Woman Digital Entrepreneur: Pelatihan Pembuatan Produk Kerajinan Industri Kreatif "Decoupage" Berbahan Dasar Limbah Rumah Tangga bagi Ibu Rumah Tangga

Authors

  • Ratih Purbasari Unversitas Padjadjaran
  • Rani Sukmadewi Universitas Padjadjaran
  • Linda Kurniawati Universitas Padjadjaran
  • Zaenal Muttaqin Universitas Padjadjaran

Keywords:

Literasi gizi, Anemia, pengetahuan, remaja putri

Abstract

Kegiatan pengembangan woman digital entrepreneur melalui pelatihan pembuatan produk kerajinan industri keatif "decoupage" berbahan dasar limbah rumah tangga bagi ibu-ibu rumah tangga bertujuan meningkatkan talenta kreasi produk dan minat kewirausahaan digital dengan melibatkan 30 kader PKK dan ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Cikeruh Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat sebagai khalayak sasaran. Pelatihan ini bermaksud untuk meningkatkan produktifvitas kader PKK dan ibu-ibu rumah tangga dalam memanfaatkan internet sebagai sarana berwirausaha melalui platform marketplace. Adapun produk yang dihasilkan merupakan produk kerajinan tangan berbahan dasar limbah rumah tangga yang dikreasikan dengan teknik decoupage. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dengan kegiatan utama pelatihan pembuatan produk kerajinan decoupage, dan pelatihan marketplace. Hasil pre-test dan post-test pada pelatihan decoupage diperoleh skor pre-test sebesar 11% dan pada post-test menjadi 100%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aspek pengetahuan, pemahaman dan kemampuan kader PKK dan ibu-ibu rumah tangga dalam membuat produk kerajinan decoupage. Hasil pre-test dan post-test pada pelatihan marketplace diperoleh skor pre-test sebesar 46% dan pada post-test menjadi 83%.  Skor menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada aspek pengetahuan, pemahaman dan minat pemahaman dan minat ibu-ibu rumah tangga untuk menjadi woman digital entrepreneur dengan memfaatkan platform marketplace sebagai media penjualan.  Setelah dilakukan evaluasi dan monitoring, khalayak sasaran diketahui lebih memahami mekanisme kerja dan pengelolaan marketplace dalam mengoptimalkan  penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Setini, D. Asih, N. N. K. Yasa, N. M. S. Utami, and I. G. A. K. Giantari, “The role of brand image in mediating the influence of customer perceived value on the loyalty of facebook users,” Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, vol. 12, no. 5 Special Issue, pp. 1284–1293, 2020, doi: 10.5373/JARDCS/V12SP5/20201887.

B. Orser, A. Riding, and Y. Li, “Technology adoption and gender-inclusive entrepreneurship education and training,” International Journal of Gender and Entrepreneurship, vol. 11, no. 3, pp. 273–298, Aug. 2019, doi: 10.1108/IJGE-02-2019-0026.

A. Novialumi, A. Affandy, and U. Narimawati, “Perkembangan Media Sosial dalam Merubah Perilaku Women Entrepreneurship di Kota Bekasi,” Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, vol. 15, no. 2, pp. 188–195, Oct. 2020, doi: 10.32534/jv.v15i2.1412.

F. Fourqoniah and F. Aransyah, “Pemanfaatan Media Sosial untuk Wirausahawan Wanita di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur Sistematis,” Matarik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 15, no. 2, pp. 265–275, 2021, doi: 10.24843/MATRIK:JMBK.2021.v15.i02.p9.

E. Davidson and E. Vaast, “Digital Entrepreneurship and its Sociomaterial Enactment,” in Proceedings of the 43rd Hawaii International Conference on System Sciences, 2010, pp. 1–10.

C. E. Hull, Y. T. C. Hung, N. Hair, V. Perotti, and R. Demartino, “Taking advantage of digital opportunities: A typology of digital entrepreneurship,” International Journal of Networking and Virtual Organisations, vol. 4, no. 3, pp. 290–303, 2007, doi: 10.1504/IJNVO.2007.015166.

C. Henry, L. Foss, and H. Ahl, “Gender and entrepreneurship research: A review of methodological approaches*,” International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, vol. 34, no. 3, pp. 217–241, May 2016, doi: 10.1177/0266242614549779.

