Perancangan Asset Visual Sebagai Langkah Pertama Branding (Brand Identity) Pada Social Enterprise

The Design Of Visual Assets As The First Step In Branding (Brand Identity) For A Social Enterprise

Authors

  • Mentari Anugrah Imsa Universitas Negeri Jakarta
  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.5114

Keywords:

branding, brand identity, asset visual, design guidance, social enterprise

Abstract

Perusahaan atau organisasi yang baru merintis memerlukan langkah awal untuk meningkatkan awareness khalayak sasarannya. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah pengembangan brand identity yang merupakan bagian dari company branding. Brand identity merupakan berbagai unsur perusahaan yang berbentuk visual seperti logo, warna, tagline, dan elemen lainnya. Tak terkecuali bagi social enterprise dari Depok, DC Coaching, yang baru saja ingin mengembangkan organisasinya yang berfokus pada pelatihan-pelatihan sosial untuk pengembangan diri. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan menajemen DC Coaching, organisasi ini belum memiliki elemen-elemen pembentuk brand identity. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini berusaha membantu mendesain elemen-elemen brand identity seperti warna khas organisasi dan elemen dasar yang digunakan pada berbagai publikasi yang kemudian disebut asset visual. Metode pada pengabdian ini adalah Model ADDIE (Analyse-Design-Development-Implementation-Evaluation). Hasil dari pengabdian ini berupa design logo utama, desain 3 logo komunitas dan template Instagram untuk feeds dan story dengan karakteristik warna yang sesuai dengan mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. M. T. Balmer and K. Podnar, “Corporate brand orientation: Identity, internal images, and corporate identification matters,” J. Bus. Res., vol. 134, pp. 729–737, Sep. 2021, doi: 10.1016/j.jbusres.2021.06.016.

Desra, “9 Strategi Efeketif yang Membuat Bisnis Startup Bertahan,” Mei 2022. [Online]. Available: https://www.jurnal.id/id/blog/9-strategi-efektif-yang-membuat-bisnis-startup-bertahan/

K. L. Keller, “Consumer Research Insights on Brands and Branding: A JCR Curation,” J. Consum. Res., vol. 46, no. 5, pp. 995–1001, Feb. 2020, doi: 10.1093/jcr/ucz058.

S. L. Samosir, “Tupperware Gulung Tikar, Gagal Beradaptasi Hingga Gagal Branding,” Apr. 30, 2023. Accessed: Jan. 31, 2024. [Online]. Available: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/tupperware-gulung-tikar-gagal-beradaptasi-hingga-gagal-branding

Storyteller, “5 Contoh Brand yang Gagal Tanpa Melakukan Market Research,” Mar. 30, 2023. [Online]. Available: https://stories.briefer.id/2023/03/30/ini-brand-gagal-tanpa-melakukan-market-research/

M. Khamitov, X. (Shane) Wang, and M. Thomson, “How Well Do Consumer-Brand Relationships Drive Customer Brand Loyalty? Generalizations from a Meta-Analysis of Brand Relationship Elasticities,” J. Consum. Res., vol. 46, no. 3, pp. 435–459, Sep. 2019, doi: 10.1093/jcr/ucz006.

D. R. John, B. Loken, K. Kim, and A. B. Monga, “Brand Concept Maps: A Methodology for Identifying Brand Association Networks,” J. Mark. Res., vol. 43, no. 4, pp. 549–563, Nov. 2006, doi: 10.1509/jmkr.43.4.549.

E. Ward, S. Yang, J. Romaniuk, and V. Beal, “Building a unique brand identity: measuring the relative ownership potential of brand identity element types,” J. Brand Manag., vol. 27, no. 4, pp. 393–407, Jul. 2020, doi: 10.1057/s41262-020-00187-6.

M. Farhana, “Brand Elements Lead to Brand Equity: Differentiate or Die,” Inf. Manag. Bus. Rev., vol. 4, no. 4, pp. 223–233, Apr. 2012, doi: 10.22610/imbr.v4i4.983.

A. X. Liu, C. H. C. Hsu, and D. X. F. Fan, “From brand identity to brand equity: a multilevel analysis of the organization–employee bidirectional effects in upscale hotels,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 32, no. 7, pp. 2285–2304, May 2020, doi: 10.1108/IJCHM-08-2019-0680.

N. N. D. Thanh, N. D. Thanh, L. T. T. Thuy, D. M. Thuy, N. T. T. Thao, and T. N. P. Thanh, “The mediating role of self-brand connection and brand identity in the relationship between brand credibility and brand loyalty,” HCMCOUJS - Econ. Bus. Adm., vol. 10, no. 2, Oct. 2020, doi: 10.46223/HCMCOUJS.econ.en.10.2.562.2020.

M. Ballias and J. Miridjanian, “Dissertation in Marketing, 15 ECTS credits Final seminar date: Friday, the June 1st, 201,” 2011.

K. Wu, J. Vassileva, Y. Zhao, Z. Noorian, W. Waldner, and I. Adaji, “Complexity or simplicity? Designing product pictures for advertising in online marketplaces,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 28, pp. 17–27, Jan. 2016, doi: 10.1016/j.jretconser.2015.08.009.

B. van Grinsven and E. Das, “Logo design in marketing communications: Brand logo complexity moderates exposure effects on brand recognition and brand attitude,” 2014.

T.-M. Karjalainen, “STRATEGIC DESIGN LANGUAGE – TRANSFORMING BRAND IDENTITY INTO PRODUCT DESIGN ELEMENTS,” 2003.

Published

2024-08-13

How to Cite

[1]
M. A. Imsa and A. Nadia Fatimah, “Perancangan Asset Visual Sebagai Langkah Pertama Branding (Brand Identity) Pada Social Enterprise : The Design Of Visual Assets As The First Step In Branding (Brand Identity) For A Social Enterprise ”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 351–359, Aug. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.