Pengembangan “Pacapa Untung” untuk Memperkuat Branding Produk Kreatif UMKM Desa Arjasa
Development of "Pacapa Untung" to Strengthen Branding of Creative Products of MSMEs (Small and medium-sized enterprises) in Arjasa Village
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.4909Keywords:
Entrepreneurship, Brand, Pacapa Profit, Enterpreneurship, Brand, Pacapa ProfitAbstract
Desa Arjasa yang terletak di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember memiliki potensi pelaku ekonomi kreatif yang menghasilkan produk-produk subsektor kreatif, seperti Batik Silabango, Kerajinan Lukis Bakar, Tape Atapai, dan Keripik Bago. Modal bukan merupakan satu-satunya kendala pengembangan UMKM. Kendala yang lain yaitu belum cukupnya wawasan pelaku usaha untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Pengembangan wawasan pelaku usaha adalah tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini. Pengembangan pengetahuan dan wawasan pelaku usaha di Desa Arjasa dilakukan dengan menyelenggarakan program Pacapa Untung. Program ini merupakan program pembelajaran masyarakat yang bersifat rutin yang dirancang untuk menjadi wadah diskusi UMKM secara berkelanjutan. Topik pada masing-masing pertemuan Pacapa Untung antara lain penguatan merek, penemuan kerangka acuan kompetitif (competitive frame of reference), penemuan poin pembeda (Point of Differences/POD), dan perancangan Brand Mantra. Luaran kegiatan Pacapa Untung adalah UMKM Batik Silabango dengan POD motif dan warna khas serta brand mantra fashion, heritage, anggun. UMKM Kerajinan Lukis bakar menyusun POD pada teknik lukis serta menciptakan brand mantra yaitu seni, natural, dan unik. UMKM Keripik Bago menemukan POD berupa citarasa dan kemasan, dengan brand mantra yaitu snack, renyah, dan menyenangkan. UMKM Tape Atapai menyusun POD berupa citarasa dan tekstur tape, dengan brand mantra yaitu kudapan, keluarga, hangat.
Downloads
References
S. D. Setiawati, M. Retnasari, and D. Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. Februari, pp. 125–136, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
A. Fahrezi and U. Sukaesih, “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aldo (Studi Kasus di Pondok Indah Mall Jakarta),” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) , pp. 189–199, 2023.
M. N. Nazhif and I. Nugraha, “Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection,” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 7, no. 1, pp. 261–267, 2023.
I. W. Pardi, I. K. Yudiana, and M. Miskawi, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Gula Semut di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi,” AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 84–93, Feb. 2019, doi: 10.30651/aks.v3i1.1792.
W. Amilia, Rokhani, R. Prasetya, and B. Suryadharma, “Pembangunan Desa WIsata Gadingan dan Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Pendekatan Community Based Tourism,” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 93–102, 2020.
A. Wulandari, B. Suryawardani, D. R. Wijaya, S. K. Sari, and S. Suryatiningsih, “Peningkatan Potensi Produk Unggulan Kabupaten Bandung Melalui Manajemen Produk dan Branding Digital,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 43–52, Nov. 2020, doi: 10.30651/aks.v5i1.4103.
Y. A. Nuraeni, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Unit Toko Di Koperasi Kartika Ardagsema Kota Cimahi,” Accuracy : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 1, no. 1, pp. 19–26, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/accuracy
M. Destalia, Damayanti, J. Wulandari, and H. Damayanti, “Penguatan Brand Personality Melalui Instagram Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bandar Lampung,” Sumbangsih, vol. 1, pp. 24–30, 2020, [Online]. Available: https://sumbangsih.lppm.unila.ac.id
M. Mustikasari, S. Rusfianti, and L. Yuliana, “Pengaruh brand signature dan brand familiarity terhadap brand attitude,” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 11, no. 1, pp. 41–50, 2023.
R. S. M. Hatuwe, K. Tuasalamony, A. Masniati, and S. Yusuf, “Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Namlea Kabupaten Buru 1,” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 8, no. 1, pp. 84–96, 2021, doi: 10.31604/jips.v8i1.2021.84-96.
P. Bagas, S. Abdi, I. C. Angge, J. S. Rupa, F. Bahasa, and D. Seni, “Analisis Teknik Seni Lukis Sutra Tjiplies,” Jurnal Seni Rupa, vol. 9, no. 2, pp. 501–508, 2021, [Online]. Available: http:e/journal.unesa.ac.id/index.php/va
N. Ratnaningsih, T. Rahayu, and M. Mujiyono, “Perbaikan mutu produk baby fish nila krispi di Kelompok Tani Karya Mina Utama, Rowo Jombor, Klaten, Jawa Tengah,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, pp. 348–359, Aug. 2021, doi: 10.30651/aks.v5i3.3785.
A. F. Muntazori, A. Listya, and M. I. Qeis, “Branding Produk UMKM Pempek Gersang,” Jurnal Desain, vol. 6, no. 03, pp. 177–185, Sep. 2019, doi: 10.30998/jd.v6i3.4252.
H. Iskandar, “Analisis Brand Mantra Di Jejaring Hotel Grup Lokal Terhadap Interaksi Pelanggan dengan Studi Kasus: Favehotel,” Bogor Hospitality Journal, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: http://ojs.stpbogor.ac.id
C. Thang and R. Iswanto, “Perancangan Brand Activation Untuk Startr Branding Beserta Media Promosinya Untuk Meningkatkan Brand Awareness,” VICIDI, vol. 13, no. 1, p. 97, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hifdzil Adila, Winda Amilia, Andrew Setiawan Rusdianto, Miftahul Choiron, Rokhani, Bertung Suryadharma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.