Peningkatan Prestasi Belajar dengan Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Prinsip-Prinsip Islam Di MI Islamiyah Bunut Seberang Kabupaten Pesawaran, Lampung

peningkatan prestasi belajar dengan membangun karakter peserta didik melalui prinsip-prinsip islam di mi islamiyah bunut seberang kabupaten peawaran, lampung

Authors

  • Karin Ariska Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Caca Dwi Saputra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Risky Darmawan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Vanis Sonyati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Yusi Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i1.4258

Keywords:

Motivasi, Prestasi Belajar, Pembentukan Karakter, Prinsip Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan pembentukan karakter berdasarkan prinsip Islam di MI Islamiyah Bunut Seberang. Dengan fokus pada pengintegrasian nilai-nilai Islam ke dalam proses pendidikan, penelitian ini menyelidiki dampak pendekatan ini terhadap prestasi akademik dan pengembangan karakter siswa. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dipakai guna menggali pengalaman dan sudut pandang guru dan staf sekolah. Temuan mengungkapkan bahwa integrasi prinsip-prinsip Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan prestasi akademik. Lebih jauh lagi, pendekatan ini berkontribusi terhadap pembentukan karakter Islam yang kuat, dengan siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap moral, etika, dan tanggung jawab. Implikasi praktis dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pendidikan holistik yang mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual dalam membentuk generasi berprestasi yang berkarakter mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, F. N. (2020). Determinan Motivasi Internal Terhadap Performa Kerja. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 3(2), 161-170.

Arfa, Muhammad. (2019). Belajar Mengajar Berbasis Pendekatan Religius Pada Peningkatan Akhlak Serta Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. PJIES: Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 159-172.

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). Pola Pembinaan Karakter Peserta Didik Dengan Aktivitas Ekstrakurikuler Di Mts. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pilar, 10(2).

Hamid, Abdul. Penerapan Metode Keteladanan Menjadi Strategi Belajar Mengajar guna Meningkatkan Hasil Belajar PAI. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan serta Keislaman, 2020, 3.2: 154-169.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. “Overcoming Self-Confidence Of Islamic Religious Education Students: The Influence Of Personal Learning Model”. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 2020, 14 (4) 582- 589.

Haras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen SDM Unntuk Mahasiswa.

Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi pembelajaran pada usaha meningkatkan hasil belajar PAI. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24.

Mawardi, Imam, Norma Dewi Salikah, Akmad Baihaqi. (2020). Penguatan

Published

2024-04-23

How to Cite

[1]
K. . Ariska, C. Dwi Saputra, R. Darmawan, V. Sonyati, and Y. Anggraini, “Peningkatan Prestasi Belajar dengan Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Prinsip-Prinsip Islam Di MI Islamiyah Bunut Seberang Kabupaten Pesawaran, Lampung: peningkatan prestasi belajar dengan membangun karakter peserta didik melalui prinsip-prinsip islam di mi islamiyah bunut seberang kabupaten peawaran, lampung”, j-dinamika, vol. 9, no. 1, Apr. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.