Pelatihan Pengembangan Aplikasi Game Tematik Berbasis Visual Coding untuk Guru TK di Provinsi Jawa Tengah

Thematic Game Application Development Training Based on Visual Coding for Kindergarten Teachers in Central Java Province

Authors

  • Akaat Hasjiandito PGPAUD Universitas Negeri Semarang
  • Edi Waluyo Department of Early Childhood Teacher Education Universitas Negeri Semarang
  • Wantoro Wantoro Department of Early Childhood Teacher Education Universitas Negeri Semarang
  • Basuki Sulistio Department of Educational Technology Universitas Negeri Semarang
  • Arum Purwanti Kindergarten of Polaman Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.4466

Keywords:

games, thematic, visual coding, scratch

Abstract

Industri game saat ini berkembang sangat pesat, game tidak hanya digunakan sebagai hiburan tapi juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang diminat oleh anak-anak. Kebutuhan guru TK saat ini adalah perlunya keterampilan pengembangan game agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada guru-guru TK tentang pengembangan game berbasis visual coding. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah guru TK yang tergabung dalam IGTKI Provinsi Jawa Tengah.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilakukan secara hybrid yaitu dengan menggabungkan pertemuan secara luring dan daring. Kegiatan dilaksanakan dua kali di tempat yang berbeda yaitu di PAUD Labschool Unnes dan di TK Negeri Polaman Mijen dengan total peserta kurang lebih 300 peserta.Selanjutnya dilaksanakan kegiatan pembimbingan secara online untuk membuka ruang diskusi pengembangan produk. Pada awal dan akhir kegiatan juga dilaksankan pre dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman guru dalam pengembangan game.Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru tentang pemahaman coding yaitu dari sebelum pelatihan sebesar 55,48% menjadi 79,92% setelah mengikuti pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Vitianingsih AV. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inf J Ilm Bid Teknol Inf dan Komun. 2017;1(1).

. Setiaji S. Kajian Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Game Edukasi Studi Kasus Pada Tk (Taman Kanak Kanak) Se Kecamatan Ciledug. None [Internet]. 2017;13(2):199–208. Available from: https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/238

. Setiawan A, Praherdhiono H, Suthoni S. Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inov dan Teknol Pembelajaran) Kaji dan Ris dalam Teknol Pembelajaran. 2019;6(1):39–44.

. Borman RI, Erma I. Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak). JIPI (Jurnal Ilm Penelit dan Pembelajaran Inform. 2018;3(1):8–16.

. Waluyo E, Rahmadani NKA, Hasjiandito A, Wantoro. IGTKI Website Development as Kindergarten Teachers’ Digital Media Literacy in Central Java Province. 2019 5th Int Conf Educ Technol ICET 2019. 2019;98–101.

. Zahid MZ, Dewi NR, Asih TSN, Winarti ER, Putri TUK, Susilo BE. Scratch Coding for Kids: Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking dan Computational Thinking pada Siswa Sekolah Dasar. Prism Pros Semin Nas Mat [Internet]. 2021;4:476–86. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

. Ryan, Cooper, Tauer. Peningkatan Keterampilan TIK Guru dan Pengayaan Bahan Ajar Memanfaatkan Media Pembelajaran Menggunakan Scratch di IGTKI-PGRI Cengkareng Jakarta …. Pap Knowl Towar a Media Hist Doc. 2013;12–26.

. Wulandari, Haftani DA, Ridwan T, Putri DIH. Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa. Renjana Pendidik 1 Pros Semin Nas Pendidik Dasar PGSD. 2021;495–504.

. Sutikno S, Susilo S, Hardiyanto W. Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa. 2019;16(2):173–8.

. Khalil NA, Wardana MR. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. J Kiprah Pendidik. 2022;1(3):121–30.

. Hadi ME. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematika. Pap Knowl Towar a Media Hist Doc. 2021;3(2):6.

. Astrida DN, Ramadhan FE, Widodo T. Pelatihan Programming Junior Pembuatan Game Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar ( SD ) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif. J Pemberdaya Masy Berkarakter. 2020;3(2):111–20.

. Irmawati DK. What Makes High-Achiever Students Hard to Improve Their Speaking Skill? JEES (Journal English Educ Soc. 2016;1(2):71–82.

. Affandi M. Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009 Samarinda. eJournal llmu Komun. 2013;1(4):178.

. Çiftci S, Bildiren A. The effect of coding courses on the cognitive abilities and problem-solving skills of preschool children. Comput Sci Educ [Internet]. 2020;30(1):3–21. Available from: https://doi.org/10.1080/08993408.2019.1696169

. Tevfik Kaplancali U. Teaching Coding to Children: A Methodology for Kids 5+. Int J Elem Educ. 2017;6(4):32.

. Brennan KA, Resnick M. Best Of Both Worlds: Issues Of Structure And Agency In Computational Creation, In And Out Of School Submitted to the Program in Media Arts and Sciences, School of Architecture and Planning, in partial fulfillment of the requirements for the degree of Doct. Comput Sci Math Comput Sci Math MA Curric Stud. 2003;(2003).

. Hansun S. Scratch Pemrograman Visual untuk Semuanya. J Ultim InfoSys. 2014;5(1):41–8.

. Sholeh M, Pradnyana IWJ, Ridhoni IW. Menumbuhkan Minat Anak-Anak dalam Belajar Koding dengan Menggunakan Aplikasi Scratch. Abdiformatika J Pengabdi Masy Inform. 2022;2(2):72–9.

. Dianradika Prasti, Muhammad Idham Rusdi, Iin Karmila Putri. Coding For Kids. Abdimas Langkanae. 2022;2(2):170–80.

. Direktorat Pembinaan PAUD. Coding, Konsep Pembelajaran Ptk, Serta Peran Tua, Orang Komunitas, Mitra D A N Penerapan, Dalam Coding, Pembelajaran Paud, D I Satuan. 2020;

. Hasbi M, Mumpuni ND, Mudarwan M, Warsito IH, ... Pengintegrasian pembelajaran coding dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan pengembangan RPP di satuan PAUD: modul 2. 2020; Available from: http://repositori.kemdikbud.go.id/22537/1/Modul2_Coding.pdf

. Muh. Hasbi. Metode / Kegiatan , Media dan Sumber Belajar di Satuan PAUD. 2020;1–33. Available from: https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/pdfs/Coding/Modul3_Coding.pdf

. Direktorat PAUD P dasar dan PMK. Penerapan penilaian pembelajaran dalam pendidikan kebencanaan di satuan PAUD. 2020;48.

Published

2024-08-09

How to Cite

[1]
A. Hasjiandito, E. Waluyo, W. Wantoro, B. Sulistio, and A. Purwanti, “Pelatihan Pengembangan Aplikasi Game Tematik Berbasis Visual Coding untuk Guru TK di Provinsi Jawa Tengah: Thematic Game Application Development Training Based on Visual Coding for Kindergarten Teachers in Central Java Province”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 304–311, Aug. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.