan. Pendistribusian produk juga telah berhasil diperluas hingga ke 10 tempat pendistribusian. Diversifikasi produk telah berkembang hingga menjadi 8 varian produk dan telah terjadi permintaan secara online melalui platform digital marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. R. Ismiati dan N. Suhartatik, “Aktivitas Antioksidan Minuman Herbal Rambut Jagung Dengan Variasi Kondisi dan Lama Perebusan,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2015.

N. J. Saleh dan M. Soediro, “Creating Clover Powder Herbal Drink,” dalam The Third International Conference on Entrepreneurship, Surabaya, 2016.

F. O. Okpara, “The value of creativity and innovation in entrepreneurship,” Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability, vol. 3, no. 2, pp. 1-13, 2007.

P. Kotler dan G. Armstrong, Principles of Marketing, 10th edition, New Jersey: Pearson-Prentice Hall, 2004.

A. B. P. Irianto, “Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Market Share UKM,” Jurnal Teknomatika, vol. 8, no. 1, pp. 1-12, 2015.

L. Apriliani dan A. T. Ferdinand, “Faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan market share,” Diponegoro Journal of Management, vol. 4, no. 3, pp. 41-53, 2015.

A. N. Pramestya, H. Aryanto and B. D. A. Maer, "Perancangan Strategi Branding Teh Herbal Produksi "Swarna" Yogyakarta," Jurnal DKV Adiwarna, vol. 1, no. 16, pp. 1-10, 2020.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Gramedia, 2006.

N. A. Choironi, M. Wulandari dan S. S. Susilowati, “Pengaruh edukasi terhadap pemanfaatan dan peningkatan produktivitas tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai minuman herbal instan di Desa Ketenger Baturraden,” Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi, vol. 6, no. 1, pp. 1-5, 2018.

W. Sukmawati dan M. Merina, “Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan untuk Meningkatkan Ekonomi Warga,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 25, no. 4, pp. 210-215, 2019.

R. Kartika, D. Y. Anggraeni and A. A. Amsal, "Pengembangan jejaring inovasi dan pelaksanaan survei pasar produk inovatif," Jurnal Hilirisasi Ipteks, vol. 4, no. 2, pp. 125-135, 2021.

M. Usvita, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Survey pada UKM Pangan Dinas Perindagtamben Kota Padang),” Jurnal Apresiasi Ekonomi, vol. 3, no. 1, pp. 30-37, 2015.

T. Pradiani, "Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan," Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46-53, 2017.

W. W. Moe dan D. A. Schweidel, “Online Product Opinions: Incidence, Evaluation, and Evolution,” Marketing Science, vol. 31, no. 3, pp. 372-386, 2012.

P. K. Kannan, "Digital marketing: A framework, review and research agenda," International Journal of Research in Marketing, vol. 34, no. 1, pp. 22-45, 2017.

Published

2022-08-30

How to Cite

[1]
C. A. Anam, D. Praseptiangga, A. Ridwan Ariyantoro, A. Yulviatun, and M. Mu’adz, “Inovasi Produk dan Strategi Mempertahankan Market Share Minuman Herbal: Product Innovation and Strategy to Maintain Market Share of Herbal Drinks”, j-dinamika, vol. 7, no. 2, pp. 181–186, Aug. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)