Peningkatan Prestasi Belajar dengan Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Prinsip-Prinsip Islam Di MI Islamiyah Bunut Seberang Kabupaten Pesawaran, Lampung
peningkatan prestasi belajar dengan membangun karakter peserta didik melalui prinsip-prinsip islam di mi islamiyah bunut seberang kabupaten peawaran, lampung
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i1.4258Keywords:
Motivasi, Prestasi Belajar, Pembentukan Karakter, Prinsip IslamAbstract
Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan pembentukan karakter berdasarkan prinsip Islam di MI Islamiyah Bunut Seberang. Dengan fokus pada pengintegrasian nilai-nilai Islam ke dalam proses pendidikan, penelitian ini menyelidiki dampak pendekatan ini terhadap prestasi akademik dan pengembangan karakter siswa. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dipakai guna menggali pengalaman dan sudut pandang guru dan staf sekolah. Temuan mengungkapkan bahwa integrasi prinsip-prinsip Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan prestasi akademik. Lebih jauh lagi, pendekatan ini berkontribusi terhadap pembentukan karakter Islam yang kuat, dengan siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap moral, etika, dan tanggung jawab. Implikasi praktis dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pendidikan holistik yang mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual dalam membentuk generasi berprestasi yang berkarakter mulia.
Downloads
References
Anggraeni, F. N. (2020). Determinan Motivasi Internal Terhadap Performa Kerja. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 3(2), 161-170.
Arfa, Muhammad. (2019). Belajar Mengajar Berbasis Pendekatan Religius Pada Peningkatan Akhlak Serta Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. PJIES: Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 159-172.
Dani, F., & Mawardi, A. (2019). Pola Pembinaan Karakter Peserta Didik Dengan Aktivitas Ekstrakurikuler Di Mts. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pilar, 10(2).
Hamid, Abdul. Penerapan Metode Keteladanan Menjadi Strategi Belajar Mengajar guna Meningkatkan Hasil Belajar PAI. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan serta Keislaman, 2020, 3.2: 154-169.
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. “Overcoming Self-Confidence Of Islamic Religious Education Students: The Influence Of Personal Learning Model”. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 2020, 14 (4) 582- 589.
Haras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen SDM Unntuk Mahasiswa.
Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi pembelajaran pada usaha meningkatkan hasil belajar PAI. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24.
Mawardi, Imam, Norma Dewi Salikah, Akmad Baihaqi. (2020). Penguatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karin Ariska, Caca Dwi Saputra, Risky Darmawan, Vanis Sonyati, Yusi Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.