Pengaplikasian Sistem Bio-Filter Air pada Fasilitas Protokol Kesehatan SDI Surya Buana Malang

Authors

  • Andinusa Rahmandhika Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ali Mokhtar Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.3800

Keywords:

bio-filter air, sekolah adiwiyata, sekolah berwawasan lingkungan

Abstract

Kurikulum berwawasan lingkungan dicanangkan sebagai usaha untuk memberikan kesadaran lingkungan hidup pada masyarakat. Oleh karena itu, kesadaran lingkungan harus dibentuk sejak dini sehingga generasi muda kita mempunyai kedisiplinan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarnya. Untuk usaha ini, pemerintah Indonesia mencanangkan program sekolah Adiwiyata untuk mendidik siswa berwawasan lingkungan. Metode yang dilakukan untuk melaksanakan pengabdian ini diawali dengan melakukan observasi potensi yang dimiliki sekolah untuk melaksanakan sekolah Adiwiyata dan wawancara dengan kepala sekolah untuk mengetahui pemanfataan lingkungan yang ingin dilakukan sekolah. Bio-filter air merupakan perangkat yang digunakan untuk menjernihkan air dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di alam. Sumber daya yang digunakan sebagai bio-filter air ini adalah bebatuan yang memiliki sifat menyerap bakteri dan memurnikan mineral yang ada di air. Bio-filter yang digunakan untuk penjernihan air ini dibuat sederhana agar sekolah bisa dengan mudah memanfaatkan dan merawat bio-filter air ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Rimbano and M. Rahma, “Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan melalui Program Adiwiyata di Sekolah Menengah Atas,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, vol. 24, no. 3, pp. 274–287, Dec. 2019, doi: 10.35760/eb.2019.v24i3.1876.

T. Abdullah and R. Retnowati, “Implementasi Kebijakan dan Kurikulum berbasis Lingkungan dalam mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan: Studi Kasus di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi,” J. Pendidik. Lingkung. Hidup, vol. 5, no. 2, pp. 11–17, 2017.

M. Dendy Fathurahman Bahrudin, “Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung … 25,” J. Pendidik. Geogr., vol. 17, no. 1, pp. 25–37, 2017.

A. Putri, “Implementasi Program Adiwiyata dalam Rangka menciptakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan,” J. Tunas Bangsa, vol. 6, no. 1, pp. 37–47, 2019.

H. Fitria and S. Samsia, “Peran Kepala Sekolah dalam mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, p. 84, Jan. 2020, doi: 10.31851/jmksp.v5i1.3541.

R. G. Hatika, L. E. Afri, W. Aida, and P. S. Siregar, “Implementasi Program Adiwiyata sebagai Stimulus Sekolah berbasis Lingkungan SMA Negeri 2 Rambah Hilir,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), p. 80, Sep. 2019, doi: 10.31764/jmm.v0i0.1123.

A. Makkasau, A. Syawaluddin, and Sulfadly, “Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar,” J. Publ. Pendidik., vol. 10, no. 3, pp. 251–259, 2020.

T. Handayani, Z. MS, and C. B. Yudha, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata berbasis Ekopedagogik,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 13, no. 1, pp. 36–42, Jan. 2021, doi: 10.17509/eh.v13i1.25735.

M. J. Ismail, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan menjaga Kebersihan di Sekolah,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 59–68, 2021.

D. Purwanti, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 1, no. 2, Dec. 2017, doi: 10.20961/jdc.v1i2.17622.

Published

2023-08-30

How to Cite

[1]
A. Rahmandhika and A. Mokhtar, “Pengaplikasian Sistem Bio-Filter Air pada Fasilitas Protokol Kesehatan SDI Surya Buana Malang”, j-dinamika, vol. 8, no. 2, pp. 196–202, Aug. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.