A. M. Dy, S. Marlow, and L. Martin, “A Web of opportunity or the same old story? Women digital entrepreneurs and intersectionality theory,” Human Relations, vol. 70, no. 3, pp. 286–311, Mar. 2017, doi: 10.1177/0018726716650730.

Y. Putri, “Digital Marketing Dorong UMKM Kuasai Pasar Online,” https://digitalbisa.id/.

A. P. Torres, S. S. Barton, and B. K. Behe, “Evaluating the business and owner characteristics influencing the adoption of online advertising strategies in the green industry,” Horttechnology, vol. 29, no. 3, pp. 374–381, Jun. 2019, doi: 10.21273/HORTTECH04274-19.

R. Stockdale and C. Standing, “Benefits and barriers of electronic marketplace participation: An SME perspective,” Journal of Enterprise Information Management, vol. 17, no. 4. pp. 301–311, Aug. 01, 2004. doi: 10.1108/17410390410548715.

K. Täuscher and S. M. Laudien, “Understanding platform business models: A mixed methods study of marketplaces,” European Management Journal, vol. 36, no. 3, pp. 319–329, Jun. 2018, doi: 10.1016/j.emj.2017.06.005.

M. Islamadi, A. Prasetia Nanda, E. Ya, A. Syarifuddin, B. Herindri, and S. Utami, “Sosialisasi Peningkatan Hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Menggunakan Marketplace Di Pekon Sukoharjo 1,” Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 126–131, 2022.

T. Hendraidjat, Berkreasi Berbagai Teknik Decoupage Bersama Inspiration Craft. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.

N. Nurlaila and L. Yulastri, “Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Rawamangun dalam Pelatihan Pembuatan Decoupage Dari Tissue Berbasis Industri Kreatif,” Sarwahita, vol. 14, no. 02, pp. 151–155, Dec. 2017, doi: 10.21009/sarwahita.142.10.

Humas Kemensetneg, “Mengenal Lebih Dekat Seni Decoupage di Pekan Kunjung Perpustakaan Kemensetneg,” https://www.setneg.go.id/. Accessed: Nov. 24, 2023. [Online]. Available: https://www.setneg.go.id/

R. A. Mutiarani, “Perancangan Buku Decoupage Berdasarkan Desain Komunikasi Visual,” Jurnal Seni Rupa & Desain, vol. 24, no. 1, pp. 15–20, 2021.

R. Novianti, R. Linda, N. Rahayu, N. Putu, and N. Wijayanti, “Kerajinan tangan Decoupage dari bahan bekas,” Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, pp. 2021–2032, 2021, doi: 10.31258/unricsce.3.118.

Nurmaya, N. Eka Diana, I. Kurnianingsih, and Rosini, “Pelatihan Peningkatan Nilai Produk Kerajinan Tangan Decoupage dan Pemasaran Produk untuk Ibu Rumah Tangga,” MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2, vol. 2, no. 1, pp. 53–59, 2019.

@mgr, “Decoupage, Kerajinan Unik dan Kreatif,” https://bangunjiwo-bantul.desa.id/.

H. A. Vidyastuti, H. Utarsih, and A. Nurfitriana, “Pembuatan Kerajinan ‘Decoupage’ Pelatihan E-Marketing dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana di Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik,” Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, vol. 2, no. 1, pp. 171–174, 2017.

F. A. Burhan, “Induk Shopee Buat Sea Labs di Indonesia, Bidik 1.000 Talenta Digital ,” https://katadata.co.id/.

P. M. Gilch and J. Sieweke, “Recruiting digital talent: The strategic role of recruitment in organisations’ digital transformation,” German Journal of Human Resource Management, vol. 35, no. 1, pp. 53–82, Feb. 2021, doi: 10.1177/2397002220952734.

A. Z. Mutaqin, “Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga dalam Penanggulangan Pencemaran Lingkungan di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung,” GEOAREA, vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2018.

Published

2024-04-23

How to Cite

[1]
R. Purbasari, R. Sukmadewi, L. Kurniawati, and Z. Muttaqin, “Woman Digital Entrepreneur: Pelatihan Pembuatan Produk Kerajinan Industri Kreatif ‘Decoupage’ Berbahan Dasar Limbah Rumah Tangga bagi Ibu Rumah Tangga ”, j-dinamika, vol. 9, no. 1, pp. 48–57, Apr. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